Niat Doa Tata Cara Sholat Fajar Qabliyah Subuh

Niat Doa Tata Cara Sholat Fajar Qabliyah Subuh
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa sholat fajar. Salah satu sholat sunnah yang paling utama dikerjakan pada pagi hari selain sholat dhuha adalah sholat fajar. Sholat ini disebut juga dengan sholat qabliyah subuh yang dilaksanakan sebelum sholat subuh berjamaah.

sholat fajar

Untuk mengerjakan sholat fajar, muslim dan muslimah dapat menuju ke masjid pada pagi hari untuk menunaikan ibadah sholat subuh berjamaah. Dan sebelum sholat subuh tersebut datang, para muslim dan muslimah dapat menunaikan ibadah sholat fajar terlebih dahulu.

Sholat fajar memiliki banyak sekali keutamaan, khasiat, atau keistimewaan salah satunya adalah barang siapa yang menunaikannya, insya Allah hari-harinya akan dilancaarkan dan dipermudah serta rezekinya dilancarkan.

Selain itu, siapa saja yang menunaikan ibadah sholat fajar sebelum sholat subuh, insya Allah amal baiknya akan dicatat langsung oleh malaikat yang turun ke bumi untuk menyaksikan siapa saja hamba Allah SWT yang menghabiskan paginya untuk beribadah.

Di bawah ini kami ingin menjelaskan secara detail mengenai niat sholat fajar serta tata cara menunaikan atau mengerjakannya. Silahkan simak penjelasan di bawah ini terutama untuk siapa saja yang belum mengetahui tuntunan atau panduannya.

Niat Sholat Fajar

niat sholat fajar

Sholat fajar dilaksanakan sebanyak dua rakaat dan hukumnya sunnah, maka dalam pembacaan niatnya kita mengucapkan rak'ataini serta sunnaatal yang berarti menunaikan ibadah sholat sunnah sebanyak dua rakaat.

Selanjutnya sholat fajar dilaksanakan sendiri tidak berjamaah oleh karena itu tidak ada bacaan niat sholat fajar secara berjamaah sebagai imam maupun makmum. Yang ada hanyalah niat sholat fajar sebagai diri sendiri atau munfarid.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat fajar yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia. Inilah niat sholat fajar atau sholat qabliyah subuh yang benar.

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatash-shubhi rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta'aala.

Artinya:
"Saya niat shalat sunnah sebelum subuh dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

Tata Cara dan Doa Sholat Fajar

Sholat fajar atau sholat qabliyah subuh dilaksanakan pada saat setelah adzan subuh dikumandangkan. Sholat ini dilaksanakan sebanyak dua rakaat dan hukumnya adalah sunnah, boleh ditinggalkan namun apabila menunaikannya akan mendapat pahala yang berlimpah.

Maka dari itu, sangat disayangkan bila kita melewatkan sholat yang begitu mulia untuk menyempurnakan ibadah sholat subuh pada pagi hari. Sempatkanlah sholat fajar sebelum sholat subuh agar hari-hari kita makin diberkahi oleh Allah SWT.

Untuk tata cara pelaksanaannya, Anda bisa mengikuti panduan atau tuntunan sholat sunnah dan sholat wajib pada umumya, yakni secara singkat akan dijelaskan di bawah ini:
  • Pertama, bacalah niat sholat dhuha terlebih dahulu.
  • Kemudian ucapkan takbiratul ikhram diikuti dengan bacaan doa iftitah.
  • Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan salah satu surat pendek dalam Al-Quran.
  • Kemudian diteruskan dengan membaca ruku' sambil doa sebanyak 3 kali.
  • Diteruskan dengan membaca i'tidal sambil doa 1 kali.
  • Lalu lakukan sujud sebanyak dua kali dengna diselingi duduk iftirasy masing-masing dengan membaca doa.
  • Pada rakaat kedua atau terkahir, setelah sujud dan duuk iftirasy diteruskan dengan bacaan tasyahud awal dan akhir dengan gerakan duduk.
  • Setelah itu, sholat diakhiri dengan pembacaan salam.

Untuk masing-masing bacaan sholat fajar, mulai dari ruku', i'tidal, dan lain-lain telah dibahas menjadi satu pada artikel lain. Silahkan baca lebih lanjut pada tata cara sholat wajib dan sunnah.

Kesimpulan
Demikian ulasan mengenai doa sholat fajar, latin, dan terjemahannya, qabliyah subuh, sesuai sunnah, lengkap, dan artinya, doa sholat fajar sebelum subuh, perbedaan sholat fajar dan qabliyah subuh, keutamaan, mengapa, 2 rakaat, niat dan tata cara sholat fajar.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>