Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Doa Sholat Mutlak dan Manfaatnya Untuk Apa

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Niat doa sholat mutlak. Sholat mutlak merupakan ibadah sholat sunnah yang dikerjakan tanpa alasan apapun. Hanya dikerjakan saja, tidak ada sebab atau alasan mengapa sholat ini perlu ditunaikan. Ini sedikit berbeda dengan ibadah sholat sunnah lainnya.

sholat mutlak

Misalnya seperti sholat hajat yang dikerjaka bila ingin permohonan dikabulkan, sholat istisqo bila ingin hujan turun, atau sholat gerhana matahari yang dilaksanakan untuk memperingati peristiwa fenomena gerhana matahari yang langka.

Namun meski demikian, sholat sunnah mutlak ini memiliki beragam manfaat yang baik serta keutamaan dan keistimewaan yang apabila umat muslim tahu, maka akan segera berbondong-bondong untuk menunaikannya.

Sebelum membahas tentang untuk apa saja manfaat dari menunaikan ibadah sholat sunnah mutlak, terlebih dahulu di sini kami akan menjelaskan mengenai niat beserta tata cara pelaksanaan sholat sunnah mutlak dua rakaat.

Mudah-mudahan dengan adanya penjelasan lengkap mengenai ibadah sholat sunnah mutlak dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan keinginan dalam hati kita agar mau menunaikan ibadah sholat sunnah mutlak. Silahkan disimak.

Niat Sholat Mutlak

niat sholat mutlak

Oleh karena sholat mutlak merupakan ibadah sholat sunnah yang dikerjakan tanpa sebab, maka ibadah ini tidak dikerjakan secara berjamaah sehingga tidak ada bacaan niat sholat sunnah mutlak sebagai imam ataupun makmum.

Yang ada hanyalah ibadah sholat sunnah mutlak sebagai diri sendiri atau munfarid saja karena memang ibadah sholat mutlak dilaksanakan atas dasar kemauan masing-masing pribadi seseorang. Dalam membaca niat, perlu diperhatikan bagaimana bacaanya.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini mengenai bacaan niat sholat sunnah mutlak dalam bahasa Arab, tulisan latin sebagai syakalnya, lengkap dengan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih yang benar.

اُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالٰى. اَللهُ اَكْبَرْ

Ushalli sunnatar rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Allaahu akbar.

Artinya:
"Aku niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allaahu akbar."

Manfaat Sholat Mutlak Untuk Apa

Lalu apa sih sebenarnya keuntungan, manfaat, khasiat, faedah, fadhilah, keistimewaan atau keutamaan sholat sunnah mutlak? Mengapa kita harus mengerjakannya? Nah di bawah ini ada beberapa manfaat yang diperoleh bila kita menunaikannya:
  • Merupakan ibadah sholat sunnah yang dapat menutupi kekurangan yang dilaksanakan pada sholat wajib.
  • Merupakan ibadah sholat sunnah yang bila dikerjakan dapat menghapus dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.
  • Membuat kita menjadi semakin dekat dengan para rasul termasuk Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW.
  • Merupakan ibadah sholat yang sebaik-baiknya amalan.
  • Serta dapat menggapai wali Allah SWT yang terdepan.

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang niat doa sholat mutlak, sebelum ashar, di raudhah, 2 rakaat, latin, dalam bahasa arab, di hijir ismail, jumlat, nu, niat sholat mutlak, muthlaq, mutlaq, adalah, tata cara sholat mutlak dan bacaanya, nu, rabu wekasan, sunnah, hajat, dan niatnya lengkap.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Doa Sholat Mutlak dan Manfaatnya Untuk Apa"