Doa Bercermin, Berhias, Berkaca Arab dan Latinnya

Doa Bercermin, Berhias, Berkaca Arab dan Latinnya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa ketika bercermin, berhias, dan berkaca. Seperti yang kita tahu bahwa manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Tidak ada manusia yang sempurna, ditambah dengan bisikan dan godaan syaitan dapat membuat manusia melakukan hal-hal yang tidak disukai oleh Allah SWT.

doa bercermin berkaca berhias

Salah satunya ialah ketika kita menghadap ke cermin untuk berhias atau berdandan. Ketika bercermin, ada kemungkinan manusia akan bersikap sombong, menyanjung tinggi penampilan diri sendiri bahkan cenderung merendahkan dan mengejek orang lain.

Mungkin tidak semua manusia demikian, dan kami juga tidak dapat menggeneralisir seperti itu, namun hanya untuk antisipasi saja, karena godaan syaitan ada di mana-mana, syaitan suka membisikkan ke telinga kita agar kita melakukan hal-hal buruk.

Maka dari itu ada anjuran untuk membaca doa ketika bercermin, berkaca, berhias, berdandan, atau melihat kaca yang ditulis dalam beberapa hadits shahih. Apabila kita mengamalkannya, insya Allah akan mendapat rahmat dan berkah dari Allah SWT. Bisa juga diamalkan bersama dengan doa berpakaian.

Bagi yang belum mengetahui bacaan doanya, silahkan baca artikel di bawah ini. Kami akan menuliskan lafadz bacaan doa saat memandang cermin dalam bahasa Arab, latin dan artinya sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

Doa Ketika Bercermin Arab Latin dan Artinya

doa bercermin

Bercermin merupakan kegiatan memandang cermin untuk melihat penampilan tubuh kita, hanya itu. Tidak ada maksud lain selain hanya untuk melihat wujud penampilan kita saja. Saat bercermin dianjurkan membaca doa singkat berikut ini.

Makna dari doa berikut ini ialah untuk memohon agar penampilan kita yang sekarang dapat dinilai baik oleh orang lain, baik dalam hal berpakaian, penataan rambut maupun kebersihan muka dan tangan serta kaki. Berikut adalah bacaan doanya.

اَلْحَمْدُ لِلهِ كَمَا حَشَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku."

Doa Ketika Berhias Arab Latin dan Artinya

Berhias merupakan kegiatan menghias diri agar penampilan menjadi lebih menarik dengan cara memakai alat-alat kecantikan dan kosmetik, termasuk parfum, pensil alis, bedak, make up, dan lain-lain sambil melihat ke arah cermin atau kaca.

Makna dari doa ini adalah kita memohon kepada Allah SWT agar Dia membaguskan penampilan diri kita sebagai ciptaan-Nya. Selain itu kita juga memohon kepada Allah Ta'ala agar membaguskan akhlak dalam diri kita. Berikut adalah lafadz bacaan doanya.

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.

Artinya:
"Ya allah, sebagaiman Engkau telah membaguskan penciptaanku, maka baguskanlah pula akhlakku."

Doa Ketika Berkaca Arab Latin dan Artinya

Tidak ada perbedaan signifikan dengan cermin dan kaca, oleh karena itu doa berkaca yang akan disebutkan di bawah ini merupakan doa alternatif sebagai amalan ketika kita melihat cermin atau kaca agar dapat mengetahui bagaimana penampilan dan kerapihan diri kita.

Berikut adalah bacaan doanya dalam tulisan Arab, latinnya beserta arti atau terjemahan bahasa Indonesia secara lengkap, singkat, ringkas, dan pendek menurut agama Islam sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

الَّلهُمَّ حَسَّنْتَ خَلّقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Allahumma hassinta khalqii fahassin khuluqii.

Artinya:
"Ya Allah, (sebagaimana) Engkau membaguskan rupaku, baguskanlah pula akhlakku."

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang doa bercermin, berkaca, berhias, agar cantik, nabi yusuf, keutamaan, adab, kumpulan doa melihat cermin, kaca, menghias diri, agar tampan, berpenampilan menarik, doa saat melihat dan memandang cermin, dsb.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>