Doa Setelah Sholat Fardhu Ustadz Abdul Somad

Doa Setelah Sholat Fardhu Ustadz Abdul Somad
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa sesudah sholat ustadz Abdul Somad. Ustadz Abdul Somad merupakan salah satu tokoh pemuka agama Islam yang paling terkenal di Indonesia saat ini. Beliau kerap memberikan ceramah yang membuka mata hati untuk lebih taat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

doa setelah sholat fardhu ustadz abdul somad

Selain itu, Ustadz Abdul Somad juga membagikan bacaan doa setelah sholat menurutnya. Setelah sebelumnya kami membagikan doa setelah sholat fardhu ustadz yusuf mansyur, di kesempatan ini kami akan membagikan doa sesudah sholat menurut Ustadz Abdul Somad.

Perlu kita ketahui bahwa doa setelah sholat bukan merupakan rangkaian dari ibadah sholat, itu hanya doa yang dipanjatkan untuk memohon sesuatu kepada-Nya. Jadi, sebenarnya doa apa saja bisa diucapkan, termasuk ayat kursi dan doa menurut Ustadz Abdul Somad ini.

Lalu, seperti apa doa, wirid, dan dzikir sehabis sholat yang dipanjatkan oleh Ustadz Abdul Somad? Tanpa basa basi lagi, silahkan simak pembahasannya di bawah ini dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

Bacaan Doa Setelah Sholat Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad dalam memberikan atau menyarankan doa yang dipanjatkan pada saat selesai menunaikan ibadah sholat wajib dan sunnah, baik berjamaah atau sendiri didasarkan pada hadist dan dalil yang shahih.

Adapun bacaan wirid, dzikir, lafadz, teks, doa setelah sholat menurut Ustadz Abdul Somad yang mustajab ditulis dalam bahasa Arab, latin, serta terjemahan bahsa Indonesia lengkap beserta artinya di bawah ini. Silahkan disimak.

1. Doa Pertama

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللََِّّ صَلَّى اللََُّّ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أيَُّ الدُّعَاءِ أَسْمَاُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتوُبَاتِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ

Artinya:
Dari Abu Umamah, ia berkata, “Ditanyakan kepada Rasulullah Saw, ‘Doa apakah yang paling didengar?’. Rasulullah Saw menjawab, “Doa di penghujung malam dan doa setelah shalat fardhu”. Hadits riwayat Imam at-Tirmidzi, beliau berkata, “Ini hadits hasan".

2. Doa Kedua

عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ رَسُولَ اللََِّّ صلى الله عليه وسلم أَخَذَ بِيَدِهِ وَقَالَ : يَا مُعَاذُ وَاللََِّّ إِن ى لأحُِبُّكَ وَاللََِّّ إِن ى لأحُِبُّكَ . - - فَقَالَ : أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لاَ تَدَعَنَّ فِى دُبُرِ كُ ل صَلاَةٍ تَقُولُ : اللَّهُمَّ أَعِّن ى عَلَى ذِّكْرِّكَ وَشُكْرِّكَ وَحُسْنِّ عِّبَادَتِّكَ .

Artinya:
Dari Mu’adz bin Jabal, sesungguhnya Rasulullah Saw menarik tangan Muadz seraya berkata: “Wahai Mu’adz, demi Allah sesungguhnya aku sangat menyayangimu, demi Allah sungguh aku sangat menyayangimu. Aku pesankan kepadamu wahai Mu’adz, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalatmu engkau ucapkan:

“Ya Allah, tolonglah aku agar mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah dengan ibadah yang baik kepada-Mu”. (HR. Abu Daud).

3. Doa Ketiga

وَقَالَ سُلَيْمَانُ كَانَ رَسُولُ اللََِّّ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ فِى دُبُرِ صَلاَتِهِ - - اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَرَبَّ كُ ل شَىْءٍ أَنَا شَهِيدٌ أَنَّكَ أَنْتَ الرَّ بُّ وَحْدَكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَرَبَّ كُ ل شَىْءٍ أَنَا شَهِيدٌ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَرَبَّ كُ ل شَىْءٍ أَنَا شَهِيدٌ أَنَّ الْعِبَادَ كُلَّهُمْ إِخْوَة اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَرَبَّ كُ ل شَىْءٍ اجْعَلْنِى مُخْلِصًا لَكَ وَأَهْلِى فِى كُ ل سَاعَةٍ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ اسْمَاْ وَاسْتَجِبِ اللََُّّ أَكْبَرُ الأَكْبَرُ اللَّهُمَّ نُورَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ .

Artinya:
Sulaiman berkata: “Setelah selesai shalat Rasulullah Saw berdoa dengan doa ini “Ya Allah Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu, aku saksi bahwa sesungguhnya Engkau adalah Tuhan, Engkau Maha Esa, tiada sekutu bagi-Mu. Ya Allah, Engkau Tuhan segala sesuatu. Aku saksi bahwa Muhammad adalah hamba-Mu dan rasul-Mu. Ya Allah Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu, aku saksi bahwa hamba-hamba-Mu semuanya adalah bersaudara. Ya Allah Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu, jadikanlah aku ikhlas kepada-Mu, juga keluargaku, dalam setiap saat di dunia dan akhirat, wahai Yang Memiliki Kemuliaan dan keagungan. Dengarkan dan perkenankanlah wahai Tuhan Yang Maha Besar. Ya Allah, Engkaulah cahaya langit dan bumi”. (HR. Abu Daud).

Keutamaan Doa Sholat Abdul Somad

Dalam doa tersebut, kita mengakui bahwa Tuhan kita, Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang ada di dunia dan akhirat. Termasuk mengetahui apa yang ada di dalam hati kita. Sehingga dengan demikian, kita akan berbuat semakin baik di hadapan-Nya.

Kita memohon kepada-Nya untuk menjadi lebih ikhlas kepada-Nya, di dalam setiap aktivitas yang dilakukan di dunia dan akhirat. Memuliakan apa yang kita kerjakan, dan mempermudah segala urusan kita di dunia.

Dengan memanjatkan doa ini, inysaallah kita akan menjadi semakin diberkahi di dunia. Mendapat berbagai kemudahan ketika melakukan sesuatu, dan bisa menjadi semakin dekat dengan-Nya maupun surga-Nya. Amin.

Kesimpulan
Demikian pembahasan mengenai doa setelah sholat ustadz abdul somad, istri dan anak ustadz abdul somad, buku abdul somad, keluarga ustadz abdul somad, somad ustadz abdul somad, keluarga abdul somad, 99 masalah populer abdul somad pdf, 10 doa ustadz abdul somad, 99 tanya jawab seputar shalat abdul somad pdf, teks doa ustadz abdul somad, buku abdul somad pdf.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>