Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Menyembelih Ayam Jantan dan Betina Islam

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Lafadz bacaan doa menyembelih ayam. Nabi Muhammad SAW dikatakan tidak pernah memakan daging hewan, namun bukan berarti umat muslim tidak diperbolehkan mengonsumsinya.

menyembelih ayam

Kita pun dapat memakan hewan yang halal seperti yang tertera dalam Al-Quran, asal dalam proses penyembelihannya dilakukan dengan meminta izin dari Allah SWT, yakni melalui panjatan doa pada saat memotong lehernya.

Salah satu hewan yang kerap menjadi makanan manusia adalah ayam. Perkembangannya yang cepat menjadi dewasa dan dagingnya yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan membuat konsumsi ayam terus meningkat setiap harinya.

Nah sebelum mengonsumsi ayam, tentunya kita harus menyembelihnya dengan tepat. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan teks, bacaan lafadz dan doa menyembelih ayam yang tak jauh berbeda dengan doa menyembelih hewan aqiqah dan doa menyembelih hewan qurban.

Keutamaan Doa Menyembelih Ayam

Sebelum memasuki pembahasan inti, sebaiknya kita sedikit merenung terlebih dahulu. Mengapa Allah SWT mewajibkan umatnya untuk membaca doa saat menyembelih ayam? Hal ini tentu dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan karena ada keutamaan luar biasa di baliknya.

Doa yang diucapkan pada saat menyembelih ayam, unggas, jago, ataupun babon ini sangat diwajibkan untuk mendapatkan manfaat seperti halnya berikut ini:
  • Untuk menjamin kehalalan ayam yang dipotong dan hendak dikonsumsi.
  • Sebagai perwujudan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
  • Sebeagai bentuk rasa syukur terhadap nikmat Allah SWT dalam bentuk daging ayam.
  • Sebagai bentuk mematuh adan dan kepatuhan terhadap Allah SWT.

Bacaan Lafadz Doa Menyembelih Ayam

doa menyembelih ayam

Doa tersebut memiliki kandungan intisari yang luar biasa, maka dari itu kita tak boleh melupakannya saat menyembelih ayam. Di dalam doa ini, tersirat makna bahwa ayam yang kita sembelih merupakan nikmat yang diberikan Allah SWT.

Berikut adalah bacaan lengkap mengenai teks, lafadz, dan doa menyembelih ayam, jago, atau unggas yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya:
"Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub-ku.

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai bacaan doa menyembelih anak yatim, doa menyembelih ayam, doa menyembelih hewan, doa menyembelih ayam jantan dan betina, doa menyembelih hewan aqiqah, doa menyembelih hewan biasa, cara menyembelih ayam sendirian, tata cara menyembelih ayam, tata cara menyembelih hewan.

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Menyembelih Ayam Jantan dan Betina Islam"