Niat Doa Sholat Istisqo Minta Hujan Imam dan Makmum

Niat Doa Sholat Istisqo Minta Hujan Imam dan Makmum
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Niat doa sholat iqtisqo. Di Indonesia, musim hujan datang sekali dalam setahun, lamanya sekitar 6 bulan dan ketika hujan tiba, patut kita syukuri salah satunya dengan mengucapkan doa ketika turun hujan atau dengan sujud syukur.

sholat istisqo

Sebab hujan merupakan berkah bagi manusia di bumi. Air hujan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti mandi, wudhu, mencuci baju, pakaian, piring dan gelas, hingga untuk keperluan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, kadang ada kalanya musim kemarau datang lebih lama sehingga hujan tak kunjung datang. Sebagai manusia, kita tak bisa berbuat apa-apa terhadap cuaca, yang dapat kita lakukan adalah memohon kepada Allah SWT.

Upaya untuk memohon agar hujan turun dapat dilaksanakan dengan doa maupun sholat istisqo. Untuk sholat istisqo, dapat dilakukan secara khusus meminta kepada Allah SWT untuk menurunkan hujan di wilayah tempat tinggal kita.

Bagaimanapun, Allah SWT adalah Tuhan yang maha mengatur segala sesuatu yang ada di muka bumi, termasuk kapan turunnya hujan. Bagi yang ingin melaksankanan sholat istisqo namun belum tahu tuntunan dan panduannya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Bacaan Niat Sholat Istisqo

niat sholat istisqo

Sholat istisqo dikerjakan secara berjamaah, bukan oleh diri sendiri. Maka dari itu, bacaan niatnya terdiri dari dua yakni niat sholat istisqo untuk imam dan niat sholat istisqo untuk makmum atau jamaah sholat.

Adapun niat sholat untuk imam dibaca secara pelan, namun ketika membaca takbiratul ikhram dibaca dengan suara yang lantang sehingga terdengar sampai barisan shaf jamaah paling belakang. Sementara makmum membaca dengan suara pelan setelah imam mengumandangkan takbiratul ikhram.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat istisqo yang benar sesuai sunnah dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap berdasarkan hadist shahih silahkan disimak.

1. Niat Sholat Istisqo Sebagai Imam

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat istisqo sebagai imam yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلإِسْتِسْقَاءِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatal Istisqa’i rak’ataini imaaman lillahi ta’ala.

Artinya:
"Saya Niat Salat Sunah Istisqa’ Dua Rakaat sebagai imam karena Allah Ta’ala."

2. Niat Sholat Istisqo Sebagai Makmum

Di bawah ini merupakan lafadz teks doa niat sholat istisqo yang diucapkan jemaah untuk mengawali sholat istisqo atau sholat minta hujan.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلإِسْتِسْقَاءِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatal Istisqa’i rak’ataini ma'muuman Lillahi Ta’ala.

Artinya:
"Saya Niat Salat Sunah Istisqa’ Dua Rakaat sebagai makmum karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Istisqo

Sholat istisqo dilaksanakan secara berjamaah, yakni dilakukan pada lapangan atau area terbuka, bukan di dalam masjid seperti melaksanakan sholat berjamaah pada umumnya dan sebaiknya dilaksanakan pada pagi hari sekitar waktu dhuha. Gunakan tikar sebagai alas utama ditambah sajadah agar tempat sholat istisqo tetap suci.

Sholat istisqo dilaksakanans sebanyak dua rakaat (2 rakaat) dengan satu kali salam. Sama seperti sholat subuh namun tanpa adanya bacaan qunut sholat. Lakukan seperti biasa mulai dari membaca niat hingga salam. Adapun langkah-langkah melaksanakan sholat istisqo adalah sebagai berikut:
  • Membaca niat sholat istisqo.
  • Membaca takbiratul ikhram.
  • Membaca doa iftitah sholat.
  • Membaca surat Al-Fatihah dan salah satu surat pendek pada Al-Quran.
  • Melaksanakan ruku' sambil membaca doa.
  • Melaksanakan i'tidal sambil membaca doa.
  • Melaksanakan sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk.
  • Melaksanakan tahiyat awal dan akhir pada rakaat kedua.
  • Membaca salam untuk mengakhiri sholat.

Untuk masing-masing bacaan pada ruku', i'tidal, sujud, tahiyat awal dan akhir hingga salam sama seperti bacaan sholat pada umumnya. Anda bisa mempelajarinya lebih lengkap pada artikel tata cara sholat.

Kesimpulan
Itulah penjelasan tentang niat doa sholat istisqo, khutbah, bolehkah sholat istisqo sendirian, hikmah, sholat minta hujan sendiri, berapa rakaat, doa minta hujan sesuai sunnah, cara sholat minta hujan, sholat istighosah, kapan dikerjakan, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>