Doa Ketika Mendengar Suara Petir, Guntur, Halilintar

Doa Ketika Mendengar Suara Petir, Guntur, Halilintar
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa saat mendengar suara petir sesuai sunnah. Ketika turun hujan kita dianjurkan mengucapkan doa turun hujan seperti yang telah dibahas sebelumnya karena hujan merupakan berkah dan rahmat dari Yang Kuasa.

doa ketika mendengar suara petir guntur halilintar

Namun tidak semua hujan berakhir sebagai berkah, ada kalanya hujan justru menjadi malapetaka bagi umat manusia seperti pada kisah Nabi Nuh AS di mana hujan lebat yang turun terus menerut mengakibatkan banjir bandang luar biasa dan menenggelamkan seisi wilayah.

Hujan lebat selalu disertai petir, guntur, kilat atau halilintar. Oleh karena itu kita harus waspada saat ada suara petir atau guntur yang terdengar dan cahaya kilat atau halilintar yang terlihat. Bagi yang sedang berada di luar rumah dianjurkan untuk berteduh dan bagi yang ada di dalam rumah dianjurkan menutup pintu dan jendela.

Petir bisa menjadi pertanada bahwa hujan akan semakin lebat dan deras. Hujan dengan intensitas tinggi inilah yang kadang dapat menimbulkan bencana. Selain banjir, bahaya yang mungkin timbul antara lain angin kencang, topan, puting beliung, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, pada saat mendengar suara petir, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk berdoa kepada-Nya memohon perlindungan agar hujan lebat yang sedang berlangsung tidak menjadi bencana dan malapetaka bagi diri kita dan lingkungan sekitar.

Doa Ketika Mendengar Suara Petir

doa ketika mendengar petir

Doa ini dibaca ketika kita mendengar suara petir, yakni suara geledek yang biasa muncul ketika hujan turun. Berikut adalah lafadz bacaan doa ketika dengar bunyi suara petir dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

Artinya:
"Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya."

Doa Saat Mendengar Suara Guntur

Berbeda dengan petir yang muncul ketika hujan, guntur bisa muncul sebelum hujan turun atau ketiak hujan sudah berhenti. Suaranya sama seperti suara petir namun tanpa cahaya kilat atau halilintar. Berikut adalah doa saat mendengar suara guntur sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

Subhanalladzi sabbahat lahu’.

Artinya:
"Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya."

Doa Ketika Mendengar Halilintar

Halilintar sama dengan petir, bedanya adalah halilintar selalu disertai dengan cahaya kilat yang munul menjulur dari atas awan hingga ke bumi. Berikut adalah doa lafadz bacaan ketika mendengar dan melihat halilintar secara singkat, pendek, ringkas, dan lengkap.

اّللَّهُمَّ لَا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

Allahumma la taqtulna bi ghadhobika wala tuhlikna bi a’zabika wa a’fina qobla zalika.

Artinya:
"Ya Allah, jangan hilangkan nyawa kami dengan murkaMu, dan jangan binasakan kami dengan azab-Mu, dan maafkanlah kami sebelum itu."

Kesimpulan

Itulah doa mendengar petir guntur halilintar, bacaan ketika mendengar petir dan kilat allahumma, bacaan doa saat ada guntur dan petir yang kita dengar, doa ketika mendengar melihat dan ada halilintar, doa hujan reda, pertama, amanah, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>