Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Tafakur Berserah Diri kepada Allah SWT

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Bacaan lafadz doa tafakur. Tafakur merupakan istilah untuk ibadah yang dilakukan dengan cara berpikir, menghayati, dan merenungi beragam tanda kebesaran Allah SWT yang ada di seluruh alam semesta ini.

doa tafakur

Dalam istilah orang Indonesia, tafakur juga disebut dengan semedi atau meditasi. Yaitu sebuah praktek relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, dan mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

Selain itu, tafakur juga memiliki makna lain yaitu kegiatan membolak-balikkan pikiran untuk membuat pikiran kita menjadi lebih jernih. Pada saat melakukan tafakur, apa yang harus kita lakukan? Tentu saja adalah berdoa kepada Allah SWT.

Lalu doa seperti apa yang patut dibaca pada saat tafakur? Nah pada kesempatan ini kami akan mebahasnya secara lengkap mulai dari ketamaan, keistimewaan, hingga bacaan dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

Keutamaan Doa Tafakur

Makna dari doa ini adalah kita mensyukuri segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, seperti langit yang cerah, kehidupan yang indah, dan berkah-berkah lainnya yang selalu diberikan oleh Allah SWT kepada kita umat-Nya

Bacaan doa bisa dilakukan dengan mengucap hamdalah terlebih dahulu atau mengucapkan doa seperti yang tercantum pada hadist dan ayat Al-Quran. Tentunya doa ini tak hanya ditujukan untuk mengucap syukur atas berkat jasmani, melainkan juga berkat rohani.

Dengan bersyukur saat bertafakur, tentunya kita akan menjadi semakin memahami makna terpenting dalam kehidupan di dunia, sehingga meditasi atau renungan kita dapat merubah hati ini menjadi lebih positif dan mengeti lebih dalam makna keberadaan Allah SWT.

Bacaan Lafadz Doa Tafakur

doa tafakur

Doa tafakur ini ada banyak sekali jenisnya, ada yang berasal dari hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, ada yang bersumber dari ayat Al-Quran, dan ada pula doa yang didasarkan dari hadist shahih Ibnu Sunni. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan semuanya.

Langsung saja tanpa basa basi lagi, silahkan simak teks, lafadz, bacaan doa tafakur yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia yang lengkap. Silahkan disimak.

1. Hadist Ibnu Majah

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya bisa sempurna segala kebajikan." (HR Ibnu Majah).

2. Diambil dari Al-Qur'an

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā mā khalaqta hāżā bāṭilā, sub-ḥānaka fa qinā 'ażāban-nār

Artinya:
"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka."

3. Hadist Ibnu Sunni

مَا شَاءَ اللهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Masya Allah la quwwata illa billah.

Artinya:
"Sesuatu dikehendaki Allah. Tiada kekuatan selain kekuatan Allah." (HR Ibnu Sunni).

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang bacaan doa tafakur, tafakur adalah, tafakur kbbi, tadabbur adalah, tadabbur alam adalah, doa pasrah berserah diri kepada allah, doa pasrah kepada allah katolik, berserah diri kepada tuhan, berserah diri kepada allah in english, ayat alkitab berserah diri kepada allah, tawakkaltu 'alallah, doa melihat keindahan ciptaan allah.

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Tafakur Berserah Diri kepada Allah SWT"