Bacaan Bunyi Kalimat Tasbih Tulisan Arab Latin dan Artinya

Bacaan Bunyi Kalimat Tasbih Tulisan Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan doa kalimat tasbih. Kalimat tasbih adalah salah satu kalimat yang paling dicintai oleh Allah SWT, merupakan salah satu kalimat thayyibah. Bunyinya sebagai berikut: Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar.

Bacaan Bunyi Kalimat Tasbih Tulisan Arab Latin dan Artinya

Kalimat ini memiliki keutamaan yang luar biasa bagi yang mengamalkannya, salah satunya adalah dapat menghapus dosa baik dosa yang pernah dilakukan sebelumnya maupun dosa-dosa yang mungkin dilakukan di masa depan.

Selain itu Allah SWT juga menjanjikan surga kepada siapa saja yang mengamalkannya secara istiqomah dan dapat pula menghindarkan seseorang dari malapetaka, marabahaya, dan bencana yang bisa saja terjadi di waktu depan.

Sungguh bermanfaat dan memiliki faedah yang luar biasa kan? Oleh karena itu jangan lupa senantiasa membacanya di setiap waktu mulai dari sehabis sholat, pada saat berdzikir, dan lain sebagainya. Bagi yang belum mengetahui lafadz dan bacaannya silahkan simak penjelasan di bawah berikut.

Lafadz Bacaan Doa Kalimat Tasbih

tasbih

Lafadz bacaan kalimat tasbih dibaca ketika kita menyaksikan atau melihat sesuatu yang menakjubkan ciptaan Allah SWT, misalnya pemandangan yang indah, mengetahui mukjizat kesembuhan penyakit, atau melihat gerhana bulan dan matahari.

Bagi yang belum mengetahui teks bacaanya, berikut adalah lafadz bacaan doa kalimat tasbih yang benar dalam bahasa Arab, tulisan laitn, dan terjemahan Indonesia atau artinya sesuai sunnah dan berdasarkan hadist shahih. Silahkan disimak.

سُبْحَانَ اللهِ

Subhaanallah.

Artinya:
"Maha Suci Allah."

Asal Usul Sejarah Kalimat Tasbih

Bacaan tasbih menjadi bacaan yang dibaca pada saat melakukan sujud dalam sholat. Diriwayatkan, dahulu ada malaikat Hauqobail yang memiliki 18 ribu sayap yang panjang, antara satu sayap dan satu sayap lainnya memiliki jarak tempuh 500 tahun cahaya.

Merasa ada makhluk sebesar itu, lalu dia bertanya dan berrgumam dalam hati, lalu bagaimana luas Arsy Allah? Tentunya lebih luas dari itu kan? Kemudian Allah SWT menggandakan sayapnya menjadi 36 ribu dengan jarak tempuh yang sama. Dalalm keadaan seperti itu, Allah menyuruh malaikat tersebut terbang dengan tujuan mengelilingi Aarsy supaya dapat mengetahui luas Arsy. Dan dia baru kembali setelah melakukan penerbangan selama 20 ribu tahun, namun dia tidak menemukan satupun tiang penyangga Arsy sehingga dia tidak sanggup menemukan batas luas Arsy.

Allah menggandakan lagi sayapnya dan memerintahkan dia terbang kembali. Namun sayang, selama 30 ribu tahun dia tidak menemukan ujung batas Arsy. Akhirnya Allah menyerunya, "Hai malaikat, apabila kamu terbang terus-menerus, bahkan terbang sampai hari kiamat dengan dibekalkan sayap dan kekuatanmu itu maka niscaya kamu tidak akan dapat menemukan batas ujung luas Arasy."

Sadar dengan apa yang terjadi, malaikat tersebut pun mengagungkan nama Allah SWT seraya membaca tasbih.

سُبْحَانَ رَبِّيَ الأَعْلَى

Artinya:
"Maha suci Tuhanku yang maha mulia."

Melalui peristiwa itu, Allah turunkan surat Al-A’la dan Baginda Nabi Muhammad bersabda :

اِجْعَلُوْهَا فىِ سُجُوْدِكُمْ

Artinya:
"Jadikanlah bacaan Tasbih itu dalam sujud kalian."

Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai lafadz bacaan doa kalimat tasbih, kalimat tasbih artinya, bunyi kalimat tasbih, arti tasbih, tulisan arab tasbih tahmid tahlil takbir, kalimat tahlil, bacaan sholat tasbih, tahmid adalah, bacaan tasbih, tahmid dan takbir beserta artinya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>