Niat Doa Sholat Tahajud Malam Hari Sendiri

Niat Doa Sholat Tahajud Malam Hari Sendiri
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Niat doa sholat tahajud. Salah satu ibadah sholat sunnah yang paling utama dikerjakan adalah sholat tahajud. Sholat tahajud merupakan sholat yang dilaksanakan pada malam hari khusus untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT.

sholat tahajud

Tahajud memiliki banyak sekali keutamaan salah satunya ialah peluang permohonan atau doa kit dikabulkan oleh Allah SWT, apalagi dengan menambah amalan doa setelah sholat tahajud, insya Allah sholat tahajud yang kita laksanakan akan semakin sempurna.

Bahkan Nabi kita, Rasulullah SAW menjadikan sholat ini sebagai rutinitas harian pada malam hari. Beliau selalu rutin mengerjakan sholat malam tahajud pada waktu-waktu senggang untuk berdoa dan memohon kebaikan kepada Allah SWT.

Bagi seorang mualaf atau anak-anak yang masih belum mengetahui bacaan niat serta tata cara sholat tahajud, kami akan menjelaskannya secara lengkap melalui pembahasan di bawah ini dengan detail dan jelas.

Mudah-mudahan dengan adanya informasi yang dibagikan mengenai sholat tahajud di bawah ini, dapat meningkatkan keinginan kita untuk istiqomah menjalankan ibadah sholat tahajud pada malam hari. Silahkan disimak penjelasannya.

Bacaan Niat Sholat Tahajud Sendiri

niat sholat tahajud

Sholat tahajud tidak dilaksanakan secara berjamaah melainkan ditunaikan secara munfarid atau drii sendiri. Oleh karena itu, bacaan niat sholat tahajud hanya terdiri dari satu yakni niat sholat tahajud sendiri.

Adapun tata cara pembacaan niatnya cukup dilafadzkan secara pelan di dalam hati saja. Tak perlu mengucapkannya dengan suara lantang seperti yang dilakukan oleh imam ketika sholat berjamaah. Yang penting diniatkan dengan tulus dan khusyu'.

Untuk bacaan niatnya, silahkan simak penjelasan mengenai lafadz bacaan doa niat sholat tahajud sendiri yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa.

Artinya:
"Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat tahajud dilaksanakan pada malam hari ketika anak-anak dan sebagian besar orang telah tertidur. Melaksanakan sholat pada malam hari dapat meningkatkan tingkat kekhusyu'an dalam ibadah sholat sunnah.

Ada tiga waktu utama dan mustajab melaksanakan ibadah sholat tahajud, yakni sepertiga malam pertama sejak sholat isya hingga pukul 10 malam, sepertiga malam kedua dimulai sejak pukul 10 malam hingga 1 dinihari, dan sepertiga malam terakhir sejak pukul 1 malam hingga datang waktu sholat subuh.

Untuk pelaksanaan yang paling mustajab adalah pada sepertiga malam terakhir. Rasulullah SAW pun menganjurkan demikian. Dan sebaiknya kerjakan sholat tahajud setelah tidur terlebih dahulu. Untuk tata caranya, berikut adalah langkah-langkah sholat tahajud lengkap.
  • Membaca niat sholat tahajud.
  • Membaca takbiratul ikhram.
  • Membaca doa iftitah sholat.
  • Membaca surat Al-Fatihah dan salah satu surat pendek pada Al-Quran.
  • Melaksanakan ruku' sambil membaca doa.
  • Melaksanakan i'tidal sambil membaca doa.
  • Melaksanakan sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk.
  • Melaksanakan tahiyat awal dan akhir pada rakaat kedua.
  • Membaca salam untuk mengakhiri sholat.

Khusus untuk bacaan takbiratul ikhram, duku' dan lain-lain tidak akan kami bahas di sini karena insya Allah kita semua sudah mengetahuinya. Bagi yang belum, boleh membaca pada artikel tata cara sholat.

Kesimpulan
Demikian ulasan tentang niat doa sholat tahajud, jam 2, jam 3, berjamaah, jam 12 malam, jam setengah 4, jam berapa, dzikir, niat sholat tahajud dan witir, tata cara sholat tahajud beserta bacaannya, sesuai sunnah, keajaiban, manfaat, berapa rakaat, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>