Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Doa Sholat Idul Fitri dan Bacaan Setiap Takbir

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Niat doa sholat idul fitri. Setelah selama 30 hari menjalani ibadah puasa ramadhan, ketika memasuki tanggal 1 syawal, maka ibadah panjang di bulan suci tersebut telah berakhir serta wajib kita rayakan.

sholat idul fitri

Untuk merayakan berakhirnya bulan penuh berkah tersebut, sholat Idul Fitri dilaksanakan. Sholat idul fitri disebut juga dengan sholat id, ied, sholat lebaran, atau sholat hari raya, merupakan sholat sunnah yang sangat langka karena hanya dikerjakan setahun sekali dalam penanggalan hijriyah.

Sholat sunnah idul fitri ini sendiri cukup unik. Meski merupakan sholat sunnah, namun banyak umat muslim yang berbondong-bondong menunaikannya meski mereka kesehariannya tidak menunaikan ibadah sholat wajib seperti subuh, dzuhur, ashar, maghrib, hingga isya.

Nah pada kesempatan kali ini kami ingin menjelaskan bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah sholat sunnah idul fitri mulai dari pembacaan niat hingga doa dan gerakan pada setiap rakaat sholat. Selain itu kami juga akan membahas tentang bacaan setiap takbir pada ibadah sholat sunnah idul fitri.

Mudah-mudahan informais yang dibagikan di bawah ini dapat menjadi informasi yang jelas agar para umat muslim yang belum bisa melaksanakan ibadah sholat sunnah idul fitri bisa memahaminya, khususnya anak-anak dan mualaf. Silahkan disimak.

Niat Sholat Idul Fitri

Sholat sunnah idul fitri seperti yang kita tahu dilaksanakan secara berjamaah, maka dari itu dalam pembacaan niatnya hanya ada bacaan niat sholat sunnah idul fitri sebagai imam atau pemimpin sholat maupun sebagai makmum atau peserta sholat.

Sholat idul fitri tidak dilaksanakan secara munfarid atau sendiri sebab ibadah sholat sunnah ini memang harus dilaksanakan secara bersama-sama. Di bawah ini akan kami jelaskan bacaan niat sholat idul fitri lengkap dengan syakalnya.

Sebagai syakal, akan kami jelaskan dalam tulisan latin. Langsung saja, simak ulasan bacaan doa niat sholat idul fitri yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

1. Niat Sholat Idul Fitri Sebagai Imam

niat sholat idul fitri imam

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai bacaan niat sholat idul fitri sebagai imam yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِإِمَامًا لِلهِ تَعَــــالَى

Usholli rak’ataini sunnatan li’idil fitri imaman lillahi ta’ala

Artinya:
"Aku berniat shalat sunnah idul fitri dua rakaat menjadi imam karena Allah ta’ala."

2. Niat Sholat Idul Fitri Sebagai Makmum

niat sholat idul fitri makmum

Di bawah ini merupakan lafadz bacaan niat sholat idul fitri sebagai makmum dalam bahasa Arab, latin sebagai syakal, dan terjemahan Indonesia lengkap.

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرمَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَــــالَى

Usholli rak’ataini sunnatan li’idil fitri ma’muman lillahi ta’ala

Artinya:
"Aku berniat shalat sunnah idul fitri dua rakaat menjadi makmum karena Allah ta’ala."

Tata Cara Doa Bacaan Setiap Takbir Sholat Idul Fitri

Sholat idul fitri dikerjakan pada saat waktu dhuha atau sekitar pukul 07.00 - 09.00 bila di Indonesia, ketika matahari belum terlalu terik namun sudah tampak di langit. Sholat idul fitri dikerjakan secara berjamaah di masjid atau lapangan yang luas namun tetap suci untuk dijadikan tempat ibadah.

Dalam menjalankan ibadah sholat idul fitri, sebelum sholat biasanya para jamaah sholat membaca takbir mulai sejak sholat isya di hari sebelumnya hingga sesaat sebelum sholat idul fitri dilaksanakan. Tujuannya untuk mengagungkan nama Allah SWT sebab telah memberi kita kekuatan untuk kuat menjalani ibadah puasa selama 30 hari.

Sholat idul fitri juga hampir mirip seperti sholat jumat, sebab sebelum sholat juga diadakan ceramah singkat atau khutbah yang dibacakan oleh imam. Dan berikut adalah ulasan lengkap mengenai tata cara melaksanakan sholat idul fitri lengkap dengan jumlah bacaan takbir setiap rakaatnya.
  • Pertama membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Dilanjurkan dengan membaca takbiratul ikhram diteruskan dengan doa iftitah.
  • Kemudian pada rakaat pertama dianjurkan membaca takbir sebanyak 7 kali dan pada rakaat kedua sebanyak 5 kali.
  • Setelah membaca takbir, diteruskan dengan membaca surat Al-fatihah dan salah satu surat pendek dalam Al-Quran.
  • Kemudian jika sudah, lakukan ruku' dengan membaca doa ruku'.
  • Lalu berdiri lagi dengan posisi tegak dan tangan diluruskan ke bawah sambil membaca doa i'tidal.
  • Selanjutnya sujud sebanyak 2 kali diselingi dengan duduk iftirasy sambil membaca doa pada masing-masing gerakan.
  • Jika sudah, berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua dari mulai takbir hingga sujud.
  • Setelah sujud pada rakaat kedua, diteruskan dengan membaca doa tasyahud awal dan akhir.
  • Kemudian sholat diakhiri dengan membaca doa salam.

Itu dia penjelasan mengenai tata cara sholat idul fitri lengkap dengan bacaan sholat serta jumlah takbir setiap rakaatnya. Untuk lebih jelasnya mengenai masing-masing bacaan doa pada gerakan sholat idul fitri, dapat dipelajari lebih lanjut pada tata cara dan doa sholat.

Kesimpulan
Sekian ulasan mengenai niat doa sholat idul fitri, lengkap dengan syakalnya, imam dan makmum, dan sholat idul adha, beserta artinya, arab, latin, bahasa arab, dan tata caranya, niat sholat idul fitri jika dilafalkan adalah, tata cara sholat idul fitri di rumah, sendirian, muhammadiyah, nu, dan bacaannya, gambarnya, lengkap.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Doa Sholat Idul Fitri dan Bacaan Setiap Takbir"