Bacaan Doa Mengusap Kepala Anak Yatim Piatu

Bacaan Doa Mengusap Kepala Anak Yatim Piatu
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Lafadz bacaan doa mengusap kepala anak yatim. Seorang anak dikatakan yatim bila dia ditinggalkan oleh ayah atau bapaknya. Ditinggalkan dalam hal ini berarti orangtuanya bercerai atau ayahnya meninggal dunia. Anak yatim adalah pihak yang harus muslim santuni.

doa mengusap kepala anak yatim

Salah satu cara menyantuni anak yatim adalah dengan mengusap kepalanya. Ini adalah amalan yang sangat mudah namun juga sangat dianjurkan. Meski sederhana, namun ini dapat menjadi bentuk kepedulian kita terhadapnya.

Mengapa hal ini dapat menjadi sangat penting dan dianjurkan? Sebab dengan mengusap kepala anak yatim, hari seseorang yang keras bisa menjadi luluh. Seperti yang telah Rasulullah SAW sabdakan melalui hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA.

Selain itu masih ada banyak sekali manfaat dan keutamaan mengusap kepala anak yatim. Nah pada kesempatan ini kami ingin berbagi informasi terkait hal tersebut mulai dari keutamaan, manfaat, hingga bacaan doa yang dapat diamalkan ketika melakukannya.

Keutamaan Doa Mengusap Kepala Anak Yatim

Ketika mengusap kepala atau rambut anak yatim, sebagai muslim kita sangat dianjurkan untuk membacakan doa. Doa ini dibaca karena memiliki keutamaan yang luar biasa baik bagi anak yatim yang diusap kepalanya maupun bagi pengusap kepala mereka.

Mengusap kepala anak yatim dapat menjadi obat yang sangat efektif untuk memberi pengaruh positif terhadap kedua belah pihak. Sebab pada daerah kepala, bagian ini merupakan penghubung dengan saraf lain yang ada di sekujur tubuh.

Dengan mengusap kepala, proses ini akan menimbulkan semacam pengobatan alami, keajaiban dari mengusap mampu mengaktifkan energi yang berada dan memberikan efek positif dalam proses mengusap menggunakan tangan ini.

Mengusap kepala anak yatim dapat mengobati penyakit hati seperti hati yang keras. Orang yang memiliki penyakit hati dapat diobati dengan sesuatu yang menjadi lawannya, sifat sombong pun diobati dengan tawadhu, sifat kikir diobati dengan dermawan, dan kerasnya hati diobati dengan sikap lembut serta kasih sayang.

Bacaan Lafadz Doa Mengusap Kepala Anak Yatim

doa mengusap kepala anak yatim

Sangat banyak bukan, keutamaan dari mengusap anak yatim. Nah, agar semakin sempurna, bacakanlah doa ii yang pada intinya memohon kepada Allah SWT untuk menutupi kesedihan anak yatim dan menjadikannya sebagai pengganti yang baik atas ayah yang meninggalkannya.

Berikut adalah teks, bacaan, lafadz, dan doa untuk mengusap kepala anak yatim yang baik, benar, sesuai sunnah dan hadist, serta ditulis dalam bahasa Arab, teks tulisan latin, dan terjemahan Indonesia yang lengkap dan benar.

جَبَرَ اللهُ يَتْمَك وَجَعَلَك خَلَفًا مِنْ أَبِيْك

Jabarallahu yatmaka wa ja'alaka khalafammin abiika.

Artinya:
"Semoga Allah menutupi kesedihanmu [karna menjadi yatim], dan menjadikanmu sebagai pengganti yang baik atas ayahmu."

Kesimpulan
Terima kasih telah membaca bacaan doa mengusap kepala anak yatim, pengertian anak yatim, hadits tentang anak yatim, batasan umur anak yatim, anak yatim piatu, anak yatim artinya, keistimewaan anak yatim, anak yatim menurut islam, doa anak yatim, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>