Teks Lirik Sholawat Asyghil dan Asal Usul Sejarahnya

Teks Lirik Sholawat Asyghil dan Asal Usul Sejarahnya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Teks lirik sholawat asyghil. Membaca sholawat merupakan salah satu keutamaan yang luar biasa selain menunaikan ibadah sholat maupun puasa dalam kehidupan sehari-hari yang beragama Islam. Sebab, sholawat memiliki banyak manfaat dan faedah bagi yang mengamalkannya.

lirik sholawat asyghil

Salah satu sholawat yang memiliki keutamaan luar biasa adalah sholawat asyghil, sholawat ini juga dikenal dengan nama sholawat Habib Ahmad bin Umar Al-Hinduaan Baalawy karena dialah yanag menciptakan sholawat ini pada periode pertengahan abad kejayaan Islam.

Sholawat pada dasarnya ditujukan untuk memuliakan nama Nabi Muhammad SAW dan memohon kepada Allah SWT agar Nabi selalu dilimpahkan berkah dan rahmat yang melimpah dari-Nya. Namun secara khusus, sholawat ini juga memiliki keutamaan-keutamaan lain salah satunya adalah memohon kebebasan dari pemimpin yang dzalim.

Pada kesempatan ini kami ingin berbagi kumpulan teks dan lirik sholawat asyghil secara lengkap dalam bahasa Arab, teks latin, serta terjemahan bahasa Indonesia. Namun sebelum itu, alangkah lebih baiknya mari kita simak penjelasan mengenai sejarah dan asal usul sholawat ini terlebih dahulu.

Apa itu Sholawat Asyghil

Banyak yang bertanya apa sih sebenarnya sholawat asyghil itu? Sholawat asyghil adalah sholawat yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yakni sholawat sibuk. Maksud dari sibuk di sini adalah pemimpin yang selalu mementingkan dirinya sendiri, dzalim, dan sebagainya.

Sholawat asyghil dimaksudkan untuk memohon kepada Allah SWT untuk menghindarkan bangsa dan negara, termasuk Indonesia agar terbebas dari pemimpin yang jauh dari kata bijaksana. Konon, sholawat ini merupakan doa yang dipanjatkan langsung oleh Imam Ja'far ash-Shadiq pada masanya.

Beliau hidup pada masa dinasri Umaqiyyah dan di awal masa Abbassiyah yang penuh retorika politik. Ia membaca doa ini yang kemudian diikuti oleh para jemaahnya hingga terus turun temurun sampai kita kenal seperti sekarang ini.

Teks dan Lirik Sholawat Asyghil

Sholawat Asyghil

Simak makna yang terkandung di dalam sholawat asyghil. Di situ tertera jelas bahwa sholawt ini ditujukan untuk memohon agar kita diberikan pemimpin yang sebaik dan sebijak Nabi Muhammad SAW, bukannya pemimpin dzalim yang justru memecah belah persatuan.

Di bawah ini tertera teks, lirik. lafadz, bacaan, doa sholawat asyighil secara lengkap ditulis dengan menggunakan bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih. Silahkan disimak.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ، ﻭَﺃَﺷْﻐِﻞِ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﺑِﺎﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ
ﻭَﺃَﺧْﺮِﺟْﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﺑَﻴْﻨِﻬِﻢْ ﺳَﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﻭَﻋﻠَﻰ ﺍﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﺃَﺟْﻤَﻌِﻴﻦ

Allohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin, wa asyghilidz dzoolimiina bidz-dzoolimiina (2x) wa akhrijnaa min baynihim saalimiin wa ‘alaa alihi wa shohbihii ajma’in.

Artinya:
"Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zhalim agar mendapat kejahatan dari orang zhalim lainnya, selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan berilanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau."

Kesimpulan
Demikian ulasan lengkap mengenai teks lirik sholawat asyghil, latin, lirik, download, arab, mp3, artinya, sabyan, download, full, sholawat asyghil artinya apa, alwi assegaf, az zahir,alfina nindiyana, sejarah, asal usul, shahih, syabbanul muslimin, syair, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>