Niat Doa Sholat Istikharah Minta Petunjuk Sesuai Sunnah

Niat Doa Sholat Istikharah Minta Petunjuk Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Niat doa sholat istikharah. Sholat istikharah merupakan ibadah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari untuk meminta petunjuk dari Allah SWT atas segala sesuatu yang kita hadapi di dunia ini.

sholat istikharah

Misalnya jika ingin meminta petunjuk soal jodoh, bingung menentukan dua pilihan, petunjuk soal pekerjaan, universitas atau kampus yang ingin dituju setelah lulus SMA, hingga petunjuk bagaimana membuat keputusan yang bijak soal masa depan.

Sholat istikharah merupakan sholat yang sangat baik untuk diamalkan bagi yang kebingungan dalam menentukan pilihan di antara dua pilihan yang tersedia. Untuk tata cara pelaksanaan atau panduan akan kami bahas di bawah ini secara lengkap.

Pembahasan yang akan kami informasikan di bawah ini meliputi niat sholat istikharah serta tata cara melaksanakan sholat istikharah lengkap dengan panduan dan langkah-langkah mengerjakannya untuk laki-laki dan perempuan.

Bagi yang baru mengenal sholat istikharah, khususnya anak-anak atau mualaf, dapat membaca artikel di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara melaksanakannya. Langsung saja tanpa basa basi, berikut adalah penjelasannya.

Bacaan Niat Sholat Istikharah

niat sholat istikharah

Sama seperti niat sholat tahajud, niat sholat istikharah juga hanya terdiri dari satu yakni niat sholat untuk diri sendiri atau munfarid. Sholat ini tidak dilakukan secara berjamaah oleh karena itu tidak ada lafadz bacaan niat sholat istikharah untuk imam dan makmum.

Untuk pembacaannya, silahkan lakukan dengan pelan dari dalam hati, tidak perlu diucapkan dengan suara lantang seperti yang dilakukan oleh imam pada saat melaksanakan ibadah sholat wajib berjamaah.

Adapun lafadz bacaan doa niat sholat istikharah untuk diri sendiri atau munfarid dapat dibaca pada teks, lafadz doa niat sholat istikharah sesuai sunnah, yang benar, berdasarkan hadist shahih di bawah ini dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Istikharah

Sholat istikharah dikerjakan secara sendiri-sendiri, tidak berjamaah dan dilakukan pada malam hari. Jika pada sepertiga malam terakhir kita dianjurkan mengerjakan sholat tahajud setelah tidur, maka sholat istikharah dapat dilaksankan pada sepertiga malam pertama (sholat isya - 10 malam).

Melaksanakan sholat istikharah tak perlu tidur terlebih dahulu. Yang penting kita bisa beribadah dengan khusyu' untuk memohon kepada Allah SWT agar kita diberi petunjuk untuk menentukan pilihan atau menyelesaikan masalah. Berikut adalah tata cara ibadah sholat istikharah lengkap.
  • Membaca niat sholat istikharah.
  • Membaca takbiratul ikhram.
  • Membaca doa iftitah sholat.
  • Membaca surat Al-Fatihah dan salah satu surat pendek pada Al-Quran.
  • Melaksanakan ruku' sambil membaca doa.
  • Melaksanakan i'tidal sambil membaca doa.
  • Melaksanakan sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk.
  • Melaksanakan tahiyat awal dan akhir pada rakaat kedua.
  • Membaca salam untuk mengakhiri sholat.

Bacaan takbiratul ikhram, ruku, i'tidal, sujud, tahiyat awal dan akhir hingga salam sama seperti bacaan sholat wajib atau sunnah pada ummunya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada artikel tata cara sholat.

Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai niat doa sholat istikharah, nu, dan tahajud, bacaan latin, muhammadiyah, sholat istikharah untuk jodoh, dan cara melakukannya, cara, waktu terbaik, tanda jawaban, waktu sholat istikharah terbaik minta petunjuk jodoh, lengkap, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>