Doa Setelah Sholat Istisqo Minta Hujan dan Artinya

Doa Setelah Sholat Istisqo Minta Hujan dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa sesudah sholat istisqo. Indonesia adalah negara yang terdiri dari dua musim, yakni musim kemarau dan musim penghujan. Kadang, salah satu musim berlangsung lebih lama dibandingkan musim yang lain.

doa setelah sholat istisqo

Misalnya musim kemarau. Seringkali musim kemarau terjadi melebihi batas perkiraan manusia sehingga menyebabkan kekeringan di mana-mana. Air bersih menjadi semakin sedikit, tanaman padi dan sebagainya tak bisa panen, dan masih banyak dampak lainnya.

Ketika hal tersebut terjadi, tak ada yang bisa kita lakukan selain berdoa kepada Allah SWT. Sebab hanya dengan kuasa-Nya lah hujan bisa turun ke muka bumi. Salah satu caranya ialah dengan menunaikan ibadah sholat istisqo.

Sholat istisqo adalah sholat 2 rakaat yang khusus dipanjatkan untuk memohon turunnya hujan kepada Allah SWT. Sholat berjamaah ini dilaksanakan di luar ruangan, bisa juga di lapangan, dan akan semakin sempurna dengan doa setelah sholat istisqo. Seperti apa doanya? Silahkan simak pembahasannya berikut.

Bacaan Doa Setelah Sholat Istisqo

Tentu saja bacaan lafadz doa, wirid, dan dzikir sesudah sholat istisqo masih memiliki kaitan dengan permohonan diturunkannya hujan oleh Allah SWT. Ketika kita mengamalkannya, insyaallah doa yang akan kita panjatkan bisa menjadi semakin berpeluang dikabulkan.

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak pembahasan lengkap mengenai bacaan doa setelah sholat istisqo yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia yang benar. Silahkan disimak.

1. Arab

اللَّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيثًا مَرِيئًا هَنِيئًا مَرِيعًا غَدَقًا مُجَلَّلًا عَامَّا طَبَقًا سَحًّا دَائِمًا

اللَّهُمَّ اسْقِنَا الْغَيْثَ وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ الْقَانِطِينَ

اللَّهُمَّ إِنَّ بِالْعِبَادِ وَالْبِلَادِ وَالْبَهَائِمِ وَالْخَلْقِ مِنَ الْبَلَاءِ وَالْجَهْدِ وَالضَّنْكِ مَا لَا نَشْكُو إِلَّا إِلَيْكَ

اللَّهُمَّ أَنْبِتْ لَنَا الزَّرْعَ وَأَدِرَّ لَنَا الضَّرْعَ وَاسْقِنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْسَمَاءِ وَأَنْبِتْ لَنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْأَرْضِ

اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الْجَهْدَ وَالْجُوعَ وَالْعُرْيَ وَاكْشِفْ عَنَّا الْبَلَاءَ مَا لَا يَكْشِفُهُ غَيْرُكَ

اللَّهُمَّ إِنَا نَسْتَغْفِرُكَ إِنَّكَ كُنْتَ غَفَّارًا فَأَرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْنَا مِدْرَارًا

2. Latin

Allāhummasqinā ghaitsan mughītsan hanī'an marī'an (lan riwayat murī'an) ghadaqan mujallalan thabaqan sahhan dā'iman.

Allāhummasqināl ghaitsa, wa lā taj'alnā minal qānithīn

Allāhumma inna bil 'ibādi wal bilādi wal bahā'imi wal khalqi minal balā'i wal juhdi wad dhanki mā lā nasykū illā ilaika.

Allāhumma anbit lanaz zar'a, wa adirra lanad dhar'a, wasqinā min barakātis samā'i, wa anbit lanā min barakātil ardhi

Allāhummarfa' 'annal jahda wal jū'a wal 'urā, waksyif 'annal balā'a mā lā yaksyifuhū ghairuka

Allāhumma innā nastaghfiruka, innaka kunta ghaffārā, fa arsilis samā'a 'alainā midrārā

3. Artinya

Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan yang menolong, mudah, menyuburkan, yang lebat, banyak, merata, menyeluruh, dan bermanfaat abadi. Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan. Jangan jadikan kami termasuk orang yang berputus harapan.

Ya Allah, sungguh banyak hamba, negeri, dan jenis hewan, dan segenap makhluk lainnya mengalami bencana, paceklik, dan kesempitan di mana kami tidak mengadu selain kepada-Mu. Ya Allah, tumbuhkan tanaman kami, deraskan air susu ternak kami, turunkan pada kami air hujan karena berkah langit-Mu, dan tumbuhkan tanaman kami dari berkah bumi-Mu.

Ya Allah, angkat dari bahu kami kesusahan paceklik, kelaparan, ketandusan. Hilangkan dari kami bencana yang hanya dapat diatasi oleh-Mu. Ya Allah, sungguh kami memohon ampun kepada-Mu, karena Kau adalah maha pengampun. Maka turunkan pada kami hujan deras dari langit-Mu.

Keutamaan Doa Sholat Istisqo

Melalui doa ini, kita memohon kepada Allah SWT untuk menurunkan air hujan yang menjadi penolong, menyuburkan, dan mudah-mudahan bisa memberi manfaat bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi.

Tak hanya itu, dalam doa ini kita juga memanjatkan doa untuk memohon kepada-Nya agar menghindarkan kita dari paceklik kemarau. Paceklik yang menyebabkan banyak makhluk hidup mengalami kesukaran dalam menjalani hari.

Dengan memanjatkan doa ini secara istiqomah dan bersungguh-sungguh dari hati yang paling dalam, insyaallah hujan akan segera turun dan membasahi seluruh tanah di muka bumi. Membawa kegembiraan serta kesehatan bagi semua makhluk hidup.

Kesimpulan
Demikian pembahasan mengenai doa setelah sholat istisqo, niat sholat istisqo, doa shalat istisqa, shalat istisqa rumaysho, shalat istisqa berapa rakaat, hukum shalat istisqa, pengertian shalat istisqa, waktu pelaksanaan shalat istisqo, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>