Niat Doa Tata Cara Sholat Taubat Nasuha yang Benar

Niat Doa Tata Cara Sholat Taubat Nasuha yang Benar
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Niat dan tata cara sholat taubat. Setiap orang pasti memiliki kesalahan di dunia, tidak ada manusia yang benar-benar suci dan hanya mengerjakan kebaikan saja. Di dalam hati manusia, pasti ada sifat buruk yang menyelimuti kehidupan.

sholat taubat

Kadang, sifat buruk tersebut tidak hanya merugikan orang lain, melainkan juga merugikan diri sendiri dan bahkan merugikan keluarga dan orang yang paling kita cintai. Kadang, kita melakukannya secara tidak sengaja.

Berbagai dosa yang dilakukan dapat ditebus dengan memohon ampun kepada Allah SWT melalui pembacaan doa istighfar, sujud, serta melaksanakan sholat taubat nasuha yang akan sama-sama kita bahas pada saat ini.

Sholat taubat nasuha tidak boleh dikerjakan sembarangan, melainkan harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh serta dengan niat tidak akan mengulangi perbutan dosa yang sama di kemudian hari karena bila kembali mengulangi, maka dosa yang akan kita dapat semakin berat.

Ibarat sudah berjanji namun mengingkari, siapapun pasti tak ingin dikecewakan bukan? Allah SWT pun demikian, jangan pernah main-main untuk meminta maaf kepada Tuhan yang telah memberi kita banyak berkat. Langsung saja, silahkan simak penjelasan tentang sholat taubat di bawah ini.

Bacaan Niat Sholat Taubat Sendiri

niat sholat taubat

Yang pertamaakan kita bahasa adalah bacaan lafadz niat sholat taubat yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih. Perlu diketahui bahwa sholat taubat tidak dikerjakan secara berjamaah sehingga tidak ada bacaan niat sholat taubat nasuha untuk imam atau makmum.

Sholat taubat boleh dikerjakan sendiri-sendiri atau munfarid jadi hanya ada lafadz bacaan niat sholat taubat nasuha untuk diri sendiri atau munfarid yang tentu memiliki manfaat luar biasa bila kita menunaikannya.

Langsung saja berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat taubat sendiri atau munfarid dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap dan benar sesuai sunnah berdasarkan hadist yang shahih.

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala.

Artinya:
"Saya niat shalat sunnah taubat dua rokaat karena Allah."

Tata Cara dan Bacaan Doa Sholat Taubat

Sholat taubat boleh dikerjakan kapan saja kecuali pada waktu-waktu diharamkannnya sholat seperti ketika fajar terbit, ketika matahari mencapai puncaknya, serta ketika sore hari saat matahari berwarna kemerah-merahan.

Sholat taubat boleh dikerjakan sebanyak 2, 4, 6, 8, 10, atau 12 rakaat. Namun tetap dalam pengerjaanya tetap diselesaikan dalam 2 rakaat salam. Untuk itu, tata cara sholatnya pun hanya terdiri dari sholat taubat nasuha 2 rakaat.

Secara umum cara mengerjakan ibadah sholat taubat sama seperti ibadah sholat sunnah pada umumnya, mulai dari pembacaan niat, tata cara, hingga salam. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut:
  • Pertama membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian membaca takbiratul ikhram.
  • Jika sudah membaca takbiratul ikhram, diteruskan dengan melafadzkan doa iftitah.
  • Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan satu surat pendek di dalam Al-Quran.
  • Kemudian setelah itu laksanakan ruku' dengan membungkukkan setengah badan ke depan sambil membaca doa.
  • Dilanjutkan dengan i'tidal atau berdiri kembali sambil membaca doa.
  • Kemudian lakukan sujud sebanyak dua kali dengan diselingi duduk ifitirasy sambil membaca doa.
  • Pada rakaat kedua atau rakaat terakhir, bacalah bacaan tahiyat awal dan akhir.
  • Kemudian tutup sholat dengan mengucap salam sebanyak dua kali.

Kemudian untuk bacaan masing-masing gerakan, mulai dari iftitah, ruku, sujud, tahiyat awal dan akhir hingga salam telah kami bahas secara lengkap pada artikel terpisah karena secara umum sama saja seperti bacaan sholat biasa. Silahkan baca pada artikel tata cara dan doa sholat.

Kesimpulan
Itu dia ulasan mengenai niat doa sholat taubat, nasuha, latin, dan tata caranya, nu, muhammadiyah, artinya, dan mandi taubat yang benar, doa, waktu, tata cara, jumlah rakaat, tata cara sholat taubat sesuai sunnah rasul dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>