Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Doa dan Tata Cara Sholat Hajat yang Mustajab

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Niat doa sholat hajat. Sebelumnya kami telah memublikasikan artikel tentang tata cara doa yang baik agar dikabulkan. Pada artikel tersebut dijelaskan bagaimana seharusnya kita berdoa apabila mau keinginan dan harapan dikabulkan oleh Allah SWT.

sholat hajat

Memang manusia merupakan makhluk yang banyak maunya. Sudah diberi ini masih saja minta sesuatu yang lebih tinggi. Namun itu tidak masalah asalkan masih dalam konteks yang positif. Misalnya, keinginan untuk bertambah pintar, menjadi juara kelas, mendapat rezeki yang berlimpah untuk menafkahi istri dan anak, serta sebagainya.

Yang tidak boleh itu keinginan yang jahat dan merugikan orang lain. Namun tentunya keinginan-keinginan yang tidak baik dan bersifat negatif tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT. Allah SWT hanya mengabulkan keinginan mereka yang jika menurut Allah SWT itu baik.

Jadi, apabila keinginan Anda baik, insya Allah pasti Allah SWT akan mengabulkannya. Yang perlu kita lakukan hanyalah berdoa saja. Selain berdoa, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan ibadah sholat sunnah hajat yang mustajab..

Sholat sunnah hajat yang mustajab merupakan ibadah sholat sunnah yang khusus dikerjakan untuk memohon agar hajat dikabulkan seperti hajat jodoh, pasangan, keturunan, pekerjaan, jabatan, pangkat, dan lain sebagainya. Ibadah ini hampir mirip dengan puasa hajat. Nah bagi yang belum tahu tata pelaksanaannya, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Niat Sholat Hajat yang Mustajab

niat sholat hajat

Sholat hajat biasa dilaksanakan secara sendiri-sendiri, jadi hanya terdapat bacaan niat sholat hajat munfarid atau mandiri. Untuk pembacaan niat sholat hajat berjamaah sebagai imam atau makmum tidak ada, karena memang sholat ini tidak ditunaikan secara bersama-sama.

Dalam membaca niat sholat hajat yang mustajab, tentunya niat harus dibaca dengan khusyu dari dalam hati. Makin khusyu ibadah sholat sunnah hajat yang dilaksanakan, insya Allah Allah SWT akan memudahkan jalan kita untuk meraih apa yang kita mau.

Di bawah ini merupakan bacaan niat sholat hajat yang mustajab dalam bahasa Arab, tulisan latin sebagai syakalnya agar lebih mudah memahami cara membacanya, dan artinya atau terjemahan Indonesia yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya:
"Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara dan Doa Sholat Hajat yang Mustajab

Sholat sunnah hajat yang mustajab dikerjakan sebanyak dua rakaat pada waktu kapan saja kecuali di waktu-waktu yang diharamkan sholat seperti pada saat terbit fajar, ketika matahari tepat berada di atas kepala, hingga pada saat sore hari ketika matahari berwarna kemerahan.

Sholat hajat akan lebih mustajab bila dikerjakan pada malam hari sebab saat kebanyakan orang telah tertidur, maka suasana malam akan menjadi lebih hening sehingga kita pun dapat menjalankan ibadah dengan lebih khusyu dan tenang.

Selebihnya, dalam pelaksanaan sholat hajat sama seperti pelaksanaan ibadah sholat sunnah pada umumnya mulai dari membaca niat hingga salam. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan mengenai bacaan doa dan tata cara sholat hajat yang mustajab berikut ini:
  • Pertama membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Dilanjurkan dengan membaca takbiratul ikhram diteruskan dengan doa iftitah.
  • Setelah membaca takbir, diteruskan dengan membaca surat Al-fatihah dan salah satu surat pendek dalam Al-Quran.
  • Kemudian jika sudah, lakukan ruku' dengan membaca doa ruku'.
  • Lalu berdiri lagi dengan posisi tegak dan tangan diluruskan ke bawah sambil membaca doa i'tidal.
  • Selanjutnya sujud sebanyak 2 kali diselingi dengan duduk iftirasy sambil membaca doa pada masing-masing gerakan.
  • Jika sudah, berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua dari mulai pembacaan surat Al-Fatihah hingga sujud.
  • Setelah sujud pada rakaat kedua, diteruskan dengan membaca doa tasyahud awal dan akhir.
  • Kemudian sholat diakhiri dengan membaca doa salam.

Dalam setiap gerakan sholat ada bacaan yang berbeda-beda mulai dari bacaan ruku', i'tidal, iftirasy, sujud, tasyahud awal dan akhir, hingga salam. Masing-masing doa pada bacaan tersebut telah kami jelaskan pada artikel tata cara dan doa sholat.

Kesimpulan
Sekian penjelasan lengkap tentang niat doa sholat hajat, nu, dan taubat, latin, dan tahajud, 4 rakaat, bahasa arab, indonesia, beserta tata caranya, dan doanya, manfaatnya, tata cara sholat hajat dan bacaannya, muhamadiyah, 4 rakaat 1 salam, jodoh, 12 rakaat, dan waktu, beserta doanya lengkap.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Doa dan Tata Cara Sholat Hajat yang Mustajab"