8 Kalimat Thayyibah, Bacaan, Arab, Latin, dan Artinya

8 Kalimat Thayyibah, Bacaan, Arab, Latin, dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan 7 kalimat thayyibah. Allah memiliki nama baik yang dikenal dengan sebutan asmaul husna, jumlahnya ada sebanyak 99 dan semuanya merupakan kalimat yang bagus dan indah untuk diucapkan kepada-Nya.

kalimat thayyibah

Namun selain asmaul husna, ada pula kalimat-kalimat yang baik, positif, dan indah untuk diucapkan atau dipanjatkan kepada Allah SWT. Kalimat-kalimat tersebut dikenal dengan nama kalimat thayyibah atau kalimat yang memiliki keistimewaan dan keutamaan luar biasa.

Total terdapat 8 kalimat thayyibah yang bica dibaca pada situasi dan kondisi tertentu. Dengan mengamalkan kalimat thayyibah ketika waktu pembacaannya telah tiba, insyaallah Allah SWT akan melimpahkan segala berkat dan rahmat-Nya kepada kita.

Pada kesempatan yang baik ini kami ingin mebahas ketujuh kalimat thayyibah tersebut, mulai dari bacannya, lafadz teks dalam tulisan latin dan terjemahan, serta kapan waktu pembacaannya yang tepat. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, alangkah lebih baiknya kita ketahui pengertian, sejarah, asal usul, dan awal mula adanya kalimat thayyibah. Silahkan disimak.

Pengertian Kalimat Thayyibah

Kalimat thayyibah berasal dari kata thayyib dalam bahasa Arab. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya baik. Makna sederhana dari kalimat thayyibah bisa didefinisikan sebagai perkataanyang baik, sopan, mengandung amar ma'ruf nahi mungkar.

Kalimat ini kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sangat dianjurkan untuk mengganti ungkapan-ungkapan yang kurang bermanfaat yang kerap kita ucapkan. Setiap kalimat thayyibah yang diucapkan memiliki berbagai macam bentuk manfaat bagi dirinya sendiri.

Selain itu, dengan mengamalkannya kita juga akan mendapat berbagai macam bentuk perbuatan yang di mana ma'ruf dan juga mencegah yang di mana berasal dari perbuatan munkar atau keburukan dan kejahatan hasil bisikan dari syaitan.

Bacaan 8 Kalimat Thayyibah

Berikut adalah lafadz teks bacaan kedelapan kalimat thayyibah lengkap dengan bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah yang benar. Silahkan disimak.

1. Kalimat Basmallah

بسم الله الرحمن الرحيم

Bismi-llaahi ar-raḥmaani ar-raḥiimi.

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

Kalimat ini dibaca untuk mengawali doa sehari-hari, dan juga niat puasa serta sholat. Tujuan pembacaan kalimat basmallah adalah untuk menyebut nama Allah SWT yang maha pemurah dan penyayang.

2. Kalimat Salam

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Artinya:
"Salam damai untukmu dan semoga Rahmat serta Keberkahan Allah menyertaimu."

Kalimat salam dibaca pada saat bertamu ke rumah orang lain, berjumpa dengan sesama muslim di pinggir jalan, hingga ketika memasuki pemakaman sebagai bagian dari doa salam ketika melewati kuburan.

3. Kalimat Tasbih

سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى

Subhaanahuu wa ta’aalaa.

Artinya:
"Maha Suci Dia dan Maha Tinggi."

Kalimat tasbih dibaca ketika melihat sesuatu yang menakjubkan, seperti misalnya ketika melihat mukjizat, pemandangan langka yang luar biasa, atau menyaksikan kejadian yang di luar nalar pemikiran manusia sebagai bentuk rahmat Allah SWT.

4. Kalimat Hauqalah

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Laa Hawla wala quwwata illa billah.

Artinya:
"Tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Kalimat ini hampir mirip dengan doa tolak bala rebo wekasan di mana maksudnya adalah untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT atas marabahaya yang mungkin terjadi di waktu depan.

5. Kalimat Tauhid

آإِلَهَ إِلاَّ الله

Laa ilaaha illallah.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan selain Allah."

Kalimat ini dibaca ketika kita ingin menunjukkan rasa taqwa kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia. Kalimat ini bertujuan menyatakan dan mengumumkan di hadapan yang lain bahwa kita beriman kepada Allah Ta'ala.

6. Kalimat Istirja

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un.

Artinya:
"Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali."

Kalimat ini dibaca pada saat kerabat, teman, sahabat, rekan kerja, saudara, nenek, kakek, atau orang tua meninggal dunia. Termasuk doa ketika melihat jenazah lewat.

7. Kalimat Istighfar

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Astaghfirullahal Adzim.

Artinya:
"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung."

Kalimat ini dibaca ketika kita melakukan kesalahan, kekeliruan, maupun dosa yang tujuannya adalah untuk memohon ampun kepada Allah SWT alias bertobat.

8. Kalimat Tahmid

الحمد لله رب العالمين 

Alhamdulillahirabbil aalamiin.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah Ta’ala Pemelihara seluruh alam."

Kalimat tahmid dibaca ketika kita mendapat berkat dan rahmat dari Allah SWT. Sama halnya seperti doa mensyukuri nikmat rezeki yang telah diberikan.

Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai bacaan kalimat thayyibah, arab dan artinya, alhamdulillah, untk anak tk, tasbih, takbir, subahanallah, lailaahailallah, kalimat thayyibah aqidah, yang perlu dilaksanakan, bacaan, manfaat, keutamaan, berdzikir dengan kalimat thayyibah, pembuka pintu surga, alhamdulilah, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>