Doa Setelah Sholat Idul Fitri Arab Latin dan Artinya

Doa Setelah Sholat Idul Fitri Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa setelah sholat idul fitri. Ada dua ibadah besar yang bisa dikerjakan oleh umat Islam, yaitu sholat idul fitri dan idul Adha. Khusus untuk sholat idul fitri, ibadah ini dikerjakan pada tanggal 1 Syawal tahun hijriyah.

doa setelah sholat idul fitri

Umat muslim sangat menantikan momen ini, sebab sholat ini hanya dikerjakan setahun sekali. Selain itu, sholat ini juga dikerjakan oleh banyak umat muslim karena dilaksanakan pada hari raya kemenangan. Idul fitri adalah sholat sunnah yang terbilang sangat utama.

Ketika menjalankan ibadah sholat sunnah idul fitri, biasanya diteruskan dengan membaca doa atau dzikir kemudian dilanjut dengan bersalam-salaman. Untuk doanya, ada doa khusus yang dipanjatkan pada saat ibadah sholat idul fitri selesai.

Nah pada kesempatan ini kami ingin menuliskan teks, lafadz, bacaan doa setelah sholat idul fitri yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia. Ulasan lebih lengkapnya silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Idul Fitri

Pada dasarnya tidak ada doa khusus yang harus dipanjatkan setelah sholat idul fitri berjamaah di masjid. Namun sebagai gantinya, Anda bisa memanjatkan doa ini sebagai amalan wirid atau dzikir yang mustajab. Doa ini cukup sering dibaca oleh umat muslim sehingga kerap disebut sebagai doa setelah sholat ied.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan mengenai teks, lafadz, bacaan doa setelah sholat idul fitri yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia berikut ini.

اَللّهُمَّ أَعْطِنِي خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ، وَاْصرِفْ عَنِّي شَرَّهُ وَشَرَّ مَا فِيْهِ، اَللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي فِيْهِ كُلَّ خَيْرٍ وَاجْعَلْنِي بَارًّا فِيْهِ بِوَالِدَيَّ، وَاجْعَلْنِي يَا الله مِنْ عِبَادِكَ الْمغْفٌوْرِ لَهُمْ فِي هَذَا الْيَومِ الْمُبَارَكَ، اللهُمَّ ارْحَم ْمَوْتَنا وَمَوْتَى الْمُسْلِمِيْنَ، .اللهم تَقَبَّلْ ِمنَّا الطَّاعَاتِ وَاغْفِر ْلَنَا الْخَطَايَا وَالسَّيِّئَاتَ.

Allahumma’thini khaira hadzal yaum wa khaira ma fihi. Washrif anni syarra ma fihi. Allahummaktubli fihi kulla khairin waj’alni barran fihi bi walidayya, waj’alni ya Allah min ibadikal maghfur lahum fi hadzal yaum al-mubarak. Allahumarham mautana wa mautal muslimin. Allahumma taqabbal minna tha’ati waghfir lanal khathaya was sayyi’at.

Artinya:
“Ya Allah berikanlah aku kebaikan dari hari ini, dan kebaikan dari setiap hal yang ada pada hari ini. Dan jauhkanlah aku dari kejelekan di hari ini dan kejelekan setiap sesuatu yang ada pada hari ini. Ya Allah catatlah pada hari ini setiap kebaikan dan jadikanlah kebaikan bagi kedua orang tuaku dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang Engkau ampuni pada hari yang berkah ini. Ya Allah ampunilah dosa para keluarga kami yang sudah meninggal dan seluruh kaum muslimin yang sudah meninggal. Ya Allah terimalah ketaatan kami dan ampunilah segala kesahalan dan keburukan yang telah kami perbuat.”

Keutamaan Doa Sesudah Sholat Idul Fitri

Keutamaan dan manfaat dari doa setelah sholat idul fitri yang satu ini sangat banyak, salah satunya di hari yang mulia seperti Idul Fitri, kita memohon kepada Allah SWT untuk melimpahkan kebaikan dan berkah bagi kita sepanjang hati.

Tidak hanya itu, kita juga memohon kepada Allah SWT supaya kita terhindar dari segala keburukan, kejelekan, serta hal-hal yang membuat kita terjerumus di dalam dosa. Misalnya karena hati yang lemah atau bisikan syaitan yang mengganggu.

Selain mendoakan diri sendiri, di dalam doa ini kita juga memohon kepada Allah SWT untuk menagampuni dosa kita, dosa keluarga kita, dan dosa orang-orang yang telah meninggal dunia, baik muslim maupun muslimin di seluruh dunia.

Kesimpulan
Sekian ulasan mengenai doa setelah sholat idul fitri, doa setelah sholat idul fitri latin, doa setelah sholat idul fitri di rumah, doa setelah sholat idul fitri pdf, doa sholat idul fitri, dzikir dan doa setelah sholat idul fitri, doa idul fitri, doa setelah sholat idul fitri rumaysho, doa sholat idul fitri latin.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>