Bacaan dan Pengertian Doa Weton Hari Lahir

Bacaan dan Pengertian Doa Weton Hari Lahir
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan lafadz doa weton. Pada pembahasan sebelumnya, kami telah membagikan artikel mengenai puasa weton untuk pengasihan dan puasa weton untuk hari lahir. Yakni sebuah tirakat tapa kejawen yang bertujuan untuk menguasai ilmu tertentu.

doa weton

Khusus puasa yang berkaitan dengan weton, puasa tersebut dipanjatkan pada saat seseorang memperingati hari lahirnya alias tengah berulang tahun. Jadi untuk bisa mengamalkannya hanya dapat dilakukan setahun sekali saja.

Perlu diketahui bahwa puasa weton bukan merupakan ibadah yang dikenal dalam agama Islam atau Alquran. Jadi bila mengamalkannya kita tidak akan mendapat pahala sebagai perhitungan masuk ke surga. Tujuannya benar-benar berbeda dengan puasa dalam Islam seperti puasa ramadhan.

Nah pada kesempatan ini kami ingin kembali membagikan sebuah amalan, wirid, atau dzikir yang masih berkaitan dengan weton atau hari lahir, yakni doa weton. Seperti apa doa ini? Nah daripada bingung mari kita simak pembahasan mengenai pengertian dan bacaan puasa weton.

Pengertian Doa Weton

Doa weton adalah doa yang dipanjatkan pada saat seseorang berulang tahun dalam penanggalan Jawa. Terdiri dari 5 hari yaitu pon, wage, kliwon, legi, dan paing.

Selametan weton itu merupakan selametan kelahiran pada hari jatuhnya perhitungan pasaran dalam istilah Jawa. Misalnya bila puasa weton dilakukan pada Jumat Pon kepada seorang anak, maka orang tersebut kedepannya lagi.

Tujuan dari pelaksanaan puasa weton atau selametan weton sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat unsur umur dan panjang kesehtan yang berikan oleh-Nya. Selain itu juga untuk memohon kepada Allah SWT atas kehidupan seseorang.

Bacaan Lafadz Doa Weton

Makna dari doa ini adalah pada saat seseorang berulang tahun dalam kalender Kejawen, maka kita memohon supaya Allah SWT memberikannya keselamatan, berkah, dan mengabulkan doanya terutama doa-doa yang bermakna baik, positif, dan tidak merugikan orang lain.

Langsung saja tanpa basa basi kembali, silahkan simak teks, lafadz bacaan doa weton ulang tahun yang benar, sesuai sunnah, dan berdasarkan hadist shahih yang lengkap beriut ini.

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللّهُمَّ اِجْعَلْ هَذَا الْوَلَدِ (................) بِبَرْكَةِ هَذِهِ الصَّدَقَةِ مِنْ عِيَالِ السَّلَامَةِ وَأَكْرِمْهُ بِطُوْلِ الْعُمْرِ فِى طَاعَةِ اللهِ وَرَسُوْلِهِ مَعَ الصِّحَّةِ وَالْعَافِيَةِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا وَأَوْفِرْ حَظَّهُ مِنَ الْعِلْمِ النَّافِعِ وَالْعَمَلِ الصَّالِحِ وَالْأَخْلَاقِ الْمَحْمُوْدَةِ وَاحْفَظْهُ مِنْ شَرِّ الزَّمَانِ وَمِنْ شَرِّ أَهْلِ الزَّمَانِ وَلَا تَضُرُّهُ.

Allahumma sholli ‘ala sayyidinaa Muhammad Wa’ala ‘ali sayyidinaa Muhammad. Allahumma Ij’al Hadzal Walada …. … (diisi nama anak) Bibarkati Hadhihis Shodaqoti min iyalis salamati wa akrimhu bthulil umri fi thoatillahi warosulihi maas shihhati wal afiyati dhohiron wa bathinan. Wa aufirhu hadhohu minal ilmi an nafii wal amali asholihi wal akhlaqil mahmudati. Wahfadhhu min syarrizamani wamin syari ahliz zamani wala tadhurruhu.

Artinya:
Ya Allah kanti berkah ipun shodaqoh meniko:jenengan dadosaken putro meniko ( namane disebut)Temasuk golonganipun keluarga ingkang selamet. Jenengan mulyakno kanti maringi panjang yuswo saget ta’at dateng Allah soho utusanipun kanti sehat wal’afiyat lahir batin. Panjenengan paringi ilmu ingkang manfa’at. Paringi saget amal sholeh.Paringi sopan santun ingkang terpuji. Soho panjenengan rekso saking awone zaman,soho awone andal zaman. Soho ampun ngantos paring ancaman dateng putro meniko.wa shollallohu a’la sayyidina muhammad wal hamdu lillahi robbil ‘alamin

Kesimpulan
Itu dia penjelasan lengkap mengenai bacaan doa weton, doa nyelameti weton untuk kelahiran, doa selamatan untuk anak sesuai weton dalam pasaran jawa, doa selamatan, manfaat, tata cara, jenis, tuntunan doa selamatan sesuai kelahiran weton jawa, dan sebagainya lengkap.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>