Niat Doa Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid yang Benar

Niat Doa Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid yang Benar
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Niat dan tata cara sholat tahiyatul masjid. Ketika sampai di masjid, jangan lupa membaca doa masuk masjid agar Allah SWT memberkati kita dengan niat dan kemauan beribadah yang tinggi.

sholat tahiyatul masjid

Selain itu, ketika masuk masjid, ada beberapa amalan lain yang bisa dilakukan sambil menunggu datangnya ibadah sholat wajib, yakni mengerjakan ibadah sholat sunnah tahiyatul masjid atau sholat masuk masjid 2 rakaat terlebih dahulu.

Masjid merupakan rumah Allah SWT, tempat untuk beribadah umat muslim maka dari itu ketika masuk masjid ada baiknya melakukan berbagai amalan untuk menambah pahala, salah satunya dengan menunaikan ibadah sholat tahiyatul masjid terlebih dahulu.

Adapun tata cara pelaksanaan dan bacaan niatnya tidak jauh berbeda dengan bacaan niat dan tata cara menunaikan ibadah sholat sunnah atau sholat wajib pada umumnya. Namun memang ada beberapa perbedaan termasuk untuk menyesuaikan ibadah sholat sunnah yang kita kerjakan.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang niat doa dan tata cara sholat tahiyatul masjid sendiri atau munfarid. artikel ini terutama ditujukan kepada anak-anak dan para mualaf yang baru belajar ibadah sholat.

Bacaan Niat Sholat Tahiyatul Masjid

niat sholat tahiyatul masjid

Tidak ada bacaan niat sholat tahiyatul masjid untuk imam atau makmum karena sholat ini tidak untuk dikerjakan secara berjamaah, melainkan untuk dilaksanakan secara munfarid atau sendiri-sendiri hanya di dalam masjid atau mushola, tempat ibadah.

Adapun pembacaan niatnya dibaca secara pelan saja dari dalam hati, yang penting khusyu dan benar-benar berasal dari hati yang paling dalam karena niat yang setengah-setengah tidak akan membuat ibadah sholat kita menjadi sempurna.

Berikut adalah lafadz bacaan niat sholat tahiyatul masjid yang benar sesuai sunnah, niat sholat masuk masjid berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahiyatul masjiidi rokaataini lillahi taala.

Artinya:
"Saya niat sholat tahiyyatul masjid dua rakaat karena Allah ta’ala."

Tata Cara dan Bacaan Doa Sholat Tahiyatul Masjid

Sholat tasbih dikerjakan sebanyak dua rakaat saja, tidak lebih dan tidak kurang. Sholat ini juga hanya boleh dilaksanakan di dalam masjid atau mushola, yang penting tempat beribadah umat muslim dan muslimah di seluruh dunia.

Apabila mengerjakan ibadah sholat wajib di lapangan terbuka, maka sholat tahiyatul masjid tetap tidak dikerjakan. Selain itu, sholat tahiyatul masjid 2 rakaat juga hanya dilaksanakan sendiri-sendiri, tidak berjamaah.

Adapun pelaksanaa ibadah sholat sunnah tahiyatul masjid dilaksanakan seperti sholat-sholat sunnah pada umumnya. Bacaanya pun tidak jauh berbeda. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak pembahasan di bawah ini.
  • Pertama membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian membaca takbiratul ikhram.
  • Jika sudah membaca takbiratul ikhram, diteruskan dengan melafadzkan doa iftitah.
  • Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan satu surat pendek di dalam Al-Quran.
  • Kemudian setelah itu laksanakan ruku' dengan membungkukkan setengah badan ke depan sambil membaca doa.
  • Dilanjutkan dengan i'tidal atau berdiri kembali sambil membaca doa.
  • Kemudian lakukan sujud sebanyak dua kali dengan diselingi duduk ifitirasy sambil membaca doa.
  • Pada rakaat kedua atau rakaat terakhir, bacalah bacaan tahiyat awal dan akhir.
  • Kemudian tutup sholat dengan mengucap salam sebanyak dua kali.

Kemudian untuk bacaan iftirah, ruku', i'tidal, sujud, iftirasy, tahiyat awal dan tahiyat akhir serta salam telah kami bahas pada satu artikel agar lebih spesifik yakni artikel tata cara sholat.

Kesimpulan
Itu dia ulasan lengkap mengenai niat doa sholat tahiyatul masjid, di masjidil haram, dikerjakan secara sendiri berjamaah, yang benar, dan tata caranya, atau sholat sunnah rawatib, jumat, niat bacaan sholat tahiyatul masjid dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>