Doa Ketika Turun Hujan Keutamaan dan Artinya

Doa Ketika Turun Hujan Keutamaan dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa saat turun hujan arab latin dan artinya. Terdapat dua musim di Indonesia, yang pertama adalah musim kemarau dan yang kedua adalah musim hujan. Saat kemarau ada beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kekeringan dan bahkan tidak ada air untuk minum atau mandi.

doa ketika turun hujan dan keutamaannya

Oleh karena itu ketika musim hujan turun, saat rintik hujan dan gerimis mulai jatuh ke bumi kita sebagai umat muslim seharusnya bersyukur kepada Allah SWT sebagai Dzat yang menurunkan hujan beserta berkat yang ada di dalamnya.

Banyak sekali doa yang bisa kita amalkan ketika turun hujan, salah satunya adalah doa mensyukuri nikmat. Kita juga bisa melaksanakan sujud syukur apabila hujan yang turun dinilai membawa berkah yang luar biasa bagi kita dan lingkungan sekitar.

Pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa yang dibaca saat hujan turun, doa singkat dan pendek ketika hujan diturunkan ke bumi, doa yang memiliki banyak keutamaan, khasiat dan faedah.

Selain teks lafadz doa turun hujan, pada artikel ini juga akan dijelaskan mengenai keutamaan dari doa tersebut. Mulai dari manfaat bagi yang mengucapkannya hingga berkah yang insya Allah diberikan oleh-Nya apabila kita mengamalkannya.

Doa Ketika Turun Hujan

doa ketika turun hujan

Berikut adalah lafadz doa bacaan ketika turun hujan yang bisa diamalkan saat hujan turun, ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin beserta artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang singkat, pendek, lengkap, ringkas sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya:
"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan."

Keutamaan Doa Turun Hujan

Ada banyak keutamaan dari doa turun hujan, bagi yang mengamalkan dan mengucapkannya insya Allah akan mendapat beribu-ribu berkah diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Ketika turun hujan merupakan waktu yang dianjurkan untuk berdoa oleh Nabi Muhammad SAW.
  • Doa saat turunnya hujan merupakan doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT.
  • Disunnahkan langsung oleh Rasulullah SAW.
  • Mendekatkan diri kepada-Nya.
  • Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.
  • Karena hujan adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa.

Kesimpulan

Itulah doa turun hujan, petir, angin, beserta gambar, pertama, bahasa arab, doa turun hujan lebat, gif, deras, dan petir, doa hujan lebat dan angin kencang agar berhenti, doa hujan disertai guntur dan petir, doa agar hujan menjadi berkah, dan sebagianya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>