Bacaan Doa Sebelum Acara dan Adab Memulai Acara

Bacaan Doa Sebelum Acara dan Adab Memulai Acara
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Lafadz bacaan doa sebelum acara. Di kesempatan sebelumnya kami membagikan bacaan doa penutup acara. Nah pada kesempatan yang baik ini kami akan menuliskan doa untuk mengawali atau memulai acara.

sebelum acara

Doa ini biasa dipanjatkan pada saat sebelum acara keagamaan maupun acara formal yang dihadiri oleh mayoritas umat muslim. Seperti majelis taklim, tahlilan, dzikir, selamatan, rapat, pertemuan, pengajian, dan masih banyak lagi.

Tentunya doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca. Terlebih karena Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat muslim untuk mengawali dan mengakhiri sebuah kegiatan dengan berdoa. Doa sebelum acara ini bisa menjadi suatu amalan yang bermanfaat.

Dengan membaca doa ini, insyaallah kegiatan atau acara yang kita lakukan bersama-sama dapat dijalani dengan baik, lancar, dan tentunya atas izin Allah SWT agar terhindar dari godaan-godaan syaitan yang terkutuk.

Nah maka dari itu pada kesmpatan ini kami ingin menuliskan bacaan doa sebelum memulai acara yang benar, sesuai sunnah, ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap. Selain itu kami juga akan menuliskan adab-adab apa saja yang harus dilakukan seorang muslim ketika hendak mengawali acara atau kegiatan.

Lafadz Bacaan Doa Sebelum Acara

doa pembuka acara

Ada berbagai macam doa pembuka untuk mengawali acara, mulai dari doa pembuka acara resmi, halal bi halal, selamatan bayi atau rumah baru, silaturahmi, majelis taklim, 

1. Doa Pembuka Acara Resmi

الهامدوليللاهي راببيل’االاميين، واسهسهولااتو واسسالاامو ‘الا يسيروفيل انبيياا ي والمورساليين، وا’الاا اليهي واسهوهبيهيي اجما’يين اممابا’ادو

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya:
"Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya."

2. Doa Pembuka Halal Bihalal

ناهمادوهو واناستا’ينو واناستاعهفيروهو وانا’ودزوبيللاهي مين سيورووري انفوسيناا وامين سايييااتي ا’ماالينا. مين ياهديللاه فالاا مودهيللالاهو وامين يودهيللهو فالاا هاادييالاهو. اللوهومما سوللي واساليم ‘الاا سايييديناا موهاممادين وا’الاا اليهي واسوهبيهي اجما’ينا امما با’دو

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Artinya:
"Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Yang Mahakuasa berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Yang Mahakuasa sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Yang Mahakuasa limpahkanlah salawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya."

3. Doa Pembuka Pengajian

الهامدوليللاهيللادزي ان’اماناا بيني’ماتيل ييماان واليسلاام. وانوسهوليي وانوساليمو ‘الاا كهوريل انام سايييديناا موهاممادين وا’الاا اليهي واسوهبيهي اجما’يينا يماا

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Artinya:
"Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iktikad dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya."

4. Doa Pembuka Rapat

الهامدوليللاهي واسهسهولاتو واسسالاامو ‘الاا روسووليللاهي سايييديناا واماولااناا موهامماديبني ابديللاهي امما با’دوهو

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Artinya:
"Puji syukur kepada Allah, doa salawat serta keselamatan biar selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah."

Adab Muslim Sebelum Memulai Acara

Ketika mengawali acara, ada beberapa hal sebagai adab seorang muslim yang harus dilakukan sebelum acara dimulai. Apa saja? Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.
  • Menghadap kiblat dan mengadahkan tangan.
  • Bersuara lirih dan tidak teriak.
  • Tidak berlebihan dalam mengucapkan doa.
  • Khusyu dan penuh harap rahmat Allah SWT.
  • Mantap dalam berdoa sehingga tak ragu atas karunia-Nya.
  • Tidak tergesa-gesa dalam berdoa.
  • Memulai doa dengan memuji nama Allah SWT dan bersholawat kepada Rasulullah SAW.
  • Memperbanyak istighfar memohon mapun kepada Allah SWT dalam berdoa.
  • Mengucapkan doa yang baik dan tidak memanjatkan doa yang buruk.

Kesimpulan
Itu dia penjelasan mengenai bacaan doa sebelum acara, doa pembuka acara bahasa arab, doa pembuka acara seminar, doa penutup acara, doa acara rapat kerja, doa pembuka majelis, doa pembukaan acara sosialisasi, doa pembukaan acara pelatihan, contoh doa penutup acara syukuran.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>