Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Doa Tata Cara Sholat Jumat Imam dan Makmum

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Niat dan tata cara sholat jumat. Sholat jumat merupakan salah satu ibadah sholat wajib selain sholat 5 waktu yang harus dikerjakan oleh para lelaki muslim yang sudah baligh atau bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

sholat jumat

Bagi yang tidak mengerjakan sholat jumat selama 3 kali berturut-turut maka akan dianggap sebagai orang kafir. Sementara untuk wanita tidak wajib menjalankan ibadah sholat jumat berjamaah dan tetap menunaikan ibadah sholat dzuhur pada hari jumat.

Selain itu, untuk menyempurnakan ibadah pada hari jumat, sebelum sholat jumat maka laksanakanlah mandi hari jumat terlebih dahulu untuk membersihkan segala najis dan kotoran yang menempel pada sekujur tubuh.

Jangan lupa membaca doa berjalan menuju masjid ketika hendak pergi menunaikan ibadah sholat jumat berjamaah. Selain itu, ketika sampai, jangan lupa untuk melafadzkan doa masuk masjid agar amalan di hari jumat menjadi semakin sempurna.

Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang bacaan doa niat sholat jumat yang benar sesuai sunnah, selain itu kami juga ingin membahas tentang tata cara melaksanakannya dari rakaat pertama hingga rakaat terakhir silahkan disimak.

Bacaan Niat Sholat Jumat

niat sholat jumat

Sholat jumat hanya boleh dikerjakan secara berjamaah, maka dari itu pembacaan niatnya hanya untuk imam atau makmum saja, tidak ada bacaan niat sholat jumat untuk diri sendiri atau munfarid karena sholat jumat bukan merupakan sholat wajib yang dikerjakan sendiri.

Bagi imam, setelah membaca niat maka membaca takbiratul ikhram dengan suara yang lantang kemudian setelah itu, makmum mengikuti imam dengan membaca bacaan niat sholat jumat secara pelan dari dalam hati.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak penjelasan tentang bacaan doa lafadz niat sholat jumat yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

1. Niat Sholat Jumat Sebagai Imam

Bagi yang bertindak atau berperan sebagai imam, silahkan simak penjelasan berikut tentang bacaan niat menunaikan ibadah sholat jumat sebagai imam lengkap.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya:
"Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta’ala."

2. Niat Sholat Jumat Sebagai Makmum

Untuk makmum, silahkan ikuti bacaan niat sholat jumat yang benar berikut ini dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaama lillaahi ta’aala.

Artinya:
"Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta’ala."

Tata Cara dan Bacaan Doa Sholat Jumat

Cara mengerjakan sholat jumat adalah dengan mengerjakan 2 rakaat terlebih dahulu untuk sholat qabliyah jumat dan 2 rakaat selanjutnya untuk sholat jumat. Khusus untuk sholat jumat yang dikerjakan sebanyak 2 rakaat, pembacaan surat Al-Fatihah dan suratan pendek Al-Quran dibaca keras oleh imam tidak seperti sholat siang hari atau sholat dzuhur pada umumnya.

Jadi bagi yang bertanya sholat jumat berapa jumlah rakaatnya, maka jawabannya adalah 2 rakaat dan apabila ada yang bertanya apakah sholat jumat bisa dikerjakan sendiri maka jawabannya adalah tidak karena sholat jumat harus dikerjakan di masjid secara berjamaah.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan tentang tata cara dan bacaan doa sholat jumat yang benar sesuai sunnah, panduan, tuntunan lengkap menunaikan ibadah sholat jumat berjamaah di masjid.
  • Pertama membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian membaca takbiratul ikhram.
  • Jika sudah membaca takbiratul ikhram, diteruskan dengan melafadzkan doa iftitah.
  • Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan satu surat pendek di dalam Al-Quran.
  • Kemudian setelah itu laksanakan ruku' dengan membungkukkan setengah badan ke depan sambil membaca doa.
  • Dilanjutkan dengan i'tidal atau berdiri kembali sambil membaca doa.
  • Kemudian lakukan sujud sebanyak dua kali dengan diselingi duduk ifitirasy sambil membaca doa.
  • Pada rakaat kedua atau rakaat terakhir, bacalah bacaan tahiyat awal dan akhir.
  • Kemudian tutup sholat dengan mengucap salam sebanyak dua kali.

Untuk pembacaan doa sholatnya, mulai dari doa saat ruku, i'tidal, sujud dan seterusnya secara lengkap kami telah menuliskannya pada artikel tata cara dan doa sholat.

Kesimpulan
Itu dia penjelasan tentang niat doa sholat jumat, latin, imam, lengkap, bagi wanita, perempuan, pertama, sebelum, sebagai makmum, bacaan lafadz niat sholat jumat sesuai sunnah dan tata caranya, sunat-sunat sholat jumat.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Doa Tata Cara Sholat Jumat Imam dan Makmum"