Doa Almarhum Khususon untuk Orang yang Meninggal

Doa Almarhum Khususon untuk Orang yang Meninggal
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan lafadz doa almarhum. Pada kesempatan sebelumnya kami telah membagikan doa untuk orangtua yang sudah meninggal. Memang benar sebagai orang Islam kita harus senantiasa mendoakan orang yang telah meninggal dunia.

almarhum

Tujuannya adalah untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan meminta-Nya untuk menempatkan orang yang telah meninggal dunia ke dalam surga-Nya yang mulia. Nah pada kesempatan ini kami juga akan kembali membagikan sebuah bacaan doa untuk orang meninggal.

Doa ini bernama doa almarhum, yakni sebuah doa mustajab yang dibaca pada saat tahlilan, berziarah ke pemakaman, dan pengajian khusus untuk orang yang telah lebih dahulu meninggal dunia. Apakah doa ini mustajab? Tentu saja, karena doa ini telah diamalkan oleh banyak umat muslim di seluruh dunia.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang doa almarhum secara lengkap, mulai dari lafadz bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan Indonesia. Namun sebelum itu mari terlebih dahulu kita simak penjelasan mengenai keutamaan dari doa almarhum ini.

Keutamaan Doa Almarhum

Doa ini kerap kita baca ketika kita mendengar kabar meninggalnya seseorang. Bagi umat Islam, doa ini merupakan amalan yang sangat baik karena memiliki keutamaan dan kemuliaan luar biasa.

Lalu, apa saja manfaatnya? Di dalam doa ini kita memohon kepada Allah SWT untuk menempatkan almarhum atau almarhumah di surga-Nya yang terbaik. Kita juga memohon kepada Allah SWT ampunan atas dosa dan kesalahan yang pernah dibuat almarhum ketika masih hidup di dunia.

Dalam doa ini juga kita memohon kepada-Nya perlindungan almarhum dari siksa kubur, meningkatkan derajatnya di antara orang-orang beriman sehingga mati syahid, dan meminta amal kebaikannya diterima di sisi-Nya.

Bacaan Lafadz Doa Almarhum

doa almarhum

Lafadz doa ini adalah bagian dari rangkaian doa takbir pada sholat jenazah, tepatnya pada saat bacaan takbir ke-3. Tidak heran bila doa ini memiliki keistimewaan yang luar biasa dan kita pun sangat dianjurkan untuk mengamalkannya selain pada sholat jenazah.

Tanpa basa basi lagi langsung saja silahkan simak pembahasan mengenai bacaan lafadz doa almarhum yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia dengan benar.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirla-hu warham-hu wa 'aafi-hi wa'fu 'an-hu wa akrim nuzula-hu, wa wassi' madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdil-hu daaron khoirom min daari-hi, wa ahlan khoirom min ahli-hi, wa zawjan khoirom min zawji-hi, wa ad-khilkul jannata, wa a'idz-hu min 'adzabil qobri wa 'adzabin naar.

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah ganti keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka." (HR. Muslim).

Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai bacaan doa almarhum, doa untuk orang tua yang sudah meninggal, allahumma firlaha warhamha, allahummagfirlahu, doa untuk mayit sesuai sunnah, doa mayit perempuan dan artinya, doa untuk suami yang sudah meninggal, bacaan takziah orang meninggal, doa untuk orang tua meninggal, doa khususon untuk orang yang meninggal.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>