Doa Sebelum Tidur yang Benar Arab Latin dan Artinya

Doa Sebelum Tidur yang Benar Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa malam hari sebelum tidur. Sebelumnya kita telah membahas mengenai doa bangun tidur yang diamalkan pada pagi hari. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas doa sebelum tidur pada malam hari.

doa sebelum tidur yang benar

Doa sebelum tidur ini juga dapat diucapkan pada siang hari, tepatnya ketika hendak tidur. Yang penting, kapan saja pada saat akan tidur amalkankah doa bacaan wirid yang akan ditulis di bawah ini. Insyaallah bagi pengamalnay akan mendapat banyak berkah dari Allah SWT.

Keutamaan dan manfaat dari doa sebelum tidur adalah bagi yang mengamalkannya maka akan diberi ketenangan ketika tidur, dianugerahi mimpi yang indah, dijauhkan dari mimpi buruk, tidur menjadi nyenyak dan bangun tepat waktu yakni pada saat adzan subuh berkumandang.

Bagi yang tidak ingin mengamalkannya pun tidak masalah karena hukum doa mejelan tidur ini adalah sunnah. Namun bagi pengamalnya, insyaallah akan mendapat pahala dari-Nya. Bila Anda merupakan orang yang rajin mengumpulkan pahala, kenapa tidak mulai rutin mengamalkannya?

Bagi yang belum tahu mengenai doa ini, di bawah ini akan kami tuliskan beberapa doa sebelum tidur dalam agama Islam sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang benar. Silahkan simak di bawah ini penjelasannya.

Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah

doa sebelum tidur

Doa sebelum tidur sesuai sunnah yang dimaksud di sini adalah doa yang kerap diajarkan oleh guru ketika kita masih anak-anak dan duduk di bangku PAUD, TK, SD, atau SMP. Mungkin doa ini akna terdengar familiar di telinga kita.

Makna dari doa ini adalah memohon kepada Allah SWT agar tidur kita dapat menjadi berkah, jin dan syaitan tidak mengganggu kita melalui mimpi, dan agar tubuh kita dapat beristirahat dengan total sehingga saat bangun semua energi terkumpul kembali.

Langsung saja silahkan simak di bawah ini bacaan doa lafadz sebelum tidur sesuai sunnah berdasarkan dalil dan hadits yang shahih dan benar doa ketika akan tidur ditulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesia singkat, padat, dan jelas.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya:
"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati."

Doa Sebelum Tidur yang Benar

Selain doa di atas, ada pula doa yang lebih panjang dan lengkap yang dapat dibaca saat mau tidur. Doa yang panjang ini bersumber dari hadits shahih dan dapat dijadikan wirid atau dzikir menjelang tidur pada malam hari.

Berikut adalah lafadz bacaan doa sebelum tidur bahasa Arab, latin dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadits yang shahih, dalil yang benar, dan lengkap.

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya:
"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya."

Kesimpulan
Sekian mengenai doa sebelum tidur, untuk agama islam, sesuai sunnah, rumi, kelebihan doa sebelum tidur, latin, rumi, doa menjelang tidur malam, doa tidur nyenyak, doa akan, mau, hendak, ingin tidur. doa sebelum tidur agar dia ingat kita, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>