Doa Setelah Sholat Muhammadiyah yang Pendek Sesuai Sunnah

Doa Setelah Sholat Muhammadiyah yang Pendek Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa setelah sholat muhammadiyah. Pada pembahasan sebelumnya kami telah membagikan mengenai bacaan doa setelah sholat fardhu nahdlatul ulama. Dan pada kesempatan ini, kami ingin menuliskan yang versi Muhammadiyah.


Seperti yang kita ketahui bahwa NU dan Muhammadiyah adalah dua kelompok agama Islam besar di Indonesia. Keduanya memang sama-sama mengakui Allah SWT sebagai Tuhan yang esa, namun kadang dalam menjalani ibadah ada hal-hal yang berbeda yang diyakini keduanya.

Salah satunya ialah doa setelah sholat wajib atau fardhu. Baik Muhammadiyah dan NU memiliki lafadz teks bacaan doa yang berbeda. Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin menuliskan bacaan doa setelah sholat menurut Muhammadiyah.

Pada kesempatan ini, doa yang kami tuliskan akan sangat lengkap, mulai dari tulisan bahasa Arab, teks latin, serta terjemahan Indonesia. Tak hanya itu, kami juga akan menuliskan keutamaan dari doa sesudah sholat versi Muhammadiyah ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Muhammadiyah

Doa sesudah sholat menurut Muhammadiyah memiliki rangkaian yang amat panjang, mulai dari doa istighfar, suratan pendek, hingga dzikir-dzikir lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Berikut adalah teks, lafadz, bacaan, doa sesudah sholat menurut Muhammadiyah yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih. Doa sehabis sholat Muhammadiyah ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Istighfar

أَسْتَغْفِرُالله 3x

Astaghfirulloh

Artinya:
“Aku memohon ampun pada Alloh.”

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَم وَمِنْكَ السّلاَم تَبَارَكْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ 

Allohumma antas salaam waminkas salaam tabaarokta yaa dzaljalaali wal ikrom

Artinya:
“Ya Allah Engkau Maha Sejahtera, dari-Mu kesejahteraan, Maha Berkah Engkau wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan.”

 اللهُ لاَ اِلَهَ إِلاَّ هُوَالحَيُّ الْقَيُّوْمُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَوَتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ اِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموتِ وَالأَرْضِ وَلاَ يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu laa ilaha ilallah huwal khayum  qoyyumu laa ta' hudzu sinatuwwalaa naum lahu maa fissamawati  wamaa filardhi mandzaladzii yasfa'u 'indahu ilaa bi idznihi ya'lamu ma baina aidihim wa ma kholfahum ma ma yukhiithuuna  bisyain min 'ilmihi ilaa bimaa syaa wasin'a kursiyyuhus samawati wal ardhi walaa yauduhu khiftuhma wahuwal 'aliyyul 'adhiim

Artinya:
"Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah. Kami tidak beribadah kecuali kepada-Nya. Baginya nikmat, anugerah, dan pujian yang baik. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah, dengan memurnikan ibadah hanya kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya.”

2. Surat Al-Ikhlas

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ>>للَّهُ الصَّمَدُ>> لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ>> وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَد

Qul huwallaahu ahad. Allaahusshamad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakullahu kufuwan ahad.

Artinya:
“Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat bergantung kepada-Nya segal sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.”

3. Surat Al Falaq

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ>> مِن شَرِّ مَا خَلَقَ>> وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ>> وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ>>  وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Qul a'uudzu birabbil falaq. Min syarri maa khalaq. Wamin syarri ghaasiqin idzaa waqaba. Wamin syarrin naffaatsaati fii al'uqadi. Wamin syarri haasidin idzaa hasada.

Artinya:
"Katakanlah: "Aku berlindung kepada Robb Yang Menguasai waktu subuh, dari kejahatan apa-apa (mahluk) yang diciptakan-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang-orang yang dengki apabila ia dengki."

4. Surat An Naas

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ>> مَلِكِ النَّاسِ>> إِلَهِ النَّاسِ>> مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ>> الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ>> مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

Qul a'uudzu birabbin naas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khannaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas. Minal jinnati wannaas.

Artinya:
“Katakanlah: "Aku berlindung kepada Robb (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

سُبْحَانَ اللهِ…..           33x

Subhanallah

Artinya:
“Maha suci Allah.”

الْحَمْدُ لِلَّهِ…..            33x

Alhamdulillah

Artinya:
“Segala puji bagi Allah.”

اللهُ أَكْبَر…..             33x 

Allahu akbar

Artinya:
“Allah Maha Besar.”

لاَإِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ

Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qodiir

Artinya:
“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya “

Keutamaan Doa Sesudah Sholat Muhammadiyah

Doa setelah sholat menurut Muhammadiyah ini memiliki keutamaan dan manfaat luar biasa, salah satunya bisa menghapuskan dosa yang pernah diperbuat dan dosa yang mungkin akan diperbuat ke depannya.

Selain itu, di dalam doa ini kita juga mengakui bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang esa, Tuhan yang tiada duanya, dan hanya satu-satunya. Ini akan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Kemudian di dalam doa ini juga ada banyak sekali puji-pujian yang ditujukan kepada Allah SWT, mulai dari subhanallah, alhamdulillah, dan allahu akbar yang menjadikan kita semakin yakin bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah ciptaan-Nya.

Kesimpulan
Demikian penjelasan dari doa setelah sholat muhammadiyah, bacaan sholat muhammadiyah, 9 doa setelah sholat fardhu, bacaan doa setelah sholat fardhu dan artinya pdf, doa setelah sholat (pdf), doa sesudah sholat fardhu yang pendek, doa setelah sholat subuh latin, doa setelah sholat fardhu panjang, doa setelah sholat subuh sesuai sunnah.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>