Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Nahdlatul Ulama

Mustafalan.com – Bacaan doa setelah sholat fardhu menurut NU. Mengerjakan sholat fardhu atau sholat wajib merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat muslim. Sebab bila meninggalkannya, maka amal keburukan pun akan bertambah.

Dalam menjalankan ibadah sholat wajib, tentu ada beberapa amalan lain yang bisa dilakukan untuk membuat sholat tersebut semakin sempurna. Seperti mengerjakan sholat rawatib atau memanjatkan doa setelah sholat wajib.

Doa yang dibaca sebagai dzikir dan wirid amalan sholat wajib atau fardhu pun berbeda-beda. Di Indonesia ada Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, keduanya memiliki sedikit perbedaan pandangan mengenai doa-doa yang bisa dipanjatkan pada saat sesudah ibadah sholat fardhu.

Nah pada kesempatan ini kami ingin menuliskan bacaan, lafadz, doa setelah sholat fardhu menurut Nahdlatul Ulama dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah yang benar. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Nahdlatul Ulama

Sedikit berbeda dengan doa setelah sholat sendiri yang sebelumnya dibahas. di dalam doa ini ada sejumlah rangkaian doa lain yang tak kalah memiliki keutamaan dan manfaat luar biasa bila diamalkan.

Untuk mengetahui bacaan lafadz doanya, silahkan simak pembahasan mengenai kumpulan doa setelah sholat fardhu atau wajib menurut Nahdlatul Ulama atau NU yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan berikut.

1. Membaca istighfar sebanyak tiga kali

 أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣ 

2. Memuji Allah

 اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام 

Ini berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim. Dalam riwayat lain sebagaimana dikutip Bidâyatul Hidâyah

 اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام. 

3. Lalu membaca hadist

 اَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَاالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ 

4. Berdoa agar diberi kemampuan untuk mengingat (dzikir), bersyukur, dan beribadah secara baik kepada Allah

 اَللَّـهُمَّ اَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ.

5. Lanjut membaca doa berikut sebanyak 3 kali

 لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

6. Memohon perlindungan dari ganasnya neraka

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ 

7. Membaca Ayat Kursi

 أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

8. Membaca Surat al-Baqarah ayat 285-286

 آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ، كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ، وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ. لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا، لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ. رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا، رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا، رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ، وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا، أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ.

9. Disambung dengan penggalan dari Surat Ali Imraz

: شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ، لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ، إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ، قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ، بِيَدِكَ الْخَيْرُ،  إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ، وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ، وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ 

Diteruskan dengan membaca Surat al-Ikhlas, Surat al-Falaq, Surat an-Nas, lalu Surat al-Fatihah. Kemudian Membaca tasbih, hamdala, dan takbir masing-masing sebanyak 33 kali

سُبْحَانَ اللهِ ×٣٣ اَلْحَمْدُلِلهِ ×٣٣ اَللهُ اَكْبَرْ ×٣٣ 12. 

Kemudian dilanjutkan dengan:

اَللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا، لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُيُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ، وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِا للهِ الْعَلِـىِّ الْعَظِيْمِ. أَفْضَلُ ذِكْرِ فَاعْلَمْ أَنَّهُ  لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ 

(Dibaca 300 kali bakda shubuh, 100 kali bakda isya, 50 kali bakda dhuhur, 50 kali bakda ashar, dan 100 kali bakda maghrib)

 صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ 

(dibaca bakda shubuh 300 atau 100 kali)

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Wirid kemudian ditutup dengan doa sesuai dengan harapan masing-masing

Keutamaan Doa Sesudah Sholat Wajib NU

Doa setelah sholat fardhu menurut Nahdlatul Ulama ini memiliki keutamaan yang luar biasa, bahkan telah disebutkan oleh Imam Nawawi bahwa ulama telah bersepakat tentang kesunnahan dzikir setelah sholat yang ditopang oleh banyak hadist shahih dengan jenis bacaan yang amat beragam.

Ketika kita membaca doa ini, insyaallah dosa kita akan segera diampuni oleh Allah SWT. Baik dosa yang telah kita kerjakan maupun dosa yang mungkin terjadi di masa depan akibat dari perbuatan kita.

Selain itu, kita juga memohon kepada Allah SWT untuk melindungi kita dari segala marabahaya yang mengintai, entah itu kecelakaan, terjerumus kepada kemunafikan, atau bahkan perbuatan buruk yang diakibatkan oleh bisikan syaitan.

Sangat banyak keutamaan lain melalui doa dan dzikir ini, untuk itu kita harus senantiasa mengamalkannya pada saat selepas sholat wajib dan sunnah.

Kesimpulan

Sekian penjelasan tentang doa setelah sholat fardhu nahdlatul ulama, bacaan doa setelah sholat fardhu dan artinya pdf, dzikir setelah sholat fardhu nahdlatul ulama pdf, doa sesudah sholat fardhu yang pendek, 9 doa setelah sholat fardhu, doa sesudah sholat fardhu berjamaah, dzikir dan doa setelah sholat fardhu lengkap, doa setelah sholat fardhu panjang, doa setelah sholat fardhu pdf.

Baca:

Tinggalkan komentar