Doa Ketika Susah Tidur yang Diajarkan Rasullah SAW

Doa Ketika Susah Tidur yang Diajarkan Rasullah SAW
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa saat susah tidur oleh Nabi Muhammad SAW. Kadang, ada saat di mana kita merasa kesulitan untuk beristirahat di malam hari. Rasa khawatir, was-was, atau gelisah yang membuat jantung berdetak lebih kencang menjadikan kita sulit untuk tidur dan bisa dibarengi dengan doa malam hari.

doa ketika susah tidur yang diajarkan rasulullah saw

Memikirkan hal lain yang berlebihan juga membuat kita susah untuk memejamkan mata. Gejala ini dinamakan dengan insomnia. Bukan merupakan penyakit, namun sangat membuat repot apabila tidak ditangani segera.

Salah satu cara untuk membuat kita bisa cepat tidur adalah berusaha agar hati tenang, yakni dengan berdoa kepada Allah SWT. Dengan hati yang tenang, maka kita akan bisa segera memejamkan mata untuk tidur di malam hari.

Dalam sebuah hadits disebutkan satu doa yang bisa kita jadikan amalan untuk diucapkan ketika sulit tidur di malam hari, doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW saat kita tidak bisa tidur, atau ketika terbangun di tengah malam.

Baca : Doa Agar Diberi Kemudahan Menghadapi Masalah

Pada kesempatan kali ini, kami akan menuliskan doa tersebut, silahkan baca penjelasannya di bawah ini mengenai doa saat kesulitan untuk tidur, doa agar bisa segera tidur dengan nyenyak, tips cepat tidur dalam Islam dan sebagainya.

Bacaan Doa Ketika Susah Tidur

doa susah tidur

Dalam doa ini kita berdoa memohon agar diberi ketenangan hati di malam yang damai, yang dipenuhi dengan bintang gemerlap, di tengah udara malam yang hangat dan tidak perlu ditakuti atau dikhawatirkan.

Berikut adalah lafadz bacaan doa saat kesulitan untuk tidur di malam hari dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahannya atau artinya dalam bahasa Indonesia lengkap singkat pendek ringkas sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

اَللّٰهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

Allaahumma ghaaratin-nujuum wa hada’atil ‘uyuunu wa anta hayyuun qayyuum, la ta’khuzuka sinatuw wa laa naumuy yaa hayyu yaa qoyyumu adhi’i lailii wa anim ‘aini.

Artinya:
"Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam, dan semua mata telah lelap dalam tidurnya sedang Engkau maha hidup lagi maha terus-menerus mengurus makhluk. tidak pernah mengantuk dan tidak pula pernah tidur. Wahai Tuhan yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malam hariku dan tidurkanlah mataku."

Doa Saat Sulit Tidur yang Diajarkan Rasulullah SAW

Selain doa di atas, ada pula doa yang lebih pendek dan bisa kita hafalkan dengan mudah agar bisa dijadikan dzikir atau wirid setiap malam menjelang tidur agar diberkahi oleh Allah SWT sehingga tidak menemui kesulitan atau rintangan saat hendak mencoba untuk tidur.

Berikut adalah lafadz bacaan doa ketika kesusahan untuk tidur dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah, Nabi Muhammad SAW kepada sahabat-sahabatnya.

فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَعَوَّذَ عِنْدَ مَنَامِهِ بِكَلِمَات اللهِ التَّامَاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Artinya:
"Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri."

Kesimpulan
Itulah bacaan doa susah tidur, karena banyak pikiran, bayi, mp3, doa susah tidur siang, ketika hamil, menyusui, untuk ibu hamil, anak-anak, suami, orang dewasa, orang tua, doa dari Baginda Rasul Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>