Doa Dijauhkan Dari Sifat Iri, Dengki, dan Sombong

Doa Dijauhkan Dari Sifat Iri, Dengki, dan Sombong
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa agar terhindar dari sifat iri dengki sombong. Ketiga sifat yang disebutkan tersebut merupakan sifat yang jelek alias tidak terpuji. Jangan pernah terjerumus ke dalam sifat yang disukai oleh syaitan tersebut.

doa agar dijauhkan dari sifat iri dengki sombong

Caranya adalah dengan terus belajar menahan emosi, menjaga hati, membuka mata, dan memahami keadaan sekitar bahwa apabila kita memiliki sifat iri, dengki, dendam, sombong, atau hasad, itu tidak hanya merugikan diri kita, melainkan juga orang lain.

Selain diri kita akan dikucilkan oleh masyarakat, tentunya apabila memiliki sifat-sifat tersebut kita akan merugikan orang lain contohnya seperti nama baik orang lain tercemar, dirugikan secara materi, dan bahkan mental.

Maka dari itu, teruslah jaga sikap dan hati untuk mengontrol emosi, jangan lupa amalkan wirid dan doa untuk memohon supaya kita dijauhkan dari syaitan yang hendak membisikkan dan membujuk kita untuk melakukan perbuatan buruk.

Beberapa hadits menyebutkan bahwa sifat iri, dengki, dan sombong dapat ditangkal dengan mengamalkan doa khusus, doa yang disebut dalam berbagai hadits tentang sifat tidak terpuji tersebut juga diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW. Langsung saja simak doa-doanya di bawah ini.

Doa Dijauhkan Dari Sifat Iri

doa dijauhkan dari sifat iri

Iri merupakan perasaan tidak suka terhadap kesuksesan, keberhasilan, atau kegembiraan yang diperoleh orang lain. Seperti contohnya hati merasa gunduk ketika orang lain memiliki harta lebih banyak, jabatan lebih tinggi, atau prestasi di bidang akademik.

Allah SWT sangat tidak menyukai salah satu sifat tercela ini. Barangsiapa memendam perasaan iri maka akan mendapat kerugian, bukannya mendapat keuntungan. Untuk menangkal sifat iri, dapat melalui wirid dan dzikir di bawah ini.

Berikut adalah lafadz bacaan doa untuk menjauhkan diri dari sifat iri dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara lengkap, pendek, singkat, ringkas, sesuai sunnah dan berdasarkan hadist shahih.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

Robbanagh firlanaa wa li ikhwaninaladziinaa sabaquuna bil iimaan wa laa taj’al fii qulubiinaa ghillan lil ladinaa aamanu robbanaa rouufur roohiim.

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah dosa‐dosa kami dan dosa‐dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang‐orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

Doa Dijauhkan Dari Sifat Dengki

Sementara sifat dengki memiliki pengertian yang berbeda, jauh lebih buruk. Dengki adalah istiah untuk orang yang memiliki perasaan iri kepada orang lain, kemudian melakukan sesuatu hal yang buruk agar orang lain mendapat kesedihan.

Selain merugikan diri sendiri, sifat dengki atau hasad ini akan merugikan orang lain juga. Maka dari itu kita harus menyadari bahwa sifat ini tidak boleh ada dalam diri kita. Untuk itu, selalu minta pertolonganlah kepada Allah agar menghindarkan kita dari sifat jelek ini.

Ada banyak keutamaan dan keistimewaan dari sifat dengki ini, diantaranya ialah memohon kepada Allah SWT untuk menjaga kita dari segala fitnah, menyelamatkan kita dari berbagai bencana dan cobaan, serta menjadikan kita sebagai orang yang memiliki hati bersih dari iri dan dengki.

اَللَّهُمَّ اعْصِمْنَا مِنْ شَرِّ اْلفِتَنِ، وَعَافِنَا مِنْ جَمِيْعِ اْلبَلَايَا وَاْلمِحَنِ، وَأَصْلِحْ مِنَّا مَا ظَهَرَ وَمَا بَطَنَ، وَنَقِّ قُلُوْبَنَا مِنَ اْلغِلِّ وَاْلحِقْدِ وَاْلحَسَدِ، وَلاَ تَجْعَلْ عَلَيْنَا تَبِعَةً لَأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ يَا اَرْحَمَ اْلرَّاحِمِيْنَ.

Allahumma’shimna min syarril fitani wa ‘afina min jami’il balaya wal mihani wa ashlih minna ma dzaharo wama bathona wa naqqi qulubana minal ghilli wal hiqdi wal hasadi wala taj’al ‘alaina tabi’atan li ahadin min kholqika ya arhamar rohimin.

Artinya:
"Ya Allah, jagalah kami dari kejahatan segala fitnah, selamatkanlah kami dari segala bencana dan cobaan, perbaikilah dari kami apa yang lahir dan yang batin, bersihkanlah hati kami dari iri serta dengki. Dan jangan jadikan kami  pengikut salah satu dari makhluk-Mu, wahai Zat yang Paling Penyayang di antara semua penyayang."

Doa Dijauhkan Dari Sifat Sombong

Terakhir adalah sifat yang tidak terpuji yakni sombong. Sombong merupakan sifat di mana seseorang memuji dirinya sendiri secara berlebihan dan cenderung merendahkan apa yang dimiliki atau diraih oleh orang lain.

Intinya, ketika memiliki sikap ini, sesorang akan meremehkan orang lain, tentu sikap ini jelas merugikan diri kita dan orang lain. Diri kita akan dianggap sebagai orang yang buruk, sedangkan orang lain bisa saja mengalami depresi ketika ditekan terus menerus.

Maka dari itu, amalkanlah bacaan lafadz doa menghindarkan diri dari sifat sombong di bawah ini yang memiliki khasiat atau fadhilah memohon kepada Allah SWT agar selalu rendah hati, tawaduk, dan digolongkan ke dalam orang-orang yang beriman.

اللهم أحيني مسكينا وأمتني مسكينا واحشرني في زمرة المساكين

Allahuma ahyini miskinan, wa amitni miskinan, wahsyurni fi zumratil masakin

Artinya:
"Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan matikanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan kumpulkanlah aku (pada hari kiamat) dalam rombongan orang-orang yang khusyu dan rendah hati."

Kesimpulan
Demikian ulasan mengenai doa dijauhkan dari sifat iri, doa untuk orang yang iri kepada kita, doa agar tidak iri dengan rezeki orang lain, doa dijauhkan dari orang yang berniat jahat, doa orang tersakiti, hasad, doa agar tidak sombong besar kepala, doa terhindar dari sifat sombong.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>