Bacaan Doa Oang yang Terzalimi, Teraniaya, Tersakiti

Bacaan Doa Oang yang Terzalimi, Teraniaya, Tersakiti
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa untuk orang terzalimi. Setiap orang bisa berbuat salah kepada orang lain. Pihak yang tersakiti disebut dengan pihak yang terdzalimi. Dan pernahkah Anda mendengar ucapan doa orang terzalimi itu manjur?

orang yang terzalimi

Atau doa orang terzalimi tak bisa disepelekan? Sebab, doa orang yang terzalimi bisa langsung dikabulkan oleh Allah SWT? Mengapa doa ini sangat spesial? Ya memang benar bahwa doa orang terzalimi itu bisa menjadi doa yang sangat mustajab.

Lalu, sebenarnya bagaimana doa orang terzalimi itu? Apakah seperti doa menghilangkan amarah orang lain, ataukah seperti doa agar diberi kemudahan dalam menghadapi masalah? Keduanya bukan. Ada bacaan khusus yang bisa dibaca pada saat terzalimi.

Pada kesempatan ini kami ingin membagikan bacaan doa lafadz yang dipanjatkan ketika seseorang dizalimi, disakiti, atau dikhianati oleh orang lain dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap sesuai sunnah dan hadist.

Bacaan Doa Orang Terzalimi

doa orang terzalimi

Inti dan makna dari doa orang terzalimi adalah memohon kepada Allah SWT agar orang yang menyakiti, menzalimi, atau mengkhianati kita diampuni dosanya dan dibukakan pintu hatinya agar bisa kembali ke jalan yang terang.

Berikut adalah dua bacaan doa yang diambil dari Alquran untuk orang yang terzalimi ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

1. Doa untuk Orang Teraniaya

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الأرْضِ أَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ قَلِيلا مَا تَذَكَّرُونَ

Amman yujiibul mudhtharra idzaa da’aahu wayaksyifussuu-a wayaj’alukum khulafaa-al ardhi ailahun ma’allahi qaliilaa maa tadzakkaruun(a).

Artinya:
"Atau siapakah yang memperkenankan (do’a) orang yang dalam kesulitan, apabila ia berdo’a kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan, dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi?. Apakah di samping Allah ada ilah (yang lain)?. Amat sedikitlah kamu mengingat-ingat(-Nya)." - (QS 27:62)

2. Doa untuk Orang yang Jahat kepada Kita

وَاتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الله حِجَابٌ

Wataqida' watalmadh 'aumi gainnahu laysabaynahaa qa baynallaha khijaabu.

Artinya:
"Dan berhati-hatilah terhadap doa orang yang terzalimi, karena tidak ada penghalang antara doanya dengan Allah." - (H.R. Bukhori dan Muslim).

Apa yang Harus Dilakukan Muslim Jika Terzalimi

Ada 3 hal yang bisa dilakukan oleh seseorang ketika dia dizalimi atau dikhianati, yaitu berlaku zalim, adil, atau utama. Masing-masing akan dijelaskan lebih detail sebagai berikut:

1. Zalim

Seseorang yang dilukai hatinya oleh orang lain bisa berlaku zalim dengan cara membalasnya dengan perbuatan yang lebih buruk, keras, ataupun lebih jahat.

2. Adil

Yang kedua, orang yang disakiti perasaannya, dizalimi oleh orang lain bisa berbuat adil dengan cara membalas sesuai dengan apa yang diperbuat oleh orang tersebut.

3. Utama

Yang terakhir, orang yang disakiti dikhianati, dianiaya oleh orang lain bisa melakukan hal utama yakni dengan bersikap sabar, tidak ambil pusing, atau mendoakan orang tersebut untuk menjadi lebih baik dan dosanya diampuni oleh Allah SWT.

Lalu, manakah yang Anda pilih? Tentu sebagai umat muslim kita harus memilih perbuatan utama yang wajib dilakukan, yakni bersikap sabar dan memaafkan orang tersebut, bukannya membalas dengan perbuatan yang sama ataupun lebih buruk.

Kesimpulan
Sekian pembahasan tentang bacaan doa orang yang terzalimi, doa untuk orang jahat sama kita, ciri ciri orang yang terzalimi, terzalimi adalah, contoh orang yang dizalimi, ayat kursi untuk orang zalim, doa ketika kita ditipu orang, doa istri terzalimi, tersiksa, teraniaya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>