Niat Doa Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Cincin Sebagian

Niat Doa Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Cincin Sebagian
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Niat doa sholat gerhana bulan. Sebelumnya kami telah membahas mengenai sholat gerhana matahari, yakni ibadah sholat sunnah yang hanya dilaksanakan ketika terjadi gerhana matahari cincin, sebagian, atau total.

sholat awwabin

Nah pada kesempatan ini kami ingin kembali membagikan mengenai niat dan tata cara salah satu sholat sunnah yang paling langka, yakni ibadah sholat sunnah gerhana bulan atau khusuf. Baik itu gerhana bulan cincin, sebagian, maupun gerhana bulan total.

Seperti yang kita ketahui bahwa gerhana bulan merupakan fenomena yang sangat langka dan jarang terjadi. Mungkin ratusan tahun sekali, bahkan lebih jarang dibandingkan dengan fenomena atau peristwa gerhana matahari.

Karen langka, maka ibadah sholat sunnah gerhana bulan menjadi ibadah sholat sunnah yang memiliki keistimewaan tersendiri. Ibadah sholat sunnah gerhana bulan atau khusuf sangat sayang apabila dilewatkan.

Jika ada fenomena gerhana bulan, umat muslim pasti akan berbondong-bondong untuk sholat sunnah. Nah, Anda pun juga harus memiliki keinginan untuk menunaikannya. Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai niat dan tata cara mengerjakan ibadah sholat sunnah gerhana bulan cincin, sebagian, atau total.

Niat Sholat Gerhana Bulan Cincin Sebagian

niat sholat gerhana bulan

Sholat gerhana bulan dikerjakan secara berjamaah sebagai imam atau makmum. Tidak dikerjakan secara mandiri atau munfarid. Jadi dalam pelaksanaanya hanya ada bacaan niat sholat gerhana bulan cincin atau sebagian sebagai imam atau makmum berjamaah.

Selain itu, sholat gerhana bulan juga hanya dikerjakan sebanyak dua rakaat saja, tidak dikerjakan lebih dari itu jadi dalam pembacaan niatnya hanya ada bacaan niat sholat gerhana bulan cincin, sebagian, atau total dua rakaat.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat gerhana bulan cincin atau sebagian dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih yang benar.

1. Niat Sholat Gerhana Bulan Sebagai Imam

Berikut adalah lafadz bacaan niat sholat gerhana bulan cincin, sebagian, atau total sebagai imam atau pemimpin sholat yang benar sesuai sunnah.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْخُسُوْفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal khusuufi rok’ataini imaaman lillahi ta’aalaa

Artinya:
"Aku niat salat gerhana bulan dua rakaat sebagai imam karena Allah Ta’ala."

2. Niat Sholat Gerhana Bulan Sebagai Makmum

Di bawah ini adalah lafadz bacaan niat sholat gerhana bulan lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang benar.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْخُسُوْفِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal khusuufi rok’ataini ma’muuman lillahi ta’aalaa

Artinya:
"Aku niat salat gerhana bulan dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta’ala."


Tata Cara dan Doa Sholat Gerhana Bulan

Sama seperti sholat gerhana matahari, sholat gerhana bulan hanya dikerjakan pada saat gerhana bulans udah dimulai. Sebelum itu, umat muslim bersiap-siap terlebih dahulu dengan menggelar alas di lapangan terbuka serta berwudhu terlebih dahulu.

Mengapa dikerjakan di lapangan yang terbuka? Karena agar seluruh jamaah baik imam maupun makmum bisa mengetahui kapan waktu dimulainya gerhana bulan sehingga bila gerhana bulan sudah mulai, jemaah bisa langsung menunaikan sholat khusuf ini.

Selain niat sholat, semua tata cara dan doa mengerjakannya tidaklah berbeda dengan sholat sunnah atau sholat wajib pada umumnya. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai tata cara dan doa shlat gerhana bulan.
  • Pertama, membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian baca takbiratul ikhram dilanjutkan dengan doa iftitah.
  • Selanjutnya baca surat Al-Fatihah dan satu surat pendek di dalam Al-Quran.
  • Diteruskan dengan membungkukkan setengah badan ke depan alias gerakan ruku' sambil membaca doa ruku'.
  • Lanjutkan dengan berdiri tegak kembali sambil membaca doa 'itidal.
  • Kemudian sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk sambil membaca doa iftirasy.
  • Lalu berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua.
  • Setelah itu, jika sudah melaksanakan rakaat kedua hingga sujud kedua, diteruskan dengan membaca doa tasyahud awal dan tasyahud akhir.
  • Kemudian untuk mengakhiri sholat, bacalah doa salam.

Setiap gerakan pada sholat gerhana bulan memiliki bacaan doa yang berbeda-beda. Kami telah memublikasikannya pada artikel lain. Silahkan pelajari masing-masing doa pada gerakan sholat pada artikel tata cara dan doa sholat.

Kesimpulan
Itu dia penjelasan tentang niat doa sholat gerhana bulan, tata cara shalat gerhana bulan sesuai sunnah, keutamaan shalat gerhana, khasiat, keistimewaan, manfaat, fadhilah, doa niat sholat gerhana bulan beserta artinya, tata cara sholat gerhana bulan sendiri, munfarid, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>