Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Doa Tata Sholat Awwabin Untuk Tolak Bala

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Niat doa sholat awwabin. Mungkin beberapa orang masih awam mendengar kalimat awwabin, apa sih sholat sunnah awwabin dan bagaimana cara mengerjakannya? Apa niatnya dan berapa jumlah rakaatnya?

sholat awwabin

Sholat awwabin merupakan ibadah sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat ba'diyah maghrib. Setelah sholat rawatib sesudah maghrib, umat muslim dianjurkan mengerjakan ibadah sholat sunnah hingga sebanyak 6 rakaat dengan setiap 2 rakaat salam.

Apa keutamaannya? Tentu saja bila menunaikannya, insya Allah akan mendapat pahaal yang berlimpah dari Allah SWT sehingga timbangan amalan kita menjadi lebih banyak di hari akhir dan peluang doa-doa kita dikabulkan selanjutnya akan menjadi lebih besar.

Maka dari itu, apabila sedang luang dan memiliki waktu, tidak ada salahnya menunaikan ibadah sholat sunnah ini. Apabila kita membaca doa tolak bala setelah sholat awwabin, insya Allah sholat ini juga dapat menjadi penghindar kita dari bahaya, bala, musibah, bencana, dan sebagainya.

Di bawah ini kami ingin menjelaskan secara rinci mengenai cara menunaikan sholat awwabin mulai dari pembacaan doa niat hingga tata cara serta doa pada setiap gerakan sholat awwabin yang benar sesuai sunnah silahkan disimak.

Niat Sholat Awwabin Untuk Tolak Bala

niat sholat awwabin

Sholat awwabin merupakan sholat sunnah yang dikerjakan sendiri sendiri, oleh karena itu hanya ada bacaan niat untuk sholat awwabin secara munfarid, tidak ada bacaan niat sholat awwabin secara berjamaah sebagai imam atau makmum.

Sholat awwabin untuk tolak bala dikerjakan maksimal 6 rakaat dengan masing-masing 2 rakaat salam. Sehingga dalam pembacaan niatnya menyebutkan kalimat rak'ataini yang menunjukkan bahwa sholat yang dikerjakan adalah dua rakaat.

Di bawah ini merupakan bacaan lafadz doa niat sholat awwabin 2 rakaat untuk tolak bala dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah yang benar berdasarkan hadist shahih.

اُصَلِّى سُنَّةَ الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal awwabina rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya:
"Saya niat shalat sunah awwabin dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara dan Doa Sholat Sunnah Awwabin

Sholat awwabin dikerjakan mulai dari 2, 4, hingga maksimal 6 rakaat setelah mengerjakan sholat qabliyah maghrib. Sholat ini dikerjakan sendiri-sendiri atau munfarid di masjid, mushola, maupun di rumah sendiri.

Dalam mengerjakan sholat awwabin, pastikan mengerjakan ibadah sholat sunnah qabliyah maghrib terlebih dahulu karena itu merupakan syaratnya sebagaimana dijelaskan pada beberapa hadist dan dalil yang shahih.

Untuk mengerjakannya, tidak ada perbedaan khusus seperti ibadah sholat wajib dan sunnah pada umumnya. Mulai dari tata cara hingga bacaan pada masing-masing gerakan sholat semuanya sama. Yang berbeda hanyalah bacaan niatnya saja. Berikut adalah tata cara menunaikan atau mengerjakan sholat awwabin.
  • Pertama, membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian baca takbiratul ikhram dilanjutkan dengan doa iftitah.
  • Selanjutnya baca surat Al-Fatihah dan satu surat pendek di dalam Al-Quran.
  • Diteruskan dengan membungkukkan setengah badan ke depan alias gerakan ruku' sambil membaca doa ruku'.
  • Lanjutkan dengan berdiri tegak kembali sambil membaca doa 'itidal.
  • Kemudian sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk sambil membaca doa iftirasy.
  • Lalu berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua.
  • Setelah itu, jika sudah melaksanakan rakaat kedua hingga sujud kedua, diteruskan dengan membaca doa tasyahud awal dan tasyahud akhir.
  • Kemudian untuk mengakhiri sholat, bacalah doa salam.

Masing-masing gerakan sholat memiliki bacaan doa berbeda-beda, kami telah memublikasikannya pada artikel lain. Bila Anda ingin mempelajarinya silahkan baca pada artikel tata cara dan doa sholat.

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang niat doa sholat awwabin, sholat sunnah awwabin, tata cara mengerjakan, tuntunan, penjelasan seputar sholat awwabin, sholat enam rakaat sesudah sholat maghrib, doa, kaifiyyah, keutamaan, fadhilah, khasiat, manfaat, keistimewaan lengkap.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Doa Tata Sholat Awwabin Untuk Tolak Bala"