Doa Masuk Rumah Menurut Islam Serta Adab Bertamu

Doa Masuk Rumah Menurut Islam Serta Adab Bertamu
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Bacaan lafadz doa ketika masuk rumah. Ketika masuk rumah baik rumah sendiri maupun rumah orang lain (bertamu), kita dianjurkan untuk membaca doa, Rasulullah SAW juga mencontohkan kepada umatnya untuk melakukan hal tersebut.

doa masuk rumah menurut islam

Bacaan doa ketika masuk rumah mungkin telah kita pelajari ketika masih kanak-kanak, seperti ketika diajari oleh guru TK, SD, SMP, maupun diajari oleh guru ketika mengaji. Namun mungkin saat ini, ketika telah dewasa kita tidak pernah lagi mengamalkannya.

Padahal apabila kita rutin membacanya, ketika masuk rumah dalam keadaan kosong (tanpa penghuni) maupun ketika masuk rumah yang didalamnya sudah ada orang lain. Apalagi jika kita berkunjung ke rumah orang lain, selain disunnahkan membaca doa seseorang juga diwajibkan menjaga adab dan tata krama ketika bertamu.

Pada kesempatan yang baik ini kami akan menjelaskan lafadz bacaan doa saat masuk rumah menurut agama Islam beserta adab dan tata krama ketika berkunjung ke rumah orang lain, rumah saudara, atau rumah orangtua saat lebaran idul fitri setelah puasa ramadhan.

Baca: Doa Keluar Rumah

Doa memasuki rumah berikut bukanlah doa salam saat masuk rumah "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh", melainkan doa lain yang memiliki keutamaan dan keistimewaan yang luar biasa. Silahkan disimak.

Bacaan Doa Masuk Rumah Menurut Islam

doa masuk rumah

Ada dua macam doa masuk rumah yang akan dituliskan di sini, silahkan baca salah satunya saja, boleh yang singkat atau pendek maupun yang lebih lengkap dan panjang. Keutamaan dari kedua doa ini sama-sama baik. Berikut penjelasannya.

1. Doa Masuk Rumah Baru

Makna dari doa pendek ketika masuk rumah ini ialah kita mengucap salam kepada diri sendiri dan hamba Allah yang berada di dalam rumah yang akan kita masuki. Doa ini bisa dibaca untuk memasuki rumah baru.

Berikut adalah lafadz bacaan doa saat memasuki rumah baru dalam bahasa Arab, tulisan latin beserta terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia sesuai sunnah menurut hadits yang shahih.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiina.

Artinya:
"Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh."

2. Doa Masuk Rumah Sesuai Sunnah

Selain doa yang disebutkan sebelumnya, ada doa lain menurut salah satu hadits yang dapat dijadikan dzikir atau amalan ketika hendak masuk ke rumah sesuai sunnah. Doa yang satu ini lebih lengkap, panjang dan memiliki faedah luar biasa.

Faedahnya ialah apabila seseorang membaca doa ini, insya Allah tempat yang akan kita singgahi diberkahi oleh Allah SWT. Selain itu, dengan membaca doa ini akan meningkatkan ketaqwaan kita terhadap-Nya karena mengamalkan sunnah Rasul. Berikut adalah bacaan doanya.

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Alloohumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa ‘alallohi robbinaa tawakkalnaa.

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal."

Adab Ketika Bertamu Menurut Islam

Ketika menjadi tamu di rumah orang lain, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar dapat memberi kesan baik kepada penghuninya. Karena sebagai manusia, kita harus menghormati sang pemilik rumah. Berikut adalah beberapa adab saat bertamu dalam agama Islam.
  • Pertama, mengawali masuk rumah dengan mengucap salam.
  • Dianjurkan untuk mengamalkan doa masuk rumah ketika menginjakkan kaki ke dalam rumah.
  • Duduk ketika dipersilahkan.
  • Menjaga sopan santun, ramah senyum, jangan bermuka masam atau jutek.
  • Menerima pemberian dari tuan rumah, baik itu makanan maupun minuman yang disajikan.
  • Tidak bertingkah seperti di rumah sendiri, misalnya masuk ruangan lain tanpa izin pemilik rumah.
  • Setelah selesai dan ingin pulang, ucapkan salam kepada pemilik rumah dan amalkan doa keluar rumah.

Kesimpulan
Itulah doa masuk rumah sakit, pendek, pribadi, kosong, sesuai sunnah, doa memasuki rumah baru dalam agama islam, angker, kontrakan baru, kos-kosan, doa masuk rumah tinggal lama, cara memasuki rumah, sopan santun ketika bertamu, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>