Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah Arab Latin dan Artinya

Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa masuk masjid lengkap sesuai sunnah. Selain membaca doa saat keluar masjid, kita juga harus berdoa ketika hendak mmeasuki masjid. Tentu diawali dengan langkah kaki kanan terlebih dahulu karen masjid merupakan tempat yang suci.

doa masuk masjid sesuai sunnah

Doa memasuki masjid juga dapat diucapkan ketika memasuki mushola, masjidil haram, masjid nabawi, masjid al-aqsa, istiqlal dan masjid-masjid lain di seluruh dunia. Banyak sekali keutamaan dari membaca doa memasuki masjid ini, diantaranya ialah Allah SWT akan melipatgandakan pahala dari ibadah yang kita kerjakan di masjid.

Sebelumnya kami juga telah mempublikasikan bacaan doa berangkat menuju masjid. Doa tersebut sangat baik dilafadzkan ketika sedang dalam perjalanan menuju masjid. Dan doa masuk ke dalam masjid diucapkan ketika telah sampai di pintu masjid dan hendak memasuki area dalamnya.

Perlu diingat bahwa doa ini bukan merupakan kewajiban, melainkan sunnah yang sangat dianjurkan. Apabila ditinggalkan tidak mendapat dosa namun bila dikerjakan maka kita akan mendapat pahala yang berlimpah.

Doa ini telah diajarkan ketika kita masih duduk di bangku PAUD, TK, SD, hingga SMP. Bagi yang jarang mengamalkannya pasti akan lupa. Maka dari itu kami buat artikel ini sebagai media pembelajaran termasuk untuk diri kami sendiri yang kadang lupa bacaan doa. Silahkan disimak.

Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah

doa masuk masjid

Yang pertam adalah doa memasuki masjid yang pendek sesuai sunnah. Makna dari doa ini adalah kita memohon kepada Allah SWT agar setelah membuka pintu masjid, Allah Ta'ala turut serta memberikan rahmat-rahmatnya kepada kita.

Rahmat yang diberikan meliputi rahmat agar dapat beribadah dengan khusyu', tidak ada gangguan ketika sholat atau membaca Al-Quran, dan dapat melaksanakan ibadah berdiam diri, takbir, atau semacamnya dengan lancar di masjid.

Silahkan simak bacaan doa masuk masjid yang singkat, pendek, dan ringkas di bawah ini ditulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya:
"Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu."

Doa Masuk Masjid Lengkap

Selain doa pendek di atas, ada pula doa masuk masjid yang lebih panjang dan lengkap. Tentu makna dan keistimewaan doa ini lebih banyak dibanding sebelumnya dan doa ini sangat jarang diamalkan oleh muslim atau muslimah.

Makna dari doa ini adalah kita memohon perlindungan kepada Allah dari syaitan-syaitan yang terkutuk yang mungkin menyertai kita ketika berada dalam perjalanan menunju masjid atau waktu-waktu sebelumnya.

Selain itu, kita juga memohonkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, junjungan kita yang agung. Terahir, kita memohon agar Allah SWT mengampuni dosa kita dan membukaka pintu rahmat dan berkat kepada kita.

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A‘udzu billahil ‘azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim. Bismillahi wal hamdulillah. Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin. Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba rahmatik.

Artinya:
"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu."

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai doa masuk masjid nabawi, latin, sesuai sunnah, sholat masuk masjid, tulislah doa ketika masuk ke dalam masjid, doa sebelum masuk mushola, doa memasuki tempat ibadah umat islam laki-laki muslim perempuan muslimah.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>