Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Lafadz bacaan doa sayyidul istighfar. Allah SWT merupakan Tuhan yang maha pemaaf. Dengan memohon ampun kepadanya secara tulus dan sungguh-sungguh, serta berjanji tak akan mengulangi kesalahan atau dosa yang sama, insyaallah kesalahan kita akan diampuni.

sayyidul istighfar

Itulah istimewanya menjadi umat muslim. Namun perlu diingat bahwa jika kita sewaktu-waktu mengulangi kesalahan yang sama, secara disengaja, maka Allah SWT dapat tak menolerirnya dan akan memberikan dosa yang sungguh berat kepada kita.

Untuk memohon ampun kepada Allah sendiri ada beberapa cara. Selain dengan melaksanakan sholat taubat nasuha, kita juga bisa memanjatkan doa istighfar yang berbunyi 'astaghfirullah hal adziiim'. Tentunya doa ini sudah sangat familiar di kalangan umar muslim, bukan?

Nah ada satu lagi nih, yang mungkin beberapa umat muslim belum mengetahuinya, yaitu bacaan doa sayyiful istighfar. Wah seperti apa doa itu? Keutamaan dan khasiatnya bagaimana? Dan apakah doa ini mustajab untuk memohon ampun kepada Allah SWT?

Pada kesempatan ini kami ingin menuliskan teks, lafadz bacaan doa sayyiful istighraf lengkap dengan penjelasan dan keutamaan atau fadhilahnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Keutamaan Doa Sayyiful Istighfar

Doa sayyidul istighfar adalah doa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Sayyidul istighfar berasal dari dua kata, yaidu sayyid yang berarti baik dan istighfar yang berarti memohon ampun atau meminta maaf.

Jadi, dapat diartikan bahwa sayyidul istighfar merupakkan kalimat-kalimat istighfar terbaik. Doa sayyidul istighfar menjadi doa istighfar paling utama karena merupakan doa terbaik untuk memohon ampunan.

Karena sayyidul istighfar merupakan doa istighfar atau doa mohon ampunan yang paling utama, tentu tak diragukan lagi bahwa doa ini memiliki khasiat dan keutamaan yang luar biasa, apalagi jika kita mengamalkannya dengan sungguh-sungguh.

Lafadz Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

doa sayyidul istighfar

Doa ini bisa dipanjatkan kapan saja, mulai dari setelah sholat, ketika merenung, maupun di waktu-waktu lainnya. Doa ini sangat mustajab, asalkan kita memanjatkannya dengan sungguh-sungguh dan berasal dari hati yang paling dalam.

Lalu bagaimana bacaan doa sayyiful istighfar? Berikut adalah teks, lafadz, bacaan doa sayyidul istighfar yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadist shahih, dan ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

اللَّهُمَّ أنْتَ رَبّي لا إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ وأنا على عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا صَنَعْتُ أبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عليَّ وأبُوءُ بِذَنْبي فاغْفِرْ لي فإنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أنْتَ

Allahumma anta rabbii laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mas tatha’tu a’uudzu bika min syarri ma shana’tu abuu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abuu-u bi dzanbii faghfir lii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa ant(a)

Artinya:
"Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu, aku akan setia pada janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Kuakui segala nikmat-Mu atasku dan aku akui segala dosaku (yang aku perbuat). Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau."

Kesimpulan
Demikian penjelasan dari bacaan doa sayyidul istighfar, doa istighfar, keutamaan sayyidul istighfar, rahasia sayyidul istighfar, bacaan istighfar astaghfirullahaladzim, istighfar arab, istighfar latin, dan lain sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Arab Latin dan Artinya"