Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Haul Jamak Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Lafadz bacaan doa haul jamak. Haul jamak, sebuah istilah yang mungkin tak banyak dipahami oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Apa sih pengertian haul jamak, lalu doanya memiliki maksud, manfaat, dan keistimewaan apa? Nah pada kesempatan ini kami akan membahasnya secara lengkap.

doa haul jamak

Haul jamak sendiri merupakan tradisi doa arwah, sebuah ritual yang tak pernah ditinggalkan oleh masyarakat Lingga. Meskipada dasarnya ini tidak menjadi kewajiban dalam adar, namun masyarakat di Lingga masih setia melestarikannya hingga saat ini.

Doa ini juga dapat dipanjatkan tepat satu bulan sebelum memasuki bulan ramadhan, namun berbeda dengan doa menyambut bulan ramadhan. Doa haul jamak dibaca pada saat memasuki bulan Sya'ban. Biasanya jemaat masjid saling mengunjungi dari satu dusun, kampung, hingga desa-desa untuk duduk bersama sembari membacakan doa arwah untuk saudara atau kerabat yang sudah meninggal dunia.

Sebenarnya bagaimana teks, lafadz, dan bacaan doa haul jamak? Nah bagi yang belum mengetahuinya, pada kesempatan ini kami akan mengulasnya secara lengkap, termasuk dengan keutamaan, fadhilah, manfaat, dan khasiatnya di bawah ini.

Lafadz Bacaan Doa Haul Jamak

Bila Anda telah membaca artikel kami sebelumnya, yaitu doa ruwahan atau arwahan, maka Anda tentu akan menyadari bahwa doa haul jamak ini memiliki kesamaan dengan doa arwahan atau ruwahan. Yakni sebuah doa untuk memohon kebaikan keada orang yang sudah meninggal dunia.

Berikut adalah teks, lafadz, bacaan, doa haul jamak atau doa arawhan untuk orang yang sudah meninggal dunia secara lengkap menurut hadist shahih dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya. Doa yang dipanjatkan untuk orang yang telah meninggal dunia pada bulan Sya'ban.

وَاعْفُ عَنَّا يَا كَرِيْمُ *2  بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ارْحَمْنَا. اَللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَبِسِرِّ الفَاتِحَةِ وَبِكَرَامَةِ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ ذُنُوْبَنَا وَاسْتُرْ عُيُوْبَنَا وَفَرِّجْ هُمُوْمَنَا وَاكْشِفْ غُمُوْمَنَا وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، دَعْوَاهُمْ فِيْهَا سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلَامٌ، وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya:
"Maafkanlah kami wahai Tuhan yang pemurah (2 kali). Dengan kasih sayang-Mu wahai zat yang paling pengasih, kasihanilah kami. Ya Allah, berkat hakikat, rahasia, dan kemuliaan Surat Al-Fatihah, wahai Tuhan pemberi jalan dari kebingungan, pembuka jalan dari kebimbangan, wahai Tuhan yang pengampun dan penyayang hamba-Nya, ya Allah ampunilah dosa kami, tutuplah aib kami, berikan jalan atas kebingungan kami, bukakanlah jalan atas kebimbangan kami, dan damaikanlah perseteruan di antara kami. ‘Doa mereka (ahli surga) di dalamnya adalah ‘Maha suci Engkau ya Allah.’ Penghormatan mereka di dalamnya adalah salam. Akhir doa mereka adalah ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.’"

Keutamaan Doa Haul Jamak

Doa ini sangat mustajab, namun sebenarnya apa sih keistimewaan atau keutamaan dari doa ini? Doa lafadz haul jamak memiliki manfaat yaitu untuk memohon kepada Allah SWT agar mengampuni dosa kita, membuat kita menjadi orang suci, sehingga kita bisa semakin layak untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Setelah meminta ampunan dosa, selanjutnya kita juga memohon berkat dan hakikat serta kemuliaan untuk yang sudah meninggal dunia mendahului kita, memberikan petunjuk dan jalan bagi yang kebingunan, membukakan jalan dari kebimbangan saat menjawab pertanyaan-pertanyaan malaikat ketika berada di alam kubur.

Yang terakhir, kita juga mendoakan mereka sebagai ahli surga, yaitu orang yang sudah lama meninggal dunia agar mereka damai di alam kubur. Maksud dari damai di sini adalah terbebas dari siksa para malaikat di alam kubur maupun siksa neraka yang begitu panas dan membelenggu.

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang bacaan doa haul jamak, shopping haul adalah, haul adalah zakat, haul adalah brainly, haul meaning, ucapan haul orang meninggal, shopping haul meaning, haul shopee, nisab adalah, dan sebagainya..

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Haul Jamak Arab Latin dan Artinya"