Doa dan Niat Berjalan Menuju ke Masjid Sesuai Sunnah

Doa dan Niat Berjalan Menuju ke Masjid Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Mustafalan.com - Doa dan niat menuju masjid atau mushola. Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa sholat berjamaah pahalanya lebih banyak 27 kali lipat dibanding sholat sendiri atau munfarid. Tidak heran bila banyak umat muslim berbondong-bondong pergi ke masjid atau mushola untuk menunaikannya.

doa niat berjalan menuju masjid sesuai sunnah

Tahukah Anda, saat hendak menuju masjid kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu? Doa yang dimaksudkan untuk memohon keselamatan dalam perjalanan menuju masjid, doa yang bila diamalkan maka Allah SWT akan mengirim 70.000 malaikat untuk mengiringi kita.

Doa yang dibaca untuk menyempurnakan niat pergi ke masjid. Doa yang sangat utama dibaca, tidak boleh kita abaikan karena doa ini memiliki manfaat dan faedah yang luar biasa. Insya Allah akan menjadi berkah tersendiri bagi para pengamalnya.

Baca : Doa Naik Kendaraan Arab Latin dan Artinya

Pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas mengenai bacaan lafadz doa ketika akan menuju ke masjid sesuai sunnah, doa yang diambil dari sumber hadits yang shahih. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Doa Menuju ke Masjid Sesuai Sunnah

doa menuju masjid

Bacalah doa ini saat baru keluar dari rumah untuk menuju ke masjid, baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil. Apabila baru ingat di tengah jalan, maka Anda bisa membacanya ketika sedang berada di tengah perjalanan.

Makna dari doa singkat dan pendek ini adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar hati kita diterangkan seterang cahaya, pandangannya diperluas, pendengarannya ditajamkan dan seluruh anggota tubuh dikuatkan agar bisa menjalani ibadah sholat berjamaah dengan sempurna.

Berikut adalah lafadz bacaan doa saat menuju masjid yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap singkat pendek ringkas.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Alloohummaj’al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam’ii nuuroon wa’an yamiinii nuuroon wa’an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa khofii nuuroon waj’al lii nuuroon.

Artinya:
"Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya."

Niat Berjalan ke Masjid Sesuai Sunnah

Jika berniat untuk berjalan menuju ke masjid, maka awalilah dengan membaca doa di atas, kemudian lakukan anjuran-anjuran lain yang dapat menyempurnakan kegiatan berjalan menuju masjid, berikut adalah beberapa contoh adab berjalan menuju masjid.
  • Berjalan hati-hati, jangan terburu-buru.
  • Sapa dan ajak orang lain yang ditemui di pinggir jalan untuk pergi ke masjid.
  • Sesampainya di masjid jangan lupa lepas alas kaki.
  • Berwudhu sambil membaca doa wudhu, termasuk doa sebelum dan sesudah wudhu.
  • Membaca doa masuk masjid.
  • Mendahului dengan kaki kanan.

Kesimpulan
Itulah doa berjalan menuju masjid, doa pergi dan pulang dari masjid untuk mendapat ganjaran, niat yang menyertai ketika pergi ke masjid, doa mempersiapkan diri berjalan ke masjid, doa niat jalan kaki berangkat ke masjid atau mushola.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>