Bacaan Doa Ikhtiar Tawakal dan Optimis dalam Usaha

Bacaan Doa Ikhtiar Tawakal dan Optimis dalam Usaha
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Lafadz bacaan doa ikhtiar. Ikhtiar adalah kalimat yang sangat umum terkenal di dalam dunia Islam. Menurut bahasa, ikhtiar berarti memilih. Secara istilah, ikhtiar adalah usaha seorang hamba untuk memperoleh apa yang dia kehendaki atau diinginkan.

ikhtiar

Orang yang berikhtiar berarti memilih suatu pekerjaan dan kemudian menjalankannya dengan sepenuh hati agar dia berhasil dan sukses. Dapat juga dikatakan orang yang berikhtiar adalah memilih sebuah barang yang disukai dan menjaganya dengan sekuat tenaga.

Ikhtiar seperti janji, sebuah hal yang tak boleh diingkari. Saat berjanji, kita mengucapkan ikrar baik dalam ucapan ataupun hati. Saat berikhtiar, kita juga dianjurkan untuk mengucapkan doa, yaitu bacaan doa ikhtiar.

Pada kesempatan yang baik ini kami ingin membagikan teks, lafadz, bacaan, doa ikhtiar dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia. Namun sebelum masuk ke situ mari kita simak pembahasan mengenai keutamaan doa ikhtiar terlebih dahulu.

Keutamaan Doa Ikhtiar

Ikhtiar erat kaitannya dalam qadar atau takdir Allah SWT. Dalam qadar, terdapat keutamaan untuk berikhtiar sebab dengan ikhtiar sungguh-sungugh, disertai doa dan tawakal maka seseorang dapat mengupayakan takdirnya.

Qadar berbeda dengan Qada. Qadar sendiri merupakan takdir dari Allah SWT yang dapat diubah atau diupayakan sehingga penting bagi kita untuk berusaha sebaik dan sekeras mungkin demi dapat mewujudkannya meski pada awalnya hal tersebut tidak ditujukan untuk kita.

Mengucapkan doa ikhtiar berarti meyakini segala perkara bahwa kita sangat yakin Allah sWT mengabulkan keinginan kita dan dengan begitu kita akan berusaha dengan hati yang tulus untuk berjuang mencapai apa yang kita inginkan tersebut.

Bacaan Lafadz Doa Ikhtiar

doa ikhtiar

Makna dari doa ini adalah kita berserah terhadap Allah SWT, beriman, bertawakal, berlindung, dan menyerahkan segala urusan kepada-Nya. Sementara itu kita juga terus melakukan apa yang tengah dikerjakan dengan ikhtiar tinggi.

Berikut adalah teks, lafadz bacaan doa ikhtiar yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya. Doa ini juga disebut dengan doa tawakal, doa menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, doa berserah, atau doa mengadukan urusan kepada-Nya.

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَنْ تُضِلَّنِى، أَنْتَ الْحَىُّ الَّذِى لاَ يَمُوتُ وَالْجِنُّ وَالإِنْسُ يَمُوتُونَ

Allohumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoshomtu. Allohumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillani. Antal hayyu alladzi laa yamuut wal jinnu wal insu yamuutun.

Artinya:
"Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu, aku bertaubat kepada-Mu, dan aku mengadukan urusanku kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu. tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Engkau dari segala hal yang bisa menyesatkanku. Engkau Mahahidup dan tidak mati, sedangkan jin dan manusia pasti mati."

Kesimpulan
Itulah pembahasan mengenai bacaan doa ikhtiar, doa ikhtiar tawakal, ikhtiar adalah, ikhtiar dan tawakal, doa, usaha dan ikhtiar, doa, usaha dan ikhtiar merupakan konsep kerja dalam islam, ayat al-qur'an tentang ikhtiar dan doa, ikhtiar dalam islam, ikhtiar sebelum tawakal.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>