Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Dzikir Setelah Sholat Lailatul Qadar Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Bacaan doa setelah sholat lailatul qadar. Malam apa yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia pada bulan Ramadhan? Ya, dia adalah malam lailatul qadar, malam yang disebut-sebut lebih baik dari malam seribu bulan.

doa setelah sholat lailatul qadar

Ketika malam tersebut tiba, umat muslim dianjurkan menjalankan amalan-amalan sebanyak mungkin, salah satunya adalah sholat lailatul qadar. Sholat ini hukumnya sunnah, dikerjakan pada malam hari lailatul qadar untuk mendapat pahala yang berlimpah senilai 1.000 bulan dari Allah SWT.

Amalan tersebut bisa menjadi semakin sempurna jika kita menambahkan doa khusus setelah sholat lailatul qadar, doa tersebut adalah doa sesudah sholat lailatul qadar. Sebuah doa yang tak boleh ditinggalkan bila ingin sholat menjadi semakin sempurna.

Pada kesempatan ini kami ingin menuliskan teks, lafadz, bacaan, doa setelah sholat lailatul qadar yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih. Selain itu kami juga akan mengulas keutamaan dan manfaatnya. Silahkan simak di bawah ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Lailatul Qadar

Doa setelah sholat lailatul qadar ini sebenarnya sama dengan doa malam untuk menggapai lailatul qadar. Doa ini tentu saja sangat mustajab apabila diamalkan setelah sholat lailatul qadar di sepertiga malam terakhir bulan Ramadhan.

Bagi yang belum mengetahui doanya, silahkan simak pembahasan mengenai teks, lafadz, bacaan, doa wirid dzikir setelah sholat lailatul qadar yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, latin, dan artinya lengkap.

1. Doa Pertama

عَنْ عَائِشَةَ ، قَالَتْ : قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا ؟ قَالَ : قُولِي : اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya:
“Saya bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu jika saya mendapati malam lailatul Qadar, apa yang harus aku baca?’ Rasulullah bersabda, ‘Bacalah: Allahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).” (HR. Al-Tirmidzi)

2. Doa Kedua

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.

Artinya:
“Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Keutamaan Doa Sesudah Sholat Lailatul Qadar

Keutamaan serta manfaat dari doa setelah sholat lailatul qadar sama seperti keutamaan doa malam lailatul qadar, sebab doanya memiliki kesamaan dan sudah pasti manfaat dan fadhilahnya pun mirip.

Adapun keistimewaan dari doa setelah sholat lailatul qadar yang benar sesuai sunnah ini adalah menjauhkan kita dari siksa api neraka, keburukan di dunia, marabahaya, dan bahkan bisikan syaitan yang terkutuk.

Selain itu dalam doa ini kita juga memohon kepada Allah SWT agar memberikan kita kebaikan dan kebaijkan baik di dunia dan di akhirat. Dengan memanjatkan doa mustajab ini sehabis sholat lailatul qadar, insyaallah hidup kita akan menjadi semakin diberkahi.

Kesimpulan
Demikian penjelasan singkat dari doa setelah sholat lailatul qadar, doa lailatul qadar, doa setelah witir, doa lailatul qadar arab, doa sholat witir, doa lailatul qadar latin, shalat lailatul qadar, dzikir malam lailatul qadar, shalat lailatul qadar di rumah.

Baca:

Posting Komentar untuk "Doa Dzikir Setelah Sholat Lailatul Qadar Sesuai Sunnah"