Bacaan Doa Diantara 2 Sujud atau Doa Iftirasy

Bacaan Doa Diantara 2 Sujud atau Doa Iftirasy
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Lafadz bacaan doa duduk di antara dua sujud. Sholat adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim jika tidak ada halangan. Bagi yang berhalangan, terutama wanita, tetap diwajibkan mengganti sholat yang ditinggalkan pada hari lain.

duduk di antara 2 sujud

Dalam sholat, ada berbagai macam gerakan yang dilakukan pada setiap rakaat. Gerakan-gerakan ini dikerjakan secara urut dan dengan membaca doa yang berbeda-beda. Salah satunya adalah gerakan duduk di antara dua sujud atau kerap disebut dengan duduk iftirasy.

Gerakan duduk di antara dua sujud merupakan salah satu gerakan wajib dalam sholat, dikerjakan di antara dua sujud pada saat setelah melakukan i'tidal di setiap rakaat. Tentunya dalam gerakan ini terdapat bacaan yang berbeda dibanding gerakan-gerakan lainnya.

Nah pada kesempatan ini kami ingin membagikan bacaan lafadz doa pada gerakan tersebut dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia. Namun sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu manfaat, keutamaan, dan khasiat doa dalam tata cara sholat ini.

Keutamaan Doa Duduk di Antara Dua Sujud

Doa ini memiliki 8 bacaan yang digabung menjadi satu. Setiap bacaan memiliki makna dan kandungan yang berbeda. Berikut adalah keutamaan, manfaat, khasiat, dan fadhilah dari doa duduk di antara dua sujud.
  • Robbighfirli, untuk memohon ampunan dosa kepada Allah SWT yang membuat hari kita kelam dan merasa berat untuk berbuat kebaikan.
  • Warhamnii, untuk memohon agar kita disayangi Allah SWT sehingga kita merasa nyaman dan bisa menggapai keinginan sesuai bimbingan-Nya.
  • Wajburnii, untuk memohon segala kekurangan seperti kurang bersyukur, kurang sabar, dan kurang bisa menerima kenyataan.
  • Warfa'ni, untuk meminta derajat yang tinggi sehingga tidak ada manusia yang menghina kita.
  • Warzuqni, untuk memohon rezeki sebagai hamba Allah, termasuk rezeki yang datang dari arah tak terduga.
  • Wahdini, untuk memohon petunjuk dan bimbingan soal kebenaran yang berkaitan dengan agama dan hidayah.
  • Wa'aafinii, untuk memohon kesehatan sehingga kita bisa melaksanakan kebaikan dan mendapat manfaat serta tak menjadi beban bagi orang lain.
  • Wa'fuanni, untuk memohon supaya kesalahan dan dosa kita dihapus dari amal keburukan.

Bacaan Lafadz Doa Duduk di Antara 2 Sujud

doa duduk di antara dua sujud

Ada banyak sekali keutamaan dari doa duduk di antara dua sujud, maka dari itu pada saat membacanya kita harus melakukannya dengan sungguh-sungguh dan istiqomah. Bagi yang belum mengetahui lafadz bacaannya, silahkan simak di bawah ini.

Berikut adalah teks lafadz bacaan doa yang dibaca pada saat melaksanakan gerakan duduk di antara 2 sujud dalam sholat wajib maupun sunnah yang benar berdasarkan hadist dan dalil shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia.

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي

Robbighfirlii Warhamnii Wajburnii Warfa'nii Warzuqni Wahdinii

Artinya:
"Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku."

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang bacaan doa di antara 2 sujud, hukum duduk iftirasy, bacaan duduk iftirasy, tidak bisa duduk tawarruk, duduk tasyahud akhir, duduk tasyahud akhir disebut, duduk iftirasy sakit, duduk iq'a, duduk tahiyat awal, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>