Doa Setelah Sholat Dhuha Arab Latin dan Artinya

Doa Setelah Sholat Dhuha Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa setelah sholat dhuha. Banyak orang mengawali aktivitasnya dengan sarapan, mandi, dan lain sebagainya, namun sejumlah umat muslim mengerjakan satu ibadah khusus untuk mengawali kegiatan di pagi hari.

doa setelah sholat dhuha

Ibadah khusus ini adalah sholat dhuha, sebuah sholat yang ditunaikan untuk memohon kepada Allah SWT supaya aktivitas sehari-hari yang hendak dilaksanakan berjalan dengan baik. Sholat ini bisa dikerjakan sebanyak 2-12 rakaat dengan kelipatan 2 rakaat.

Setelah sholat dhuha selesai ditunaikan, ada doa khusus yang bisa dipanjatkan sebagai amalan, wirid, atau dzikir. Dalam doa ini ada banyak sekali keutamaan, manfaat, dan keistimewaan yang tentunya bisa membantu kita menjalani hari dengan lebih baik.

Nah bagi yang belum mengetahui bagaimana teks, lafadz, bacaan doa setelah sholat dhuha, pada kesempatan ini kami ingin menuliskannya secara lengkap mulai dari bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan bahasa Indonesia.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Pada dasarnya sholat dhuha bisa dikerjakan pagi hari ketika matahari berada setinggi ujung tombak, atau jika di Indonesia, waktunya adalah sekitar pukul 8 pagi. Mengerjakan sholat dhuha dan doa berikut setelahnya akan membuat ibadah sholat dhuha kita menjadi semakin sempurna.

Berikut adalah teks, lafadz, bacaan doa setelah sholat dhuha yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia yang benar sesuai sunnah bersaarkan hadist shahih. Silahkan disimak.

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka. Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.”

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”

Keutamaan Doa Sesudah Sholat Dhuha

Doa setelah sholat dhuha merupakan doa yang sangat mustajab, terlebih karena di dalamnya terdapat banyak sekali makna yang apabila diketahui, maka akan membuat umat muslim berbondong-bondong untuk mengamalkannya dengan rajin.

Salah satu keutamaannya adalah kita memohon kepada Allah SWT supaya mendekatkan rezeki dan berkah bagi kita. Hal tersebut tampak pada kalimat apabila rezekiku berada di langit, maka turunkanlah, adan apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah.

Tak hanya soal rezeki, melalui doa ini kita juga memohon berbagai kebaikan-kebaikan lainnya kepada Allah SWT. Mulai dari kebenaran, kehalalaln, dan lain sebagainya sehingga membuat kita menjadi manusia yang semakin dekat dengan-Nya.

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang doa setelah sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha sesuai sunnah, doa setelah sholat dhuha arab, doa sholat dhuha dan artinya, dzikir setelah sholat dhuha, doa setelah sholat hajat, doa mustajab sholat dhuha, doa dan wirid sholat dhuha, doa sholat hajat.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>