Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Hadits Tentang Kebersihan Sebagian dari Iman

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Hadist tentang kebersihan. Kebesihan adalah sebagaian dari iman, itu sudah jelas merupakan sabda Rasulullah ketika Beliau masih hidup. Setiap manusia dianjurkan untuk membersihkan tidak hanya dirinya sendiri tapi juga lingkungan atau fasilitas umum.

hadits tentang kebersihan

Hadist shahih tentang kebersihan juga telah banyak tersebar dan telah menjadi sebuah rangkaian petunjuk untuk membuat kehidupan atau aktivitas bermalam hati menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Kegiata berbelanja pun makin hari makin bertabah saja.

Mengenai kebersihan, ada banyak sekali pembahasan yang dijelaskan di dalam hadist shahih. Ada banyak hadist yang menyebut atau menyinggung mengenai kebersihan. Di sini kami akan membagikan dadftar kumpulan hadist shahih tersebut.

Anda bisa menjadikannya salah satu cara untuk melakukan renungan, mempelajari makna kebersihan yang sesungguhnya, dan berubah menjadi semakin baik di bidang kebersihan. Tak hanya itu, kutipan dari hadist ini juga bisa Anda jadikan quotes lalu menguploadnya ke media sosial.

Daftar Hadist Tentang Kebersihan

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh daftar hadist shahih yang benar mengenai kebersihan. Kami akan menulisnya di dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan bahasa Indonesia yang benar dan lengkap.

1. Pertama

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّالنَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّالْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

Artinya:
”Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu.”(HR. At- Turmudzi).

2. Kedua

اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: بَيْنَمَارَجُلٌيَمْشِى بِطَرِيْقٍ وَجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ فَأَخَذَهُ فَشَكَرَاللهُ لَهُفَغَفَرَلَهُ

Artinya:
“Bahwsanya Rasulullah SAW bersabda, ”Ketika seorang laki-laki sedang berjalan di jalan, ia menemukan dahan berduri, maka ia mengambilnya (karena mengganggunya). Lalu Allah swt berterima kasih kepadanya dan mengampuni dosanya.”(HR. Bukhari).

3. Ketiga

وقد أمر النبي لنا ببناء المساجد في أماكن إقامتهموتنظيفها والاحتفاظ بها نظرا العطر

Artinya:
"Dari A’isyah RA berkata : Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada kami untuk membangun masjid di tempat-tempat tinggal dan agar selalu dibersihkan serta diberi wangi-wangian." (HR Ahmad, Tirmidzi, lbn Majah dan Abu Dawud).

4. Keempat

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِفْتَاحُ الصَّلاةِ الطُّهُورُ (رواه التيرمدى: 221)

Artinya:
"Dari Abu Sa'id berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Kunci dari salat adalah bersuci.” (H.R. at-Tirmizi).

5. Kelima

اَلْاِسْلَامُ نَطِـيْفٌ فَتَـنَطَفُوْا فَاِنَـهُ لايَدْخُلُ الْجَنَـةَ اِلانَطِيْفٌ (رواه البيهقى)

Artinya:
"Islam itu adalah bersih, maka jadilah kalian orang yang bersih. Sesungguhnya tidak masuk surga kecuali orang-orang yang bersih." (H.R. Baihaqi).

Kesimpulan
Itu dia pembahasan lengkap mengenai daftar hadist tentang kebersihan, hadits shahih tentang kebersihan, bacaan hadist kebersihan, hadits tentang kebersihan rumaysho, hadits tentang kebersihan lingkungan, hadits tentang kebersihan bahasa arab, hadits tentang kebersihan arab dan artinya, hadits tentang kebersihan diriwayatkan oleh imam, hadits tentang kesehatan.

Baca: