Doa Setelah Sholat Witir Singkat Sesuai Sunnah

Doa Setelah Sholat Witir Singkat Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa setelah sholat witir. Sebelumnya kami sempat membagikan doa kamilin setelah sholat tarawih, nah pada kesempatan ini kami ingin membagikan lafadz bacaan doa setelah sholat witir.

doa setelah sholat witir

Bagi umat muslim yang kerap mengerjakan kedua sholat sunnah pada bulan Ramadhan tersebut tentu kerap mendengar bahwa ada rangkaian doa yang dipanjatkan setelah sholat tarawih atau witir. Doa tersebut tentu tidak sembarangan dipanjatkan, melainkan ada makna atau filosofi di baliknya.

Khusus untuk doa setelah sholat witir, di kesempatan sebelumnya kami belum sempat membagikannya sehingga pada kesempatan ini kami ingin mengulasnya. Dengan memanjatkan doa ini, insyaallah sholat witir kita menjadi semakin sempurna.

Untuk ulasan lengkapnya, silahkan simak di bawah ini karena kami ingin menuliskan teks, lafadz, bacaan, doa setelah sholat witir yang benar, sesuai sunnah, dan hadist. Selain itu kami juga akan mengulas keutamaan dan manfaat doa tersebut.

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir

Ada empat macam dzikir atau wirid yang bisa dibaca setelah sholat witir berjamaah di masjid atau munfarid sendiri di rumah. Keempat doa ini bisa digabung menjadi satu sehingga jadi rangkaian doa sesudah sholat witir yang mustajab.

Adapun doa yang bisa diamalkan setelah sholat qitir adalah sebagai berikut. Silahkan simak teks, lafadz, bacaan, doa setelah sholat witir dalam bahasa Arab, teks tulisan latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya lengkap sesuai sunnah hadist.

1. Doa Pertama

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Subhaanal malikil qudduus. (Dibaca 3x)

Artinya:
“Mahasuci Tuhan yang kudus.” (HR. Nasai)

2. Doa Kedua

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْح

Subbuuhun, quddusun, rabbunaa wa rabbul malaaikati war ruuhi.

Artinya:
“Suci dan kudus Tuhan kami, Tuhan para malaikat dan ruh Jibril.” (HR Al-Baihaqi dan Ad-Daruqutni).

3. Doa Ketiga

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allahumma innii a’uudzu bika bi ridhaaka min sakhatika wa bi mu’aafaatika min ‘uquubatika, wa a’uudzu bika minka laa uhshii tsanaa-an ‘alaika, anta kamaa atsnaita ‘alaa nafsik.

Artinya:
“Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjukan kepada diri-Mu sendiri.” (H.R. Abu Dawud)

4. Doa Keempat

 أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ
أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wanasaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqan, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadharru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Artinya:
“Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu’an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.”

Keutamaan Doa Sesudah Sholat Witir

Melalui doa ini, kita memohon kepada Allah SWT agar iman kita menjadi langgeng alias bertahan lama, hati yang khusyuk ketika berdoa, hingga ilmu yang bermanfaat baik ilmu secara umum atau ilmu yang berkaitan dengan agama Islam.

Maka dari itu dengan memanjatkan doa sesudah sholat witir ini insyaallah kita akan menjadi semakin baik dalam beragama, memiliki kehidupan yang lebih baik, dan insyaallah diberkahi dengan berbagai berkah dan rahmat dari-Nya.

Tak hanya itu, jika kita memanjatkan doa setelah sholat sunnah pada bulan Ramadhan ini, insyaallah kita akan dilimpahkan banyak berkah dan kesejahteraan, dijauhkan dari kekurangan, dan dilebihkan dalam rezeki serta kebaikan. Amin.

Kesimpulan
Demikian penjelasan ringkas doa setelah sholat witir, doa setelah sholat witir tarawih, doa setelah sholat dhuha, doa setelah sholat hajat, doa sholat tarawih dan witir lengkap, niat sholat witir, doa sholat tahajud dan witir, niat sholat witir 1 rakaat.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>