Bacaan Doa Acara Turun Tanah Bayi atau Tedak Siten

Bacaan Doa Acara Turun Tanah Bayi atau Tedak Siten
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Lafadz bacaan doa turun tanah. Turun tanah atau tedak siten merupakan tradisi khas masyarakat Jawa. Tedak berarti turun dan siten berasal dari kata siti artinya tanah. Upacara tedak siten dilakukan sebagai rangkaian dari acara yang bertujuan agar anak tumbuh menjadi anak yang mandiri.

doa turun tanah

Tradisi ini biasanya diselenggarakan ketika anak berusia hitungan 7 bulan dari hari kelahirannya dalam hitungan pasaran Jawa. Perlu diketahui bahwa hitungan satu bulan dalam pasaran Jawa berjumlah 36 hari, jadi bulan ketujuh bayi setara dengan bulan kedelapan masehi.

Kegiatan ini tentunya tidak hanya dilakukan dengan cara menggendong bayi untuk memijakkan kaki di anak tangga, melainkan juga diiringi dengan doa yang bertujuan untuk memohon kebaikan kepada si bayi kecil.

Apakah Ana sudah mengetahuinya? Atau mungkin lupa dan bahkan belum mengetahui sama sekali. Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan tentang doa turun tanah atau tedak siten dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan.

Tidak hanya itu, pada kesempatan ini kami pun akan menjelaskan mengenai keutamaan, khasiat, fadhilah, keistimewaan, manfaat, dan makna apa yang ada di balik doa yang satu ini. Ulasannya silahkan disimak di bawah ini.

Bacaan Doa Turun Tanah

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shollallohu ‘alaihi wa sallam, teriring keluarganya, dan sahabatnya.

Ya Allah, aku memohon perlindungan untuk anak ini kepada Tuhan yang maha esa lagi Tuhan tempat meminta dan bergantung dari jehatan setiap orang yang dengki. Aku memohon perlindungan untuk ibu anak-anak dan keturunannya dengan Zat Engkau dari syetan yang terkutuk.

Ya Allah, hendaklah Engkau menjadikan anak ini menjadi anak yang shaleh. Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu keselamatan dunia dan agama, kami memohon kepada-Mu penambahan dan keberkahan dalam ilmu, dam limpahkanlah rizki kepada orang-orang yang berkah mendapatkan rizki.

Wahai Tuhanku, sungguh Engkau telah mengajarkan semua nama-nama kepada Adam, dan sungguh Nabi-Mu Muhammad Saw telah memerintahkan kepada kami memberi nama kepada anak ini dengan nama yang layak di negeri ini …..(sebutkan nama anak).

Wahai Tuhanku, kami dipagi hari di atas kesucian Islam, di atas kepastian ikhlas, di atas agama Nabi Muhammad SAW, dan di atas agama bapak kami Ibrohim sebagai orang yang cenderung kepada kebenaran lagi yang tunduk (kepada ajaran) dan tidaklah ia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah.

Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu lisan yang berzikir, hati yang bersyukur, badan yang bersabar, dan istri yang menolong kami dalam urusan dunia dan urusan akhirat.

Dan kami berlindung kepada-Mu, wahai Tuhan kami, dari anak yang kepada kami sebagai tuan, dari istri yang menyebabkan tumbuh uban sebelum usia layak beruban, dari harta yang menjadi siksaan dan bencana bagi kami, dan dari tetangga yang bila melihat kebaikan kami, maka ia menyimpan dan bila ia melihat keburukan kami maka ia menyebarkan.

Ya Allah, terimalah aqiqah kami, wahati Tuhan kami, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan paling penyayang di antara para penyayang. Dan segala puji hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Keutamaan Doa Turun Tanah

Keutamaan atau keistimewaan dari doa turun tanah atau tedak siten ini adalah yang pertama yaitu memohon perlindungan untuk anak supaya bebas dari syetan yang terkutut. Selain itu, kita juga memohon kepada Allah SWT agar menjadikan anak kita sebagai anak yang saleh dan berbakti kepada orangtua.

Bukan hanya mendoakan anak saja, kita juga mendoakan untuk diri kita sendiri sebagai orangtua supaya diberi kesehatan dan kemampuan agar bisa mendidik anak kita agar lebih mampu mendidik anak kita menjadi anak yang baik.

Seperti diketahui bahwa kebaikan dan keberkahan anak bergantung dari hasil didikan orangtua. Jika orangtua salah dalam mendidik anak, maka anak dapat mungkin tumbuh tidak sesuai seperti yang diharapkan.

Kesimpulan
Itulah pembahasan tentang bacaan doa turun tanah, acara turun tanah bayi menurut islam, ucapan tedak siten, kartu ucapan tedak siten, tedak siten sederhana, upacara turun tanah betawi, perlengkapan tedak siten, susunan acara tedak siten, acara tedak siten sederhana.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>