Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Doa Tata Cara Sholat Tasbih Siang dan Malam

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Niat dan tata cara sholat tasbih. Ada satu ibadah sholat sunnah yang bisa dikerjakan untuk menambah amalan serta dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, yakni sholat tasbih.

sholat tasbih

Mungkin memang sedikit awam, namun sholat tasbih merupakan salah satu ibadah sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hukum sholat ini adalah sunnah, apabila dikerjakan akan mendapat banyak keutamaan dan keistimewaan dan apabila tidak mengerjakannya tidak akan berdosa.

Namun, bila sedang memiliki banyak waktu luang tidak ada salahnya untuk menunaikan ibadah sholat tasbih pada siang dan malam hari yang memiliki salah satu keutamaannya ialah apabila kita mengerjakan, maka para malaikat di langit akan bertasbih menyebut nama kita.

Bagi yang ingin belajar sholata sunnah tasbih, silahkan simak artikel ini secara lengkap karena di sini kami akan membahas secara detail mengenai panduan pelaksanaan sholat tasbih yang benar dari awal hingga akhir.

Mudah-mudahan dengan dibuatnya artikel ini bisa menambah wawawan kita untuk menunaikan lebih banyak sholat sunnah selain sholat tahajud, sholat tarawih , atau sholat tahiyatul masjid yang sudah mainstream. Silahkan disimak selengkapnya.

Bacaan Niat Sholat Tasbih Sendiri

niat sholat tasbih

Sholat tasbih dikerjakan secara sendiri-sendiri maka bacaan niatnya pun hanya terdiri dari bacaan nait sholat tasbih untuk diri sendiri atau munfarid. Pengerjaannya bisa di rumah, masjid, mushola, atau tempat yang suci lainnya.

Membaca niat sholat tasbih harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berasal dari hati yang paling dalam karena apabila membaca niat hanya setengah-setengah, maka ibadah sholat tasbih yang kita tunaikan tidak akan menjadi sempurna.

Silahkan simak di bawah ini bacaan lafadz doa niat sholat tasbih yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

1. Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat

Untuk niat sholat tasbih yang dikerjakan sebanyak dua rakaat, silahkna baca dengan bacaan niat berikut ini.

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tashbiihi rok’ataini lillahi taa’alaa.

Artinya:
"Saya niat sholat sunat tasbih dua rakaat karena Allah ta’ala."

2. Niat Sholat Tasbih 4 Rakaat

Apabila ingin menunaikan ibadah sholat sunnah tasbih 4 rakaat, ikuti bacaan niat berikut ini.

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tashbiihi arba’a raka’ati lillahi taa’alaa.

Artinya:
"Saya niat sholat sunat tasbih 4 rakaat karena Allah ta’ala."

Tata Cara dan Bacaan Doa Sholat Tasbih

Sholat tasbih boleh dikerjakan sebanyak 2 atau 4 rakaat dengan kelipatan dua rakaat. Artinya, dikerjakan dengan cara membaca salam setiap 2 rakaat atau 4 selesai. Sama seperti sholat subuh yang dikerjakan hanya dua rakaat.

Untuk mengerjakannya, kita bisa menunaikan ibadah sholat sunnah ini pada waktu siang hari atau pada malam hari. Untuk siang hari, bisa dikerjakan sebelum atau sesudah sholat dzuhur. Untuk malam hari, dapat dikerjakan mulai dari waktu isya hingga datangnya sholat waktu subuh.

Kemudian untuk tata cara pelaksanaannya kurang lebih sama seperti tata cara melaksanakan ibadah sholat sunnah biasa mulai dari niat hingga salam. Secara lengkap, silahkan simak penjelasan mengenai tata cara, panduan, dan tuntunan sholat tasbih berikut:
  • Pertama membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian membaca takbiratul ikhram.
  • Jika sudah membaca takbiratul ikhram, diteruskan dengan melafadzkan doa iftitah.
  • Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan satu surat pendek di dalam Al-Quran.
  • Kemudian membaca tasbih sebanyak 15 kali.
  • Kemudian setelah itu laksanakan ruku' dengan membungkukkan setengah badan ke depan sambil membaca doa.
  • Dilanjutkan dengan i'tidal atau berdiri kembali sambil membaca doa.
  • Kemudian membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  • Kemudian lakukan sujud sebanyak dua kali dengan diselingi duduk ifitirasy sambil membaca doa.
  • Pada rakaat kedua atau rakaat terakhir, bacalah bacaan tahiyat awal dan akhir.
  • Kemudian tutup sholat dengan mengucap salam sebanyak dua kali.

Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai niat doa sholat tasbih, latin, siang dan malam, siang hari, dan tata caranya, niat sholat tasbih berjamaah, nu, muhammadiyah, doa, waktu, manfaat, tata cara sholat tasbih sesuai sunnah rasul, idii, dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Doa Tata Cara Sholat Tasbih Siang dan Malam"