Bacaan Doa Santunan Menyantuni Anak Yatim Piatu

Bacaan Doa Santunan Menyantuni Anak Yatim Piatu
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Lafadz bacaan doa menyantuni anak yatim. Santunan anak yatim memiliki arti bahwa kita menyerahkan sesuatu kepada anak yang ditinggalkan oleh ayah dan bapaknya. Ada banyak jenis hal yang dapat kita serahkan dan hal itu tidak selalu dalam bentuk benda atau bendawi saja.

santunan menyantuni anak yatim

Misalnya kita mengusap kepalanya dengan membaca doa mengusap kepala anak yatim, itu juga merupakan bentuk santunan yang sederhana namun memiliki makna mendalam. Ya, meskipun memang santunan yang banyak dilakukan adalah memberikan harta bendawi.

Seperti uang, makanan, minuman, pembiayaan sekolah, rumah atau tempat tinggal, dan lain sebagianya. Allah SWT sendiri sangat mencintai orang yang menyantuni anak yatim, dan saat menyantuni anak yatim, kita juga dianjurkan untuk membaca doa.

Bagi yang belum tahu bagaimana bacaan, teks, lafadz, doa menyantuni anak yatim, maka pada kesempatan ini kami akan membagikannya. Namun alangkah baiknya kita simak terlebih dahulu mengenai keutmaan dan manfaat memberikan santunan terhadap anak yatim.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Menyantuni anak yatim memiliki manfaat dan keistimewaan luar biasa. Dikutip dalam buku Dahsyatnya Doa Anak Yatim yang ditulis oleh M. Khallurrahman Al Mahdani, berikut adalah keutamaan menyantuni anak yatim:

1. Menjadi Teman Rasulullah SAW

"Saya dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini," kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit." (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa'd). (Lihat Shahih Bukhari, Kitab Ath-Thalaq: 4892. Sunan Tirmidzi, Kitab Al-Birr wa Ash-Shilah'an Rasulillah: 1841. Sunan Abi Daud, Kitab Al-Adab:4483).

2. Dijamin Masuk Surga

"Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni." (HR. Tirmidzi dari Ibnu Abbas). (Lihat Sunan Tirmidzi, Kitab Al-Birr wa Ash-Shilah'an Rasulillah: 1840).

3. Mendapat Predikat Abror

"Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan (abror) minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur. Yaitu mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah dan mereka dapat memancarkannya dengan sebaik-baiknya. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan." (QS. Al-Insan: 5-6).

4. Memperoleh Pertolongan dari Allah SWT

"Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan kesusahannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang meringankan kesulitan orang mukmin di dunia maka Allah akan meringankan kesulitannya di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang menutupi aib orang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di akhirat. Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya. (HR. Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah). (Lihat Shahih Bukhari, Kitab Al-Adab: 5557).

5. Meghindarkan dari Siksa Akhirat

"Demi Yang Mengutusku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, menyayangi keyatiman dan kelemahannya. (HR. Thabrani dari Abu Hurairah). (Imam Ath-Thabrani, Al-Mu'jam Al-Ausath, VIII/346. Hadist no. 8828).

6. Investasi Amal untuk Akhirat

"Jika manusia mati maka terputus lah amalnya, kecuali tiga perkara: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang selalu mendoakannya." (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

7. Menggapai Keberuntungan

"Siapa saja yang menyeru kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya itu." (HR. Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud dari Abu Mas'ud).

Bacaan Lafadz Doa Santunan Anak Yatim

doa santunan anak yatim

Doa menyantuni anak yatim atau doa untuk anak yatim memiliki makna untuk memohon kepada Allah SWT supaya kita dapat memberikan kasih sayang terhadap mereka dengan memberikan makan, salam dan pergaulan dengan orang yang mulia.

Berikut adalah teks, lafadz, bacaan, doa untuk menyantuni anak yatim yang benar, sesuai sunnah, dan berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia yang benar atau artinya.

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيهِ رَحْمَةَ الْأَيْتَامِ وَ إِطْعَامَ الطَّعَامِ وَ إِفْشَاءَ السَّلامِ وَ صُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَا مَلْجَأَ الْآمِلِينَ

Allahummar Zuqni Fiihi Rahmatal Aytaam wa Ith'aamat Tha'aam wa Ifsyaas Salaam wa Shuhbatal Kiraam Bithoulika Yaa Maljal Aamiliin.

Artinya:
"Ya Allah, berilah aku rezeki berupa kasih sayang terhadap anak yatim dan pemberian makan dan penyebaran salam dan pergaulan dengan orang-orang mulia, dengan kemuliaan-Mu. Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap."

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai bacaan doa santunan anak yatim, proposal santunan anak yatim, santunan anak yatim dan dhuafa, bingkisan yang tepat untuk anak yatim, cara menyantuni anak yatim, hadits menyantuni anak yatim, yayasan yatim piatu, santunan adalah.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>