Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Bacaan doa setelah sholat gerhana bulan. Salah satu ibadah sholat sunnah yang paling langka adalah sholat gerhana bulan. Sebab sholat ini hanya dilaksanakan pada saat gerhana bulan terjadi.

doa setelah sholat gerhana bulan

Biasanya sholat ini hanya dilangsungkan beberapa tahun sekali saja atau mungkin juga seumur hidup sekali. Untuk itu, tidak heran bila umat muslim berbondong-bondong mengerjakan sholat ini. Minimal mengerjakan sekali dalam seumur hidup.

Nah dalam mengerjakan ibadah sholat ini, tentu ada banyak doa mustajab yang bisa diamalkan. Mulai dari doa minta rezeki berlimpah, doa pendekat jodoh, maupun doa-doa untuk mewujudkan keinginan dan harapan lainnya.

Selain doa-doa yang umum tersebut, ada pula doa khusus yang bisa dipanjatkan setelah menyelesaikan sholat sunnah gerhana bulan. Doa ini dapat dijadikan amalan, wirid, atau dzikir sehabis menunaikan sholat sunnah yang langka ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan

Sholat gerhana bulan dikerjakan secara berjamaah di lapangan terbuka, bukan di dalam masjid. Tujuannya adalah agar jemaah bisa langsung menyaksikan fenomena gerhana bulan tersebut. Setelah sholat sunnah ini selesai, dilanjutkan dengan membaca doa berikut.

Di bawah ini adalah teks, lafadz, bacaa doa setelah sholat gerhana yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia yang benar. Silahkan disimak.

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ يُخَوِّفُ بِهِمَا عِبَادَهُ وَإِنَّهُمَا لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ فَإِذَا رَأَيْتُمْ كُسُوفَ أَحَدِهِمَا فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ

 īnwa al-šwamsa wālqamara aīatāni min aīāti al-lwahi īuẖawwifu bihimā ʿibādahu waīnwahumā lā īankasifāni limaūti āḥad faīḏā raʾāīzum kusūfa āḥadihimā faṣalwuwā wādʿuwā ḥatwai īanْkašifa mā bikum.

Artinya:
“Sesungguhnya matahari dan bulan itu adalah dua tanda kekuasaan Allah, agar hamba takut kepadaNya. Terjadinya gerhana matahari dan bulan itu bukanlah karena kematian seeorang. Maka jika engkau melihatnya, maka shalatlah dan berdoalah hingga gerhana itu tersingkap dari kalian” (HR. An Nasa’i; shahih)

Keutamaan Doa Sesudah Sholat Gerhana Bulan

Keutamaan dan keistimewaan yang terkandung di dalam doa ini adalah kita menyadari dan mengakui bahwa matahari dan bulan itu ada karena kekuasaan Allah SWT. Keduanya adalah bukti ciptaan Allah SWT sehingga kita bisa menyadari bahwa semua yang ada di dunia ini juga ciptaan-Nya.

Selain itu, melalui doa ini kita juga mengungkapkan bahwa terjadinya gerhana bulan dan matahari merupakan sebuah peristiwa yang hanya bisa terjadi atas kehendak Alah SWT. Termasuk segala sesuatu yang terjadi di dunia ini juga atas dasar kehendak Allah SWT.

Barangsiapa melaksanakan ibadah sholat gerhana bulan dengan khusyu, insyaallah segala kebaikan dan manfaat dari ibadah sholat sunnah gerhana bulan akan kita miliki. Maka dari itu, ketika terjadi gerhana bulan jangan lupa menunaikan ibadah sholat sunnah ini.

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang doa setelah sholat gerhana bulan, gerhana bulan sebagian, proses terjadinya gerhana bulan, gambar gerhana bulan, gerhana bulan penumbra, gerhana bulan hari ini, jenis gerhana bulan, gerhana bulan penumbra adalah, gerhana bulan parsial, dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan Arab Latin dan Artinya"