Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Doa Sholat Gerhana Matahari Cincin dan Tata Caranya

Daftar Isi [Tampil]

Mustafalan.com - Niat doa sholat gerhana matahari. Salah satu ibadah sholat sunnah yang paling langka adalah ibadah sholat sunnah gerhana matahari cincin, sebab ibadah sholat sunnah tersebut hanya terjadi dalam kondisi ada gerhana matahari saja.

sholat gerhana matahari

Kita tahu sendiri bahwa gerhana matahari merupakan fenomena yang langka. Maka dari itu, apabila dalam hidup kita menyaksikan satu fenomena yang amat langka ini, tidak ada salahnya untuk mengabadikannya salah satunya dengan melaksanakan ibadah sholat sunnah gerhana matahari.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan berbagia penjelasan tentang ibadah sholat gerhana matahari cincin mulai dari penjelasan secara lengkap bacaan niat sholat gerhana matahari dalam bacaan tajwid lengkap dengan syakalnya, serta tata cara dan doa pelaksanaan gerhana matahari cincin.

Sebelumnya kami telah memublikasikan beberapa artikel tentang tata cara menunaikan ibadah sholat sunnah seperti sholat tasbih, sholat tahiyatul masjid, dan juga sholat istisqo. Semuanya merupakan ibadah sholat sunnah yang memiliki keutamaan masing-masing.

Nah, mudah-mudahan dengan dibagikannya artikel berisi informasi tentang ibadah sholat sunnah gerhana matahari, dapat menjadi salah satu kunci alasan agar kita semua bisa dan mau menjalankan ibadah sholat sunnah ini apabila tiba waktunya.

Niat Sholat Gerhana Matahari Cincin

niat sholat gerhana matahari

Sholat gerhana matahari cincin dilaksanakan secara berjamaah maka dari itu pembacaan nitnya pun hanya ditujukan untuk dilaksanakan sebagai ibadah sholat berjamaah. Jadi, ada dua versi bacaan niat yakni sebagai imam dan sebagai makmum.

Tidak ada bacaan niat sholat gerhana matahari munfarid atau sendiri-sendiri sebab sholat sunnah gerhana ini memang tidak dikerjakan secara mandiri. Melainkan bersama-sama di lapangan terbuka yang luas agar bisa sekaligus melihat fenomena tersebut.

Di bawah ini merupakan lafadz bacaan doa niat sholat gerhana matahari cincin yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin sebagai syakalnya, serta terjemahan Indonesia atau artinya.


أُصَلِّيْ سُنَّةَ لِكُسُوْفِ الشَّمسِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan likusuufis syamsi rok’taini ma’muman lillahi taa’ala.

Artinya :
"Aku niat shalat sunnah gerhana matahari dua rakaat karena Allah ta’ala."

Tata Cara dan Doa Sholat Gerhana Matahari Cincin

Sholat gerhana dilaksanakan hanya tepat ketika ada gerhana matahari saja. Maka dari itu waktunya sangat terbatas sebab gerhana matahari biasanya hanya berlangsung sekitar 5-10 menit saja meski ada beberapa peristiwa yang menyebabkan gerhana matahari dapat berlangsung lebih lama.

Sholat sunnah ini dikerjakan secara berjamaah di lapangan yang luas, bukan di dalam masjid yang tertutup sebab agar dapat sekaligus melihat fenomena langka dari Allah SWT tersebut sekaligus untuk mengetahui kapan waktu pelaksanaan sholat gerhana dimulai.

Sholat ini cukup dikerjakan 2 rakaat saja sebab waktunya yang memang terbatas. Dalam pelaksanaannya, tata cara mengerjakan sholat gerhana matahari cincin sama seperti sholat sunnah pada umumnya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya mengenai tata cara dan doa sholat sunnah gerhana matahari cincin:
  • Pertama membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Dilanjurkan dengan membaca takbiratul ikhram diteruskan dengan doa iftitah.
  • Setelah membaca takbir, diteruskan dengan membaca surat Al-fatihah dan salah satu surat pendek dalam Al-Quran.
  • Kemudian jika sudah, lakukan ruku' dengan membaca doa ruku'.
  • Lalu berdiri lagi dengan posisi tegak dan tangan diluruskan ke bawah sambil membaca doa i'tidal.
  • Selanjutnya sujud sebanyak 2 kali diselingi dengan duduk iftirasy sambil membaca doa pada masing-masing gerakan.
  • Jika sudah, berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua dari mulai pembacaan surat Al-Fatihah hingga sujud.
  • Setelah sujud pada rakaat kedua, diteruskan dengan membaca doa tasyahud awal dan akhir.
  • Kemudian sholat diakhiri dengan membaca doa salam.

Masing-masing gerakan sholat memiliki bacaan doa yang berbeda-beda. Nah bagi yang belum tahu silahkan baca artikel kami sebelumnya mengenai doa dan tata cara sholat.

Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai niat doa sholat gerhana matahari, cincin, dan bulan, beserta bacaanya, dan tata caranya, arab, sendirian, nu, muhammadiyah, tata cara sholat gerhana matahari total, lengkap, al manhaj, dan bulan, beserta manfaat, keutamaan, dan keistimewaan.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Doa Sholat Gerhana Matahari Cincin dan Tata Caranya"