Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Doa Tata Cara Sholat Wudhu Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Niat dan tata cara sholat wudhu. Sebelumnya kita telah banyak membahas tentang wudhu sebagai langkah untuk menyucikan diri dari hadast dan najis kecil dari tubuh sehingga tubuh boleh diizinkan untuk sholat.

sholat wudhu

Adapun beberapa artikel tersebut antara lain doa wudhu serta doa sebelum dan sesudah wudhu yang dibaca ketika berwudhu atau menggunakan air bersih dalam rangka menyucikan diri. Selain itu kami juga telah membahas tentang tayamum sebagai sarana pengganti wudhu.

Dan pada kesempatan yang baik ini kami ingin kembali membahas tentang wudhu, lebih jelasnya adalah tentang sholat wudhu yang dikerjakan pada saat sesudah wudhu untuk menyempurnakan ibadah wudhu yang telah dilakukan.

Mungkin sholat ini sedikit asing di telinga umat muslim, terutama bagi anak-anak atau mualaf yang baru saja belajar tentang beberapa sholat sunnah. Maka dari itu, kami akan secara lengkap membahasnya mulai dari niat hingga tata caranya lengkap.

Mudah-mudahan dengan adanya aritkel ini akan sedikit membantu menambah wawasan tentang ibadah-ibadah sholat sunnah, terutama sholat sunnah wudhu yang memiliki keistimewaan untuk menyempurnakan wudhu yang merupakan ibadah.

Bacaan Niat Sholat Wudhu

niat sholat wudhu

Sama seperti sholat tahiyatul masjid, sholat wudhu dilaksanakan ketika pertama kali memasuki masjid sebelum dimulainya ibadah sholat wajib berjamaah. Apabila ingin menunaikan ibadah sholat wudhu, pastikan dilaksanakan jauh-jauh sebelum waktu sholat wajib tiba.

Adapun niatnya hanya terdiri dari lafadz niat sholat wudhu sendiri karena sholat ini tidak dikerjakan secara berjamaah sebagai imam atau makmum, melainkan hanyak dikerjakan sendiri sehingga hanya ada bacaan niat sholat wudhu sendiri saja.

Langsung saja silahkan simak ulasan dan penjelasan tentang bacaan niat sholat wudhu yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

اُصَلِّى سُنَّةً الْوُضُوءِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal wudhuui masjiidi rokaataini lillahi taala.

Artinya:
"Aku niat shalat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara dan Bacaan Doa Sholat Wudhu

Untuk tata cara pelaksanaannya, ibadah sholat wudhu dikerjakan dalam kelipatan dua rakaat, yakni setiap dua rakaat membaca salam. Maka, ibadah sholat wudhu boleh dikerjakan sebanyak 2, 4, 6, 8, 10, atau 12 rakaat.

Ibadah sholat wudhu dikerjakan setelah kita berwudhu sebelum hendak melaksanakan ibadah sholat berjamaah di masjid. Selain itu, ketika berwudhu di rumah kita juga bisa mengerjakan ibadah sholat sunnah wudhu setelah berwudhu.

Adapun tata cara bacaan pelaksanaan menunaikan sholat wudhu tidak berbeda jauh dengan ibadah sholat wajib atau sholat sunnah pada ummunya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan tentang panduan dan tuntunan tata cara sholat wudhu berikut ini:
  • Pertama membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian membaca takbiratul ikhram.
  • Jika sudah membaca takbiratul ikhram, diteruskan dengan melafadzkan doa iftitah.
  • Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan satu surat pendek di dalam Al-Quran.
  • Kemudian setelah itu laksanakan ruku' dengan membungkukkan setengah badan ke depan sambil membaca doa.
  • Dilanjutkan dengan i'tidal atau berdiri kembali sambil membaca doa.
  • Kemudian lakukan sujud sebanyak dua kali dengan diselingi duduk ifitirasy sambil membaca doa.
  • Pada rakaat kedua atau rakaat terakhir, bacalah bacaan tahiyat awal dan akhir.
  • Kemudian tutup sholat dengan mengucap salam sebanyak dua kali.

Untuk doa-doa seperti ruku, itidal, sujud, iftirasy, tahiyat awal dan akhir kurang lebih sama seperti doa pada sholat-sholat umumnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan tentang tata cara sholat.

Kesimpulan
Demikianlah penjelasan tentang niat doa sholat wudhu, fardhu, tahajud, dhuha, jumat, taubat, jenazah, idul fitri, sholat wudhu dan tahiyatul masjid, bacaan, arab, latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Doa Tata Cara Sholat Wudhu Sesuai Sunnah"